Skala/Niskala

Ekaputra, Raihan Erviansyah (2021) Skala/Niskala. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111740000058-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08111740000058-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Konsep metaverse mengalami perkembangan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Kehadiran metaverse berpontensi menghapus signifikansi ruang fisik sebagai tempat manusia beraktivitas. Pada konteks prediktif tahun 2030, metaverse menjadi hal yang lumrah dan manusia mengalami transisi dari aktivitas fisik menjadi aktivitas virtual. Dalam ketiadaan ruang fisik, gejala cybersickness muncul karena tubuh manusia tidak dapat merasakan pergerakan dan perpindahan digital secara fisik. Untuk merespon permasalahan ini, cybersickness dan de-materialisasi ruang fisik berusaha diselesaikan melalui cara pandang berarsitektur. Bagaimana bila arsitektur fisik dapat hadir bersamaan dengan ruang digital dengan batas dan definisi baru yang mendukung ekosistem metaverse?
Dengan menggunakan metode pelucutan arsitektur, konsep konvensional arsitektur fisik dihadapkan dengan kemampuan arsitektur digital yang hadir dalam metaverse. Pelucutan arsitektur dilakukan dengan melakukan komparasi dan eliminasi yang menghasilkan kriteria bahwa ruang fisik dapat menjadi bidang gerak fisik untuk mengeksplorasi ruang siber. Kemudian, dilakukan eksperimentasi untuk menguji ide tersebut yang menghasilkan kriteria baru bahwa ruang ruang fisik dan digital dapat memiliki relasi fraktal. Dari pengujian desain berlanjut pada uji coba implementasi pada tapak metaverse kontekstual yaitu Earth2 dan tapak fisik daerah Tunjungan dengan proses generasi prosedural pada sistem divisi grid.
Proses perancangan menghasilkan sebuah formula batas ruang fisik baru dimana ruang fisik dapat berjalan bersama metaverse tanpa adanya tensi serta contoh wajah baru arsitektur di era metaverse. Uji coba metaverse pada rancangan fisik yang dihasilkan menghasilkan gambaran visual dan konseptual bagaimana ruang metaverse fisik dapat dirasakan dengan contoh konten digital “Fear No More” dan “Digital Mind” yang kontekstual dengan ruang fisik.
==================================================================================================
The rapid development of the metaverse concept in recent years has shifted our understanding of space. However, the presence of metaverse threatens the very existence of physical space as a place of human interaction. In the speculation context of 2030, metaverses are commonplace between humans to interact, and humankind will experience a massive transition from physical to digital activities. With the absence of physical movements and interactions, cybersickness became a common disease. This project aims to solve the issue from an architectural viewpoint. What if physical space could coexist with digital space by adhering to a new threshold that supports one another?
The conventional definition of physical architecture is dissected and compared against its digital counterpart to strip and manifest a new threshold by applying the stripped architecture method. This process ideates that physical space can be a twilight area to explore the metaverse and that physical and digital spaces can have fractal relations. These concepts are then tested in a contextual implementation on a hypothetical metaverse between the physical site on Tunjungan and its digital layer that existed in Earth2 with procedural generation based on a grid.
The results show a new physical threshold formulating how physical and digital can coexist within the new hybrid metaverse and a manifested example of a possible architectural form in the metaverse era. Metaverse testing on the physical design further validates the formula. It produces a series of visual and conceptual imageries on how the physical metaverse space can be perceived, including examples of contextual metaverse content called “Fear No More” and “Digital Mind.”

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: cybersickness, de-materialisasi, metaverse, redefinisi arsitektur fisik, stripped architecture, dematerialization, physical architecture redefinition
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Raihan Erviansyah Ekaputra
Date Deposited: 19 Aug 2021 22:00
Last Modified: 05 Apr 2023 05:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/88678

Actions (login required)

View Item View Item