Analisa Daya Listrik Yang Dapat Dihasilkan Sebuah Ladang Turbin Angin Dengan Menggunakan Model Pembangun Jaringan Saraf Tiruan

Kurniawan, Angga (2021) Analisa Daya Listrik Yang Dapat Dihasilkan Sebuah Ladang Turbin Angin Dengan Menggunakan Model Pembangun Jaringan Saraf Tiruan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06111740000102_Angga Kurniawan_Final.pdf] Text
06111740000102_Angga Kurniawan_Final.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan industri di bidang Energi Baru dan Terbarukan di Indonesia saat ini telah mengalami kemajuan yang cukup signifikan, secara khusus dalam pemanfaatan energi angin. Pemanfaatan energi angin dilakukan dengan menggunakan sebuah turbin angin. Akibat angin yang memutarkan turbin untuk dapat menghasilkan energi listrik, menyebabkan angin yang telah melewati turbin mengalami penurunan kecepatan angin dan peningkatan turbulensi yang selanjutnya kita kenal sebagai efek pembangun. Efek pembangun yang terjadi dapat dinormalisasi dengan memberikan jarak yang cukup untuk setiap turbin angin sehingga akan diperlukan luas wilayah yang lebih luas untuk dapat menormalkan efek pembangun. Hal ini di kemudian hari menjadi sebuah permasalahan yang perlu diselesaikan. Optimalisasi dari tata letak atau pun sudut yaw dari turbin angin menjadi salah satu solusi untuk mengefektifkan wilayah yang ada. Untuk dapat mengoptimalisasi tata letak dan sudut yaw dari turbin angin, diperlukan suatu model untuk memprediksi daya listrik yang dihasilkan suatu ladang turbin angin. Oleh karena itu, dalam laporan Tugas Akhir ini, diperoleh suatu model efek pembangun jaringan saraf tiruan yang dapat memprediksi energi listrik dari suatu ladang turbin angin.
=====================================================================================================
The development of industry in the field of New and Renewable Energy in Indonesia is currently experiencing significant progress, particularly in the utilization of wind energy. The utilization of wind energy is done by using a wind turbine. As a result of the wind that rotates the turbine to produce electrical energy, it causes the wind that has passed through the turbine to experience a decrease in wind speed and an increase in turbulence which we know as the building effect. The wake effect that occurs can be normalized by providing sufficient distance for each wind turbine so that a larger area is needed to normalize the wake effect. This later becomes a problem that needs to be resolved. Optimization of the layout or the yaw angle of the wind turbine is one solution to optimize the existing area. To be able to optimize the layout and yaw angle of the wind turbine, a model is needed to predict the electrical power produced by a wind turbine field. Therefore, in this Final Project report, obtain an artificial neural network that can predict the electrical energy of a wind turbine field.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tata letak, sudut yaw, efek pembangun, jaringan saraf tiruan, layout, yaw angle, wake effect, artificial neural network, artificial neural network-wake effect model
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q180.55.M38 Mathematical models
Q Science > QA Mathematics > QA76.87 Neural networks (Computer Science)
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Angga Kurniawan
Date Deposited: 28 Aug 2021 04:11
Last Modified: 28 Aug 2021 04:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/90324

Actions (login required)

View Item View Item