Perancangan Karakter dan Environment Animasi “Ola & Raga” sebagai Penunjang Pembelajaran PJOK bagi Siswa Sekolah Dasar

Jayed, Zulfikar (2021) Perancangan Karakter dan Environment Animasi “Ola & Raga” sebagai Penunjang Pembelajaran PJOK bagi Siswa Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of LAPORAN TUGAS AKHIR JAYED AHMAD (K4).pdf]
Preview
Text
LAPORAN TUGAS AKHIR JAYED AHMAD (K4).pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of LAPORAN TUGAS AKHIR JAYED AHMAD (K4).pdf]
Preview
Text
LAPORAN TUGAS AKHIR JAYED AHMAD (K4).pdf

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of LAPORAN TUGAS AKHIR JAYED AHMAD (K4).pdf]
Preview
Text
LAPORAN TUGAS AKHIR JAYED AHMAD (K4).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari terutama bagi anak-anak usia SD karena dapat digunakan sebagai media pendorong perkembangan keterampilan motorik, kemampuan fisik, pengetahuan, sikap sportifitas, pembentukan karakter, serta pembiasaan pola hidup sehat sejak usia dini. Animasi merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan materi pelajaran karena anak-anak lebih tertarik dengan konten animasi daripada belajar dengan cara tradisional. Faktor inilah yang menyebabkan anak dapat menyerap lebih banyak informasi dengan lebih baik daripada menyerap informasi yang disampaikan guru di kelas (Habib dan Soliman 2015).
Dalam perancangan ini, penulis mengerjakan serial animasi berjudul “Ola & Raga”, dimana animasi ini akan berfokus pada video pembelajaran yang akan menampilkan tutorial gerakan dasar dalam permainan bola voli yang disesuaikan dengan materi yang teradapat pada kurikulum PJOK kelas 4 SD. Karakter dan environment tentu saja sangat dibutuhkan dalam pembuatan animasi ini karena dapat membuat jalan cerita menjadi lebih menarik serta membuat penyampaian materi dapat dengan mudah diterima oleh anak kelas 4 SD. Oleh karena itu dibutuhkan “Perancangan Karakter dan Environment Animasi ‘Ola & Raga’ sebagai Penunjang Pembelajaran PJOK bagi Siswa Sekolah Dasar” untuk memenuhi kebutuhan produksi serial animasi tersebut.
Perancangan ini akan menggunakan beberapa metode penelitian seperti studi literatur, studi eksisting, serta observasi guna menemukan konsep awal rancangan karakter dan environment. Selanjutnya penulis akan melakukan beberapa studi eksperimental serta depth interview untuk mematangkan konsep rancangan karakter dan environment. Luaran yang dihasilkan dari rancangan karakter meliputi sketsa, model 3D, rigging karakter, serta ekspresi karakter. Sedangkan luaran yang dihasilkan dari rancangan environment meliputi sketsa dan model 3D. Dengan hadirnya animasi ini diharapkan dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi serta mempermudah siswa sekolah dasar dalam memahami materi pendidikan olahraga yang disampaikan. Selain itu, kehadiran karakter ini diharapkan dapat menjadi model percontohan bagi siswa dalam mempraktikkan materi yang terdapat dalam pelajaran PJOK.
======================================================================================================
PJOK (Physical Sport and Health Education) is one of the most important subjects to learn, especially for elementary school age because it can be used as a medium to encourage the development of motor skills, physical abilities, knowledge, sportsmanship, character building, and habituation of healthy lifestyles from an early age. early. Animation is one of the media that can be used to convey subject matter because children are more interested in animated content than learning in the traditional way. this is a factor that causes children to absorb more information better than absorb the information conveyed by the teacher in class (Habib and Soliman 2015).
In this design, the authors worked on an animated series entitled "Ola & Raga", where this animation will focus on a learning video which will display a tutorial on basic movements in volleyball games adapted to the material contained in the 4th grade PJOK curriculum. Character and environment are of course very much needed in making this animation because it can make the storyline more interesting and make the delivery of material can be easily accepted by 4th grade elementary school children. Therefore, it takes "Character Design and the Animated Environment" Ola & Raga "as a Learning Support for Elementary School Students in PJOK" to fulfill the production needs of the animated series.
This design will use several research methods such as literature studies, existing studies, and observations in order to find the initial concept of character and environment design. Furthermore, the writer will conduct several experimental studies and depth interviews to finalize the concept of character and environment design. Outputs resulting from character designs include sketches, 3D models, character rigging, and character expressions. While the output produced from the design environment includes a sketch and a 3D model. With the presence of this animation, it is hoped that it can make it easier for teachers to deliver material and make it easier for elementary school students to understand the sports education material presented. In addition, the presence of this character is expected to be a role model for students in implementing a culture of healthy living through sports.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karakter animasi, environment, PJOK Animated Character, environment, PJOK
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Jayed Ahmad Zulfikar
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:09
Last Modified: 18 Dec 2024 03:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/91197

Actions (login required)

View Item View Item