Muharram, Helmi (2021) Analisis Ulasan Objek Wisata Berdasarkan Asosiasi dan Sentimen Sebagai Masukan Pengembangan Pariwisata Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
05211740000078-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Dengan perkembangan internet yang pesat, para wisatawan dapat membagikan berbagai pengalamannya di tempat wisata yang mereka kunjungi. Bagi para pemangku kepentingan, hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui opini masyarakat secara keseluruhan sehingga dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan. Dalam mengembangkan tempat wisata, para pemangku kepentingan perlu untuk mengetahui tanggapan masyarakat terhadap objek wisata yang mereka kelola. Hal ini bisa dilihat dari unggahan masyarakat di beberapa media sosial. Namun, dengan banyaknya sumber data dan media sosial, perlu cara yang mudah untuk mengetahui kata kunci yang penting dari tiap objek wisata. Pembuatan tugas akhir oleh ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen dan asosiasi pada data objek wisata Kabupaten Malang, Jawa Timur untuk dapat mendapatkan wawasan dan kata penting dari sumber Google Maps dan Youtube. Penelitian juga memberikan informasi tentang bagaimana tanggapan masyarakat atas objek wisata kepada para pemangku kepentingan. Data yang digunakan adalah data teks ulasan objek wisata yang berada di Google Maps serta judul, deskripsi, dan transkrip video objek wisata terkait yang berada di Youtube. Proses pengumpulan data ini dilakukan dengan melakukan penggalian data dari media sosial terkait. Visualisasi frekuensi kata kemudian akan dibuat menjadi word cloud. Selain itu, data juga dilakukan analisis sentimen dan analisis asosiasi kata. Hasil analisis tersebut akan menghasilkan sentimen opini masyarakat serta kata kunci apa yang penting dari setiap sentimen objek wisata. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah asosiasi kata kunci penting dari setiap sentimen opini masyarakat terhadap objek wisata. Pada sentimen positif kata kunci yang ditemukan adalah tentang objek populer yang berada di tempat wisata terkait. Sedangkan sentimen negatif didapatkan kata kunci tentang kebersihan dan biaya sementara sentimen netral hanya mendeskripsikan objek wisata. Penelitian ini dapat bermanfaat kepada para pemangku kepentingan objek wisata untuk mengidentifikasi kata-kata penting apa yang mendeskripsikan objek wisata terkait dari setiap sentimen opini masyarakat sehingga dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan
===================================================================================================
With the rapid development of the internet, tourists can share their experiences about the tourist attractions they visit. For stakeholders, this can be used to find out public opinion so that it can assist in the decision-making process. In developing tourist attractions, stakeholders need to know the tourist's response to the tourism attractions they manage. This can be seen from the public uploads on several social media. However, with so many data sources and social media sites, there needs to be an easy way to find out the important keywords of each tourist attraction. The purpose of this final project is to analyse sentiments and associations on tourism attractions data in Malang Regency, East Java to be able to get important insights and words from Google Maps and YouTube sources. The research also provides information about how the tourists respond to tourism attractions to stakeholders. The data used in this research is text data for tourist attraction reviews on Google Maps and titles, descriptions, and video transcripts of related attractions on YouTube. This data collection process is carried out by extracting data from related social media. The word frequency visualization will then be made into a word cloud. In addition, sentiment analysis and word association analysis were also carried out on the data. The results of the analysis will generate public opinion sentiments and what keywords are important for each tourist attraction sentiment. These research results are the association of important keywords from every sentiment of public opinion towards tourism attractions. On positive sentiment, the keywords found are about popular attractions located in or near the related tourist attractions. While negative sentiments were found for keywords about cleanliness and cost while neutral sentiments only described tourist attractions in general. This research can be useful for tourism object stakeholders to identify what important words describe the related tourism attractions from each public opinion sentiment so that it can assist in the decision-making process.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan wisata, penggalian data, word cloud, analisis sentimen, asosiasi kata, tourism development, data mining, word cloud, sentiment analysis, word association |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Helmi Muharram |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 07:20 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 05:55 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/90497 |
Actions (login required)
View Item |