IRADIASI SINAR GAMMA 60Co SEBAGAI INDUKSI MUTAGENESIS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KANDUNGAN LIPID MIKROALGA Botryococcus sp.

YULIANSARI, NIKI (2016) IRADIASI SINAR GAMMA 60Co SEBAGAI INDUKSI MUTAGENESIS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KANDUNGAN LIPID MIKROALGA Botryococcus sp. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1512100005-Abstract.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1512100005-Conclusion.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1512100005-Undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Botryococcus sp. adalah salah satu mikroalga yang berpotensi menjadi sumber lipid sebagai bahan baku produksi biodiesel karena memiliki kandungan lipid yakni sebesar 75% dari berat keringnya. Namun produksi lipid dari mikroalga ini sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan tumbuhnya (pH, cahaya, temperatur, nutrisi, dll). Induksi mutagenesis dengan iradiasi sinar Gamma 60Co dapat digunakan untuk menginisiasi perubahan genetik pada Botryococcus sp. sehingga menghasilkan tipe mikroalga mutan dengan kemampuan memproduksi lipid yang lebih tinggi dibandingkan wild type. Mikroalga Botryococcus sp. diradiasi dengan sinar Gamma 60Co dengan dosis 0, 2, 4, 6 dan 10 Gy, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap pertumbuhan, kandungan lipid mikroalga, dan komposisi asam lemak. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktorial pada taraf kepercayaan 95% untuk analisis kuantitatif yaitu analisis biomassa dan total lipid. Sedangkan analisis komposisi asam lemak dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan uji pada Gas Cromatography-Mass Spectrometry (GC-MS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa iradiasi Sinar Gamma 60Co pada Botryococcus sp. berpengaruh terhadap biomassa dan kandungan lipidnya. Namun antara perlakuan kontrol (0 Gy) dengan mikroalga hasil iradiasi dosis 2 Gy, 4 Gy iv dan 6 Gy tidak berbeda nyata. Sedangkan antara kontrol dengan mikroalga hasil iradiasi dosis 10 Gy berbeda nyata. Biomassa dan persentase kandungan total lipid tertinggi terdapat pada mikroalga hasil iradiasi dosis 10 Gy sebesar 0,333 gram biomassa dan 41% total lipid. Komposisi asam lemak Botryococcus sp. kontrol terdiri dari 6 jenis asam lemak sedangkan Botryococcus sp. hasil iradiasi 10 Gy memiliki 12 jenis asam lemak, dimana asam lemak rantai panjang meningkat dan asam lemak rantai pendek menurun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSBi 572.57 Yul i
Uncontrolled Keywords: Botryococcus sp., Lipid, Mutagenesis, Pertumbuhan, Sinar Gamma 60Co.
Subjects: Q Science > QK Botany > QK568 Microalgae
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Biology > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 01 Dec 2016 08:25
Last Modified: 27 Dec 2018 08:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item View Item