Desain Self-Righting Rescue Boat Untuk Mendukung Upaya Rescue di Berbagai Kondisi Waktu Dan Cuaca

Fauzi, Alreza Rizky (2021) Desain Self-Righting Rescue Boat Untuk Mendukung Upaya Rescue di Berbagai Kondisi Waktu Dan Cuaca. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111740000015_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04111740000015_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Self-righting rescue boat merupakan salah satu live saving appliance yang didesain dapat beroperasi di berbagai kondisi waktu dan cuaca. Dengan kemampuan self-righting ini, rescue boat dapat kembali keposisi semula walaupun mengalami oleng hingga sudut 180º. Kapasitas crew yang berjumlah 5 orang dan korban yang berjumlah 1 orang merupakan payload yang digunakan dalam proses pendesainan ini. Metode dalam penentuan ukuran utama adalah dengan menggunakan metode Geosim Procedure. Dengan metode tersebut didapatkan ukuran utama hasil proses pendesainan, yaitu L: 5 m, B: 2,45 m, H: 0,75 m, T: 0,34 m. Kecepatan dinas self-righting rescue boat adalah 7 knot dan dapat melaju hingga kecepatan maksimal 13 knot. Dari analisis teknis yang dilakukan, didapat perkiraan estimasi daya mesin penggerak sebesar 30,8 HP. LWT kapal yang didapat adalah 0,366 ton dan DWT kapal yang didapat adalah 0,501 ton, dimana displacement kapal sebesar 0,895 ton. sehingga didapat margin displacement sebesar 3,28%. Freeboard yang didapat adalah sebesar 0,41 m dan besar trim pada self-righting rescue di empat loadcase sebesar -0,269 m, -0,018 m, 0,067 m, dan -0,188 m dimana hasil ini memenuhi persyaratan regulasi SOLAS dan NCVS. Kemampuan self-righting didapat dengan menggunakan metode inflatable bag. Metode ini didapat dengan menambah desain inflatable bag yang diisi dengan gas CO2. Dengan inflatable bag yang didesain, self-rghting rescue boat dapat kembali keposisi semula ketika terjadi terjadi oleng hingga sudut 180º disemua loadcase yang direncanakan. Dengan kemampuan self-righting, dapat mempersingkat waktu saat mengembalikan posisi kapal ke posisi semula ketika terjadi capsize jika dibandingkan dengan metode konvensional. Estimasi biaya pembangunan self-righting rescue boat adalah sebesar Rp 214.052.792,-
================================================================================================
Self-righting rescue boat is one of the live saving appliances designed to operate at various
times and weather conditions. With this self-righting capability, self-righting rescue boat is able
to return the ship back to its original upright position after experiencing a rolling at an angle of
180º. Crew capacities and sufferers are the payloads used in this design process. The Geosim
Procedure is used in determining the ship’s main dimensions. With this method, the main
dimensions of the design process are obtained, namely L: 5 m, B: 2,45 m, H: 0,5 m, T: 0,34 m.
The service speed of the self-righting rescue boat is 7 knot and it can go up to a maximum speed
of 13 knot. According to the technical analysis that has been conducted, the estimated power of
the propulsion engine is 30,8 HP. The ship's LWT obtained is 0,366 ton and the ship's DWT is
0,501 ton, where the ship's displacement is 0,895 ton. so that a displacement margin is 3.28%.
The freeboard obtained is 0,41 m and the trim result for self-righting rescue boat in four
loadcases are -0,269 m, -0,018 m, 0,067 m, and -0,188 m. Self-righting ability is obtained by
using the inflatable bag method. This method is obtained by adding an inflatable bag design
filled with CO2 gas. Self-righting ability is also obtained by varying the shape and size of the
inflatable bag. By self-righting capability, it can reduce the time required to return the ship from
capsized position back to original upright position as compared to conventional methods. The
estimated cost of building a self-righting rescue boat is IDR 214.052.792,-

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: self-righting, rescue boat, inflatable bag
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM761 Stability of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Alreza Rizky Fauzi
Date Deposited: 31 Aug 2021 15:01
Last Modified: 31 Aug 2021 15:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/91338

Actions (login required)

View Item View Item