Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok Terhadap Kesadaran Merek Dan Minat Beli Produk Kosmetik Di Indonesia

Azizah, Lukita (2021) Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok Terhadap Kesadaran Merek Dan Minat Beli Produk Kosmetik Di Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Lukita Azizah_09111740000071_Buku Skripsi.pdf] Text
Lukita Azizah_09111740000071_Buku Skripsi.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of 09111740000071_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
09111740000071_Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of 09111740000071_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
09111740000071_Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Peran media sosial berubah dengan sangat pesat. Kini media sosial tidak hanya berperan sebagai media komunikasi dan hiburan, namun media sosial juga mempunyai peluang besar dalam kegiatan bisnis khususnya pemasaran. Tingginya jumlah pengguna media sosial menjadi salah satu pertimbangan bagi pelaku usaha untuk melakukan pemasaran melalui media sosial agar dapat menjangkau target konsumennya secara luas. Pada tahun 2020 terdapat 160 juta orang yang aktif bermedia sosial di Indonesia (We Are Social, 2020). TikTok menjadi salah satu media sosial yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet di Indonesia. Indonesia menjadi negara dengan pengguna aktif tertinggi kedua di dunia yaitu lebih dari 22 juta pengguna aktif bulanan (eMarketer, 2020). Salah satu kategori konten video yang paling banyak ditonton pada aplikasi TikTok adalah beauty/skincare. Hal tersebut dimanfaatkan oleh perusahaan atau pelaku usaha industri di bidang kosmetik untuk melakukan pemasaran melalui aplikasi TikTok, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran merek dan minat beli konsumennya. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran media sosial TikTok terhadap kesadaran merek dan minat beli produk kosmetik di Indonesia.. Data diperoleh melalui kuesioner serta diolah dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan jumlah responden sebanyak 252. Hasil menunjukkan bahwa pemasaran media sosial TikTok memiliki pengaruh positif terhadap kesadaran merek dan minat beli produk kosmetik. Implikasi manajerial diberikan agar perusahaan atau pelaku usaha di bidang kosmetik dapat menentukan langkah yang efektif dalam menggunakan TikTok sebagai media pemasaran untuk meningkatkan kesadaran merek dan minat beli konsumen terhadap produk kosmetik.
====================================================================================================
The role of social media is changing very rapidly. The role of social media is not only as a medium of communication and entertainment, but now social media has great opportunities in business activities, especially marketing. The high number of social media users is one of the considerations for business actors to do marketing through social media in order to reach their consumers widely. In 2020 there are 160 million people who are active on social media in Indonesia (We Are Social, 2020). TikTok is one of the most visited social media by internet users in Indonesia. Indonesia is the country with the second highest active users in the world, with more than 22 million monthly active users (eMarketer, 2020). One of the most watched video content categories on the TikTok application is beauty/skincare. This is used by companies or business actors in the cosmetic industry to do marketing through the TikTok application, so that it is expected to increase brand awareness and consumer buying interest. So this study aims to determine the effect of TikTok social media marketing on brand awareness and interest in buying cosmetic products in Indonesia. Data obtained through questionnaires and processed and analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) with a total of 252 respondents. The results show that TikTok social media marketing has a positive influence on brand awareness and purchase intention of cosmetic products. The managerial implications are given so that companies or business actors in the cosmetic sector can determine effective steps in using TikTok as a marketing medium to increase brand awareness and consumer buying interest in cosmetic products.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Media Sosial, TikTok, Kesadaran Merek, Minat Beli, Produk Kosmetik, Social Media Marketing, TikTok App, Brand Awareness, Purchase Intention, Cosmetic Products
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Lukita Azizah
Date Deposited: 28 Aug 2021 02:18
Last Modified: 28 Aug 2021 02:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/90304

Actions (login required)

View Item View Item