Optimasi Web Frame dan Senta Kapal Sesuai Peraturan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Dengan Bahasa Pemrograman

Miliniati, Gea Ihza (2021) Optimasi Web Frame dan Senta Kapal Sesuai Peraturan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Dengan Bahasa Pemrograman. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111740000087-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04111740000087-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Konstruksi kapal terdiri dari tiga jenis utama yaitu sistem konstruksi melintang, sistem
konstruksi memanjang, dan sistem konstruksi campuran. Sistem konstruksi melintang
digunakan frame atau gading untuk menyangga konstruksi dibagian sisi kapal. Gading dipasang
melintang pada sisi kapal mulai dari bilga sampai geladak atau dari geladak sampai geladak
berikutnya. Sebagian dari gading ini digantikan dengan gading besar (web frame) yang pada
umunya berjarak 3 sampai 5 jarak gading. Senta sisi merupakan penumpu pembujur yang
terbuat dari profil baja atau pelat bilah dan pelat hadap, yang dipasang pada kedua sisi kapal
sebelah dalam diatas bilga. Ukuran profil web frame dan senta tersebut seringkali terlalu besar
sehingga berat kapal menjadi bertambah dan dapat mengurangi stabilitas kapal. Pengoptimasian
ini bertujuan untuk mengetahui ukuran profil optimum web frame dan senta kapal pada cargo
hold dan engine room kapal. Penelitian ini menggunakan software Visual Studio untuk
menghitung dan mengoptimasi profil web frame dan senta sesuai dengan peraturan BKI dengan
batasan merupakan nilai modulus desain. Hasil optimasi dengan software menunjukkan bahwa
aplikasi dapat melakukan optimasi ukuran profil web frame dan senta kapal kargo 10000 DWT
sesuai dengan modulus minimum berdasarkan perhitungan BKI Volume Rules for Hulls dan
tidak melebihi batasan selisih modulus profil desain dengan modulus perhitungan BKI yaitu
<10%. Perhitungan optimum kapal kargo 10000 DWT ukuran web frame pada modulus
1583.808 cm3 untuk bagian cargo hold adalah 170x510x10 mm dan perbandingan 1:3 adalah
perbandingan paling optimum. Ukuran optimum web frame dengan 2632.858 cm3 pada bagian
engine room adalah ukuran 325x650x8 mm,dan perbandingan 1:2 adalah perbandingan paling
optimum dengan berat per meter paling ringan. Perhitungan optimum ukuran senta pada
modulus 799.91 cm3 untuk bagian cargo hold adalah 210x420x6 mm, dan perbandingan 1:2
adalah perbandingan paling optimum. Perhitungan optimum ukuran senta pada bagian engine
room sama nilainya dengan perhitungan optimum ukuran web frame pada engine room.
=====================================================================================================
There are three main types of ship construction, namely transverse framing systems,
longitudinal framing systems, and mixed framing systems. In the transverse framing system,
frames are used to support the construction on the side of the ship. The frames are installed
transversely on the side of the ship from the bilge to the deck or from the deck to the next deck.
Some of these frames are replaced with large frames (web frames) which are generally 3 to 5
frame spacings apart. Stringers are longitudinal supports made of steel profiles or blade plates
and face plates, which are mounted on both sides of the inner vessel above the bilge. Often the
size of the web frame and stringers profile is too large so that the weight of the ship increases
and can reduce the stability of the ship. This optimization aims to determine the optimum profile
size of the web frame and stringers in cargo hold and engine room of the ship. This research
uses Visual Studio software to calculate and optimize web frame and stringers profiles in
accordance with BKI regulations with a design modulus boundary. Based on the results of
optimization with software, it shows that the application can optimize the size of the web frame
profile and ship stringers on a cargo ship 10000 DWT according to the minimum modulus based
on the calculation of the BKI Volume Rules for Hulls and does not exceed the limit of the
difference between the modulus of the design profile and the calculated modulus of BKI, which
is <10%. The optimum calculation of the 10000 DWT cargo ship with the web frame for the
cargo hold section size at a modulus of 1583,808 cm3 is 170x510x10 mm and a ratio of 1:3 is
the most optimum ratio. The optimum size of the web frame in the engine room with modulus
2632.858 cm3 is 325x650x8 mm, and a 1:2 ratio is the most optimum ratio with the lightest
weight per meter. Stringers optimum size on cargo hold with the modulus of 799.91 cm3 is
210x420x6 mm and 1:2 ratio is the optimum ratio. The optimum calculation of the size of the
stringers in the engine room is the same value as the calculation of the optimum size of the web
frame in the engine room.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: web frame, stringers, optimization, modulus, BKI web frame, senta kapal, optimasi, modulus, BKI
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM156 Naval architecture
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Gea Ihza Miliniati
Date Deposited: 03 Sep 2021 01:32
Last Modified: 03 Sep 2021 01:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/91262

Actions (login required)

View Item View Item