Analisis Willingness To Ride Kualitas Layanan Jasa Dan Kinerja Operasional Suroboyo Bus Berdasarkan Persepsi Penumpang

Widia, Eka Rhamdani (2021) Analisis Willingness To Ride Kualitas Layanan Jasa Dan Kinerja Operasional Suroboyo Bus Berdasarkan Persepsi Penumpang. Masters thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[thumbnail of 03111950060007-Master_Thesis.pdf] Text
03111950060007-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of 03111950060007-Master_Thesis.pdf] Text
03111950060007-Master_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Transportasi merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari, sehingga sarana transportasi yang memadai sangat dibutuhkan. Akan tetapi, di Surabaya transportasi yang lebih didominasi oleh kendaraan pribadi menjadi dampak dari kemacetan, sehingga perlu adanya sistem transportasi umum yang dapat mengangkut massal penumpang. Pemerintah Kota Surabaya pada tahun 2018 mengeluarkan kebijakan transportasi publik dengan mengoperasikan Bus Suroboyo sebagai transportasi umum yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat hanya dengan menggunakan sampah botol plastik sebagai pembayaran, namun hal tersebut belum cukup efektif mengingat masih banyaknya permasalahanpermasalahan yang ditimbulkan, sehingga terlihat kurang dimanfaatkan oleh masyarakat secara optimal. Hal ini terlihat dari masih sepinya penumpang yang memanfaatkan Suroboyo Bus dalam memenuhi kebutuhan sebagai transportasi umum. Oleh sebab itu dilakukanlah analisis kinerja dan kepuasan Suroboyo Bus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi penyebaran kuisoner melalui google form dan teknik stated preference. Studi ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dan harapan penumpang terhadap pelayanan yang telah diberikan oleh Suroboyo Bus. Analisis data menggunakan analisis kuadran dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Dalam penelitian ini juga dilakukan analisis regresi logistik biner untuk menganalisa willingness to ride Suroboyo Bus. Hasil analisis data menunjukan bahwa parameter kinerja Suroboyo Bus berdasarkan surat keputusan dirjen perhubungan darat nomor SK. 687/AJ.206/DRJD/2002 total kinerja yang diperoleh oleh Suroboyo Bus rute utara-selatan yaitu sebesar 23, total kinerja rute barat-timur yaitu sebesar 24, dan total kinerja rute MERR adalah 22 serta berdasarkan standar SPM TransJakarta time headway rute utara-selatan sebesar 16 menit, time headway rute barat-timur sebesar 35 menit, time headway rute MERR sebesar 56 menit, kecepatan perjalanan rute utara-selatan sebesar 39 km/jam, kecepatan perjalanan rute barattimur sebesar 38 km/jam, kecepatan perjalanan rute MERR sebesar 37 km/jam dan waktu tunggu rute utara-selatan 8 menit, waktu tunggu rute barat-timur 17 menit, waktu tunggu rute MERR 28 menit. Maka angka dicocokan ke dalam kriteria penilaian yang mengacu kepada Surat Keputusan Dirjen Perhubungan
Darat Nomor SK. 687/AJ.206/DRJD/2002 maka dapat disimpulkan bahwa kinerja dari Suroboyo Bus adalah Baik sedangkan berdasarkan penilaian standar SPM TransJakarta yang memenuhi kriteria yaitu kinerja waktu tunggu trayek utaraselatan, edangkan penilaian, dan pencocokan kinerja time headway, serta kecepatan perjalanan setiap trayek bus Suroboyo tidak sesuai dengan standar SPM TransJakarta. Analisa kualitas layanan masyarakat terhadap pelayanan Suroboyo Bus menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis) dan CSI (Customer Satisfaction Indeks). Hasil dari analisa terdapat beberapa faktor yang menjadi prioritas untuk perbaikan Suroboyo bus, diantaranya informasi sistem pembayaran, jaminan ketepatan waktu, jaminan kemudahan dalam menggunakan Suroboyo bus, memiliki jam operasi yang sesuai dengan kebutuhan, fisik Suroboyo bus sudah waktunya ditambah dengan armada baru, kondisi stasiun/halte bus, sirkulasi udara harus diperbaiki dengan penambahan AC, untuk kesigapan dari petugas atau kondektur Suroboyo Bus sangat baik sehingga perlu dipertahankan. Probabilitas willingness to ride pendapatan Rp 15 juta-Rp 18 juta dan pendidikan diploma IV/S1 yang kemungkinan mau mengguna Suroboyo Bus dengan rute yang sudah ada 29%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Suroboyo Bus, Operational Performance, Service Quality, Importance Performance Analysis, Customer Satisfaction Indeks,Willingness to Ride, Bus Suroboyo, Kualitas Pelayanan, Importance Performance Analysis, Customer Satisfaction Indeks, Willingness to ride.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Widia Eka Rhamdani
Date Deposited: 23 Aug 2021 14:12
Last Modified: 13 Nov 2025 10:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/89030

Actions (login required)

View Item View Item