Desain Alternatif Approach Bridge Pada Ruas Jalan Tol Krian–Legundi–Bunder-Manyar (KLBM) STA 12+150 – 12+680 Menggunakan Prestressed Hollow Core Slab

Ramadhan, Ipoenk Galang (2021) Desain Alternatif Approach Bridge Pada Ruas Jalan Tol Krian–Legundi–Bunder-Manyar (KLBM) STA 12+150 – 12+680 Menggunakan Prestressed Hollow Core Slab. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111710010087-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10111710010087-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Jembatan Pile Slab merupakan jembatan dengan perletakan sederhana antara slab/pelat lantai denagn balok pile head. Kolom yang digunakan merupakan tiang pancang menerus yang terhubung dengan kepala kolom (pile head) yang tersusun sejajar melintang jembatan. Dengan lantai yang langsung terhubung dengan kepala tiang (pile head), jembatan ini memiliki panjang span yang lebih pendek dibandingkan jembatan dengan gelagar ataupun dengan kabel. Jembatan pile slab biasa digunakan sebagai jembatan pendekat. Dengan panjang span yang relative pendek jembatan ini cocok untuk kondisi berbelok pada jalan tol.
Pada tugas akhir ini akan dibahas mengenai “Alternatif Desain Approach Bridge Pada Ruas Jalan Tol Krian–Legundi–Bunder-Manyar (KLBM) STA 12+150 – 12+680 Menggunakan Prestressed Hollow Core Slab”. Jembatan ini berada pada STA 12+150 – 12+680 tepatnya di desa Tanjung. Jembatan ini memiliki panjang keseluruhan 530 m terdiri dari pile slab pada ujung-ujung jembatan dan girder pada bagian tengah, dengan pembagian 183 m Pile slab, 96 m girder, dan 251 m pile slab dengan lebar jembatan 25,8 m. Panjang masing-masing span untuk jembatan pile slab ini yaitu 8,5 m dengan lebar 25,8 m. Jembatan ini didesain menggunakan struktur lantai Prestressed Hollow Core Slab. Balok pile head menggunakan beton bertulang cor insitu. Sedangkan pondasi tiang pancang sekaligus kolom menggunkaan tipe PC Spun Pile dengan diameter 60 cm. kemudian bentang yang semula 7,5 m didesain menjadi 8,5 untuk mendapatkan volume bangunan bawah yang optimal. Desain perencanaan jembatan ini menggunakan program bantu aplikasi SAP 2000 v1.4 dalam menganalisis struktur. Output dari analisa struktur ini nantinya yang akan dijadikan acuan perencanaan setelah dilakukanya preliminary desain secara manual.
Dengan bentang 8,5 m didapatkan dimensi struktur pelat lantai dengan tebal 40 cm (30 cmm HCS + 10 cm toping), pile head dengan lebar 140 cm, tinggi 100 cm, dan panjang 2580 cm, kemudian untuk tiang pancang masih sama digunakan PC Spun Pile diameter 60 cm. Biaya yang dapat dihemat dari alternatif ini yaitu sebesar Rp 366.296.643,93 untuk pile slab A sepanjang 183 m dan Rp 698.010.145,26 untuk pile slab B sepanjang 251 m.
=======================================================================================================
Pile Slab Bridge is a bridge with simple placement between slab/floor slab with pile head beam. The column used is a continuous pile connected to the pile head that crosses the bridge. With the floor directly connected to the pile head, this bridge has a shorter span than the bridge with girder or cable. Pile slab bridges are commonly used as approach bridges. With a relatively short span length, this bridge is suitable for turning conditions on toll roads.
In this final project, we will discuss about "Alternative Approach Bridge Design on the Krian–Legundi–Bunder-Manyar Toll Road (KLBM) STA 12+150 – 12+680 Using Prestressed Hollow Core Slabs”. This bridge is located at STA 12+150 – 12+680 precisely in Tanjung village. This bridge has an overall length of 530 m consisting of pile slabs at the ends of the bridge and girders in the middle, with the division of 183 m Pile slabs, 96 m girders, and 251 m pile slabs with a bridge width of 25.8 m. The length of each span for the pile slab bridge is 8.5 m with a width of 25.8 m. This bridge is designed using a Prestressed Hollow Core Slab floor structure. Pile head beams use cast in situ reinforced concrete. While the pile foundation as well as the column uses the PC Spun Pile type with a diameter of 60 cm. then the span which was originally 7.5 m is designed to be 8.5 to get the optimal substructure volume. The design of this bridge plan uses the SAP 2000 v1.4 application aid program in analyzing the structure. The output of this structural analysis will be used as a planning reference after the preliminary design is done manually.
With a span of 8.5 m, the dimensions of the floor slab structure are 40 cm thick (30 cmm HCS + 10 cm toping), the pile head is 140 cm wide, 100 cm high, and 2580 cm long. Pile diameter 60 cm. The cost that can be saved from this alternative is IDR 366,296,643.93 for 183 m long pile slab A and IDR 698,010,145.26 for 251 m long pile slab B.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Approach Bridge, PC Spun Pile, Pile Slab, Prestressed Hollow Core Slab
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4)
Depositing User: Ipoenk Galang Ramadhan
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:49
Last Modified: 03 Sep 2021 04:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/90766

Actions (login required)

View Item View Item