Almapuspita, Fadhila (2021) Konsep Jalur Pejalan Kaki Ramah Anak Di Kawasan Edukasional Kelurahan Jember Lor, Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
08211740000087-Undergraduate_Thesis.pdf Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text
08211740000087-Undergraduate_Thesis.pdf Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text
08211740000087-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
memutuskan penerimaan peserta didik baru mulai tahun 2018
menggunakan sistem zonasi yang merupakan pembagian suatu
area menjadi beberapa bagian, sehingga memungkinkan anak
untuk dapat bersekolah di sekitar lingkungan rumah secara mandiri
dengan berjalan kaki. Pada tahun 2018, untuk pertama kalinya
Kabupaten Jember meraih penghargaan sebagai salah satu Kota
Layak Anak pada tingkat Pratama. Oleh karena itu, Bupati Jember
berkomitmen untuk terus berupaya mewujudkan hak-hak anak di
Kabupaten Jember termasuk \ yang menjadi perhatian adalah hak
pendidikan untuk anak, seperti akses, fasilitas, dan juga
pemerataan. Untuk merealisasikannya, dibutuhkan konsep desain
jalur pejalan kaki ramah anak untuk perjalanan sekolah di kawasan
edukasional Kelurahan Jember Lor, Kabupaten Jember sesuai
potensi dan kondisi karakteristik wilayahnya.
Metode analisis pada penelitian ini adalah delphi untuk
mengidentifikasi dan menganalisis faktor menurut stakeholder,
analisis IPA untuk mengetahui tingkat nilai kepentingan dan
kinerja faktor berdasarkan persepsi pengguna, dan analisis
triangulasi untuk merumuskan konsep desain jalur pejalan kaki
ramah anak, yang melibatkan para stakeholder ahli. Dari langkahlangkah
tersebut dirumuskan suatu konsep desain jalur pejalan kaki
ramah anak untuk perjalanan sekolah di kawasan edukasional
Kelurahan Jember Lor, Kabupaten Jember yang juga akan dituangkan ke dalam bentuk perceptual mapping dan Sketch-Up.
Konsep desain jalur pejalan kaki ramah anak untuk perjalanan
sekolah meliputi Zona Inti yang merupakan ruang prioritas
keselamatan dan kenyamanan pejalan kaki khususnya anak-anak di
kawasan sekolah, dan Zona penyangga yang merupakan ruang
pendukung dari ruang prioritas tersebut. Tujuannya adalah
mendukung peraturan sekolah zonasi agar anak-anak dapat
bersekolah di sekitar lingkungan rumah dan dapat pergi ke sekolah
secara mandiri dengan aman dan nyaman. Faktor yang ada pada
zona inti meliputi penyeberangan, CCTV, rambu dan marka,
bollard, dan pengendali kecepatan. Selain itu, masing-masing
konsep pada ruas jalan juga memiliki faktor yang perlu menjadi
fokus pengembangan. Ketiga konsep yang dihasilkan memenuhi
indikator keselamatan, kenyamanan, kondisi yang menyenangkan,
dan humanis.
======================================================================================================
The Ministry of Education and Culture of the Republic of
Indonesia decided to accept new students starting in 2018 using a
zoning system that divides an area into several parts, thus enabling
children to attend school around the home environment
independently on foot. In 2018, Jember Regency won an award as
one of the Child-Friendly Cities at the Primary level for the first
time. Therefore, the Regent of Jember is committed to continuing
to realize the rights of children in Jember Regency, including what
is of concern is the right to education for children, such as access,
facilities, and equity. To realize this, a child-friendly pedestrian
path design concept is needed for school trips in the educational
area of Jember Lor sub-district, Jember Regency, according to the
potential and conditions of the region's characteristics.
The analytical methods in this study are: Delphi to identify and
analyze factors according to stakeholders, IPA analysis to
determine the level of importance and performance of factors
based on user perceptions, and triangulation analysis to formulate
the concept of child-friendly pedestrian path design involves expert
stakeholders. From these steps a child-friendly pedestrian path
design concept was formulated for school trips in the educational
area of Jember Lor Sub-District, Jember Regency which will also
be poured into perceptual mapping and Sketch-Up.
The design concept of child-friendly pedestrian paths for school
trips includes the Core Zone, a priority room for pedestrian safety
and comfort, especially children in the school area, and the buffer
zone, which supports the priority room. The goal is to support
school zoning regulations so that children can go to school around
the home environment and go to school independently, safely, and
comfortably. Factors in the core zone include crossings, CCTV,
signs and markings, bollards, and speed controllers. In addition,
each concept on the road segment also has factors that need to be
the focus of development. The three concepts were produced to
meet safety, comfort, pleasant conditions, and humanism
indicators.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kota Layak Anak, Jalur Pejalan Kaki, Desain Ramah Anak, Importance Performance Analysis, Triangulasi |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture > NA9074 Pedestrian areas |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Fadhila Almapuspita |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 08:21 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 01:10 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/89600 |
Actions (login required)
View Item |