Perancangan Pola Desain Antarmuka Dan Pengembangan Komponen Responsif Pada Aplikasi Perbankan

Rachman, Firwam Al Ayubi (2021) Perancangan Pola Desain Antarmuka Dan Pengembangan Komponen Responsif Pada Aplikasi Perbankan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211740000088-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211740000088-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan penggunaan teknologi aplikasi bergerak terjadi karena cepat dan mudahnya aplikasi bergerak memecahkan permasalahan penggunanya. Salah satu contoh penggunaan aplikasi bergerak yang sedang berkembang adalah aplikasi perbankan (mobile banking). Semua aplikasi memiliki desain antarmuka yang berbeda-beda, namun sebenarnya semua tampilan antarmuka memiliki pola-pola desain antarmuka (Design Pattern) untuk mengidentifikasi komponen-komponen bagiannya. Kepopuleran sebuah aplikasi didapatkan karena dianggap mempunyai struktur pola desain antarmuka serta pengalaman pengguna yang baik dan menunjang kebutuhan penggunannya. Diperlukan proses pengembangan dan iterasi yang baik untuk menghasilkan desain antarmuka yang berhasil dan populer di kalangan penggunannya. Proses pengembangan ini dapat dipermudah dengan mengadopsi komponen-komponen antarmuka pada pola desain antarmuka yang dapat digunakan kembali dari aplikasi yang sudah ada sebelumnya
Mekanisme pembayaran yang dikembangkan mengakomodir kebutuhan penggunanya dalam melakukan perpindahan dana secara cepat, aman, dan efisien. Maka diperlukan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan pengalaman tersebut. Namun dalam mengembangkan suatu aplikasi perbankan yang memiliki inovasi yang lebih, perancangan antarmuka memerlukan referensi modul pengetahuan mengenai komponen pola desain antarmuka beserta komponen kode untuk mempercepat proses pengembangan untuk masalah-masalah umum yang menghambat inovasi. Solusi penggunaan kembali atau melakukan reuse pola desain antarmuka ini dilakukan dengan mengekstrak komponen dari pola desain antarmuka yang sudah diidentifikasi untuk mengatasi masalah yang umum dan berulang sehingga mempermudah pekerjaan perancang dan pengembang aplikasi. Selain itu, penggunaan komponen pola desain akan membuat pengguna merasa familier dan cepat beradaptasi. Namun banyak pola desain yang hanya berupa tampilan antarmuka tanpa adanya pengembangan yang lebih untuk mendukung penggunaan kembali.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta mengembangkan pola desain komponen resposif pada aplikasi perbankan. Pengembangan akan dilakukan dengan mengedepankan penggunaan kembali komponen yang telah dibuat. Dilakukan juga pengujian dengan melibatkan end-user guna menyelaraskan dengan kebutuhan sebenarnya. Tahap identifikasi dilakukan untuk mendapatkan identifikasi kebutuhan variasi struktur, tampilan dan aktivitas pengguna. Tahap klasifikasi dilakukan untuk mengelompokkan bagian-bagian dari struktur pola desain. Pengembangan dilakukan untuk membuat komponen pola desain menggunakan HTML dan Tailwind CSS dari hasil identifikasi dan klasifikasi sebelumnya. Tahap terakhir yaitu pengujian dilakukan dengan melibatkan end-user. Sehingga dari tahap pengujian tersebut dapat dilihat kepuasan serta kecepatan end-user untuk menggunakan komponen-komponen yang telah dikembangkan.
Hasil luaran dari penelitian tugas akhir ini adalah berupa katalog komponen responsif pola desain antramuka aplikasi perbankan yang disusun secara terstruktur yang meliputi kriteria-kriteria yang dibutuhkan agar dapat digunakan kembali oleh end-user secara mudah.
=========================================================================================================
The increase in the use of mobile application technology occurs because mobile applications quickly and easily solve user problems. One example of the use of mobile applications that is developing is a banking application (mobile banking). All applications have different interface designs, but actually all interfaces have interface design patterns to identify their component parts. The popularity of an application is obtained because it is considered to have a good interface design pattern structure and user experience that supports the needs of its users. It takes a good development and iteration process to produce a successful and popular interface design among its users. This development process can be made easier by adopting interface components on reusable interface design patterns from pre-existing applications
The payment mechanism developed accommodates the needs of its users in transferring funds quickly, safely, and efficiently. So we need innovations that can improve the experience. However, in developing a banking application that has more innovation, interface design requires a reference module of knowledge about components of interface design patterns and code components to speed up the development process for common problems that hinder innovation. The solution for reusing or reusing interface design patterns is done by extracting components from the interface design patterns that have been identified to overcome common and recurring problems so as to simplify the work of designers and application developers. In addition, the use of design pattern components will make users feel familiar and adapt quickly. However, many design patterns are only in the form of interfaces without further development to support reuse.
This study aims to identify and develop responsive component design patterns in banking applications. Development will be carried out by prioritizing the reuse of components that have been made. Testing is also carried out by involving end-users to align with actual needs. The identification stage is carried out to identify the needs for variations in structure, appearance and user activities. The classification stage is carried out to group parts of the design pattern structure. Development was carried out to create design pattern components using HTML and Tailwind CSS from the results of previous identification and classification. The last stage is testing done by involving end-users. So that from the testing phase it can be seen that the satisfaction and speed of end-users to use the components that have been developed can be seen.
The output of this research is in the form of a responsive component catalog of banking application interface design patterns that are structured in a structured manner that includes the criteria needed to be easily reused by end-users.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Desain Antarmuka, Pola Desain, Komponen Responsif, Aplikasi Perbankan, HTML, Tailwind CSS, User Interface, Design Patterns, Responsive Components, Banking Applications, HTML.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Firwam Al Ayubi Rachman
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:39
Last Modified: 23 Aug 2021 03:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/88739

Actions (login required)

View Item View Item