Sukma, Nadya Paramita Langening (2021) Kajian Optimasi Sistem Konstruksi Penerapan Pelat Sandwich Pada Kapal Barge Dengan Metode Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04111740000068-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (9MB) | Preview |
Abstract
Material sandwich merupakan pengembangan inovasi material yang dapat memberikan rasio kekuatan serta kekakuan yang efisien terhadap berat. Untuk dapat diaplikasikan pada struktur kapal, material sandwich harus memenuhi aturan yang diterapkan oleh badan klasifikasi. Dalam penelitian ini kapal yang digunakan yaitu kapal barge 155 m x 45 m x 9,5 m yang memiliki sistem konstruksi memanjang dan akan dilakukan modifikasi sesuai ketentuan yang terdapat di badan klasifikasi dengan metode pendekatan numerik. Studi numerik dilakukan menggunakan sofware berbasis elemen hingga yang bertujuan untuk mengetahui respon statis penerapan pelat sandwich sebagai pengganti pelat baja konvensional pada tiga variasi di sistem konstruksi dan pembebanan yang terjadi. Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa sistem konstruksi yang memenuhi kriteria dan menghasilkan nilai tegangan, deformasi serta pengurangan berat yang optimal yakni sistem konstruksi memanjang dengan pengurangan berat sebesar 5%.
======================================================================================================
Sandwich material was an innovative development that provides the ratio of strength and stiffness to weight. To be applied in the ship structure, sandwich material must be accepting the requirement of classification. The ship used in this study was a deck cargo barge 155 m x 45 m x 9.5 m that had a longitudinal framing system, and the framing system will be modified according to rules contained in the classification using numerical approach method. A numerical study used finite element software to determine the static response to the application of sandwich material as a replacement for conventional steel. The result that has been obtained showed that the construction system has met the optimal permissible yield stress, deformation, and reduction weight is longitudinal framing system with a reduced weight of 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Deformasi Maksimum, Pelat Sandwich, Sistem Konstruksi, Tegangan Izin, Construction System, Maximum Deformation, Sandwich Plate, Permissible Yield Stress. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture) |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Nadya Paramita Langeniing Sukma |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 01:44 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 03:06 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/91418 |
Actions (login required)
View Item |