Putra, M. Ilham Effendi (2021) Estimasi Waktu, Biaya Dan Metode Pelaksanaan Menggunakan Metode Launcher Girder Pada STA 19 + 230 - STA 19 + 378 Poyek Jalan Tol KLBM Seksi 3. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
10111710010011-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (33MB) | Preview |
Abstract
Proyek pembangunan Jalan Tol Krian-Bunder-Legundi�Manyar merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memajukan
Indonesia dalam bidang transportasi yang bertujuan untuk
mengurangi kemacetan dan menunjang akses lalu lintas antar
kedua kabupaten tersebut. Proyek ini dilaksanakan oleh PT.
Waskita Beton Precast. Tbk sebagai kontraktor, PT. Aria Jasa Reksatama – Inti Eka Fajar KSO sebagai Pengawas dan PT. Waskita Bumi Wira Sebagai Pemilik. Jalan tol ini membentang sepanjang 38,39 kilometer yang menghubungkan daerah Krian, Kabupaten Sidoarjo dengan Manyar, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur dan terbagi menjadi 4 seksi.
Pelaksanaan erection girder pada proyek jalan tol KLBM
ini direncanakan dengan metode lifting girder menggunakan crane. Namus penulis akan merencanakan jembatan ini dilaksanakan menggunakan metode launcher. Agar mendapatkan perhitungan biaya, waktu, dan produktivitas yang tepat dan sesuai, digunakan HSPK Kota Gresik sebagai acuan. Serta mengambil referensi dari berbagai literatur mengenai perhitungan biaya dan waktu.
Hasil dari analisa tersebut yaitu durasi pada setiap
pekerjaan dan rencana anggaran biaya proyek. Pada Pembangunan Jalan Tol KLBM Seksi 3 ini diperoleh durasi pelaksanaan proyek 12 hari erection girder menggunakan launcher girder. 179 hari pada keseluruhan pekerjaan dengan jam kerja efektif 7 jam perhari dan biaya Rp. 35.149.529.549. Pengendalian pelaksanaan proyek harus dilakukan dengan sebaik mungkin termasuk dalam penjadwalan kebutuhan sumber daya agar kedepannya tidak menimbulkan pembengkakan biaya dan keterlambatan proyek, tanpa mengabaikan kualitas dan kuantitas sumber daya.
=======================================================================================================
The Krian-Bunder-Legundi-Manyar Toll Road
construction project is one of the government's efforts to
advance Indonesia in the transportation sector which aims to reduce congestion and support traffic access between the two districts. This project is implemented by PT. Precast Concrete Cluster. Tbk as a contractor, PT. Aria Jasa Reksatama - Inti Eka Fajar KSO as Supervisor and PT. Waskita Bumi Wira as Owner. This toll road stretches 38.39 kilometers which connects the Krian area, Sidoarjo Regency with Manyar, Gresik Regency, East Java Province and is divided into 4 sections.
The erection girder implementation on the KLBM toll
road project is planned using the lifting girder method using a crane. However, the author will plan this bridge to be implemented using the launcher method. In order to obtain accurate and appropriate cost, time and productivity calculations, the Gresik City HSPK is used as a reference. As well as taking references from various literatures regarding cost and time calculations.
The results of the analysis are the duration of each work
and the project budget plan. In the Construction of the Section 3 KLBM Toll Road, the project duration for theproject was 12 days erection girder using a launcher girder. 179 days in total work with effective working hours 7 hours per day and a cost of Rp. 35.149.529.549. Project implementation control must be carried out as well as possible including scheduling resource requirements so that in the future it does not cause cost overruns and project delays, without neglecting the quality and quantity of resources.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jalan Tol, Metode Launcher Girder, Biaya, Waktu, Toll Road, Launcher Girder Method, Cost, Time. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355.4 Toll roads T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF193 Estimates, costs, etc. T Technology > TH Building construction > TH1461 Concrete construction. |
Divisions: | Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4) |
Depositing User: | M. Ilham Effendi Putra |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 03:27 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 09:11 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/90400 |
Actions (login required)
View Item |