Notowidjaja, Michael (2021) Analisis Teknis Dan Ekonomis Desain Platform Lifting Dock Berbasis Motor Listrik Dan Penggunaannya Untuk Reparasi Kapal 150 GT. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04111740000053-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (30MB) | Preview |
Abstract
Di Indonesia terdapat 250 galangan kapal untuk reparasi kapal dengan kapasitas 12 juta DWT. Namun utilisasi reparasi kapal di Indonesia baru mencapai 70 persen. Hal ini tidak terbatas pada galangan besar saja, namun juga terjadi untuk galangan kapal kecil. Hal tersebut umumnya dikarenakan kurangnya kapasitas galangan tersebut. Untuk itu diperlukan adanya suatu inovasi untuk menghadapi masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan pengadaan lifting dock
berbasis motor listrik. Dengan lifting dock kapal tidak direparasi pada fasilitas pengedokan, sehingga lifting dock dapat digunakan untuk pengedokan kapal lain. Proses desain diawali pembuatan konsep desain lifting dock. Desain dibuat berdasarkan material yang tersedia di pasaran dan menggunakan desain yang modular. Hal ini dilakukan unttuk mengurangi biaya pembangunan serta kerumitan dari desain dan operasional dari lifting dock itu sendiri. Konsep desain dilanjutkan dengan analisis teknis untuk mengetahui operasional pengedokan lifting dock. Proses pengedokan kapal dengan lifting dock sebagai berikut: persiapan untuk pengedokan, penempatan cradle, pelepasan pengunci samping platform, penurunan platform, penempatan kapal, penaikkan platform, penguncian platform, dan pemindahan kapal beserta
cradle ke lokasi reparasi.Desain Lifting dock dibuat dalam model 3D menggunakan perangkat lunak. Setelah itu dilakukan simulasi model dengan menggunakan metode elemen hingga. Hasil dari simulasi dilakukan pengecekan dengan rules dan apabila tidak memenuhi perlu dilakukan revisi desain. Desain lifitng dock yang didapatkan berdasarkan hasil analisis teknis operasional pengedokan dengan lifting dock serta spesifikasi kapal 150 GT adalah sebagai berikut L = 30
m, B = 9 m, MDL = 8,90 ton/m, nominal displacement = 221,63 ton dan net lifting capacity = 267,024 ton. Selanjutnya dilakukan analisis ekonomis dengan hasil biaya total dari
pembangunan platform lifting dock berbasis motor listrik sebesar Rp. 9.526.398.327, - dan didapatkan kelayakan investasi yang dinyatakan layak dengan nilai NPV Rp. 7.385.633.814, -, IRR 15,04 %. Selain itu diperoleh estimasi dari payback period pada 3 tahun 4 bulan.
===================================================================================================
In Indonesia there is 250 shipyard for ship repair with a capacity of 12 Million DWT. But ship repair utilization in Indonesia just around 70 percent. This problem doesn’t just occur on a big shipyard, but happened on the smaller shipyard as well. Mostly caused by lack of ship capacity
on a smaller shipyard. Therefore needed some inovation for that problem. One of the solution is to make lifting dock based on electric motor. With lifting dock the ship doesn’t repaired on the lifting dock, so the lifting dock can be used to dock other ship. The design process begins
making a concept design for the lifting dock. The design is made with modular system and based on available raw material in mind. This is to reduce the production cost and the
complexity in the design and during docking operation.The design continues with technical analysis on how to dock ship using lifting dock. Docking with lifting dock is based on these process : preparation for docking, positioning of cradle, releasing of side locking, lowering of platform, positioning of ship, raising of platform, and transfer ship to land. Lifting dock design is made in 3D using software. After that the 3D model is simulated using finite element method. Result of the simulation then compared to the rules and if the result is not comply with the rules, the design need to be changed. Lifting dock desain based on technical analysis and the specification of 150 GT vessel is as follow : L = 30 m, B = 9 m, MDL = 8.90 ton/m, Nominal Displacement = 221.63 ton and net lifting capacity = 267.024 ton. The process continued with economical analysis with result for the production cost of the lifting dock as much as Rp.
9.526.398.327,- and for investment with NPV as much as Rp. 7.385.633.814,- with IRR of 15.04 % with a payback period of 3 years 4 months.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lifting Dock , Motor Listrik, Pengedokan, Reparasi Ship Repair, Docking, Lifting Dock, Electric Motor |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Michael Christanto Notowidjaja |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 03:32 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 07:01 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/91465 |
Actions (login required)
View Item |