Pemanfaatan Teknologi Interaktif pada Desain Interior Museum Kereta Api Bondowoso bernuansa Kolonial untuk Menunjang Fungsi Edukasi dan Rekreasi

Darmawan, Haidar Rozaan (2021) Pemanfaatan Teknologi Interaktif pada Desain Interior Museum Kereta Api Bondowoso bernuansa Kolonial untuk Menunjang Fungsi Edukasi dan Rekreasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08411740000024-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08411740000024-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Museum Kereta Api Bondowoso merupakan museum yang memamerkan koleksi bersejarah perkeretaapian Indonesia terutama di Bondowoso. Museum ini memanfaatkan bangunan stasiun yang dibangun sejak tahun 1854 dan sekarang sudah berstatus non-aktif yang tidak lagi melayani perjalanan kereta api. Bangunan stasiun ini memiliki karakter bangunan kolonial yang unik dan memiliki daya tarik. Museum ini diresmikan pada tahun 2017 tapi hingga tahun 2020 tidak mengalami peningkatan pengunjung yang signifikan dikarenakan kurangnya perawatan dan perhatian dari stakeholder terkait. Sebagai sebuah museum, tugas dan fungsinya sudah diatur di dalam undang-undang di antaranya adalah fungsi edukasi dan rekreasi. Dengan begitu sudah menjadi kewajibannya untuk menjalankan fungsi tersebut bersamaan dengan tugas mengkomunikasikan barang koleksi pada masyarakat. Seiring perkembangan zaman, metode komunikasi museum kepada masyarakat juga semakin berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Saat ini teknologi sudah memungkinkan pengunjung untuk terlibat lebih jauh dalam hal komunikasi di museum menggunakan teknologi interaktif.
Museum Kereta Api Bondowoso adalah sebuah entitas yang bertujuan untuk menanamkan wawasan perkembangan teknologi perkeretaapian sekaligus menumbuhkan rasa bangga dan nasionalisme pengunjung melalui perjalanan sejarah perkeretaapian dan nilai perjuangan bangsa.
Dengan menerapkan metode perancangan melalui identifikasi permasalahan pada eksisting dan melakukan studi kajian literatur dan pembanding, Disusun sebuah rancangan Museum Kereta Api Bondowoso yang diharapkan mampu menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal sesuai dengan kebutuhan museum dan pengunjungnya.
Memanfaatkan teknologi interaktif, pengunjung dapat merasakan pengalaman yang lebih beragam dan menyenangkan saat berkunjung ke museum sehingga fungsi edukasi sekaligus rekreasi museum bisa dijalankan dengan lebih optimal. Hasil perancangan museum berupa konsep desain dan aplikasinya dalam bentuk render 3D dan animasi.
================================================================================================
Bondowoso Rail and Train Museum is a museum showing historical train and rail collection of Indonesia, especially in Bondowoso. This museum is utilizing old railway station building that’s built in 1854 and is a non-active which does not cater for travel. This building has a distinct and appealing appearance. This museum launched in 2017 yet until 2020 it did not see a significant increase in the number of visitors due to lack of care and attention from stakeholders. As a museum, it’s job and function already listed in constitution including education and entertainment function. That way it is the museum’s duty to perform these functions simultaneously as carrying out the task to communicate museum’s collection to public. As the times evolved, the communication method of museum to people also evolving along development of technology. Today, technology has made it possible for museum’s visitor to be involved further using interactive technology.
Bondowoso Rail and Train Museum is an entity that aims to instill insight of the development of railway technology while at the same time fostering a sense of pride and nationalism in visitors through the history of railways and the value of the nation's struggle.
By applying the design method through identifying existing problems and conducting literature studies and comparisons, a design for the Bondowoso Rail and Train Museum is written which is expected to be able to carry out its duties and functions optimally according to the needs of the museum and its visitors.
By utilizing interactive technology, visitors can obtain more diverse and enjoyable experience by visiting the museum so that the museum’s education and entertainment function can be carried out more optimally.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: museum kereta api, teknologi interaktif, bangunan kolonial, rail and train museum, interactive technology, colonial building
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design.
N Fine Arts > NA Architecture > NA6600 Education buildings
N Fine Arts > NA Architecture > NA6695 Art museums and galleries
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Haidar Rozaan Darmawan
Date Deposited: 21 Aug 2021 23:38
Last Modified: 21 Aug 2021 23:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/88576

Actions (login required)

View Item View Item