Sri, Suryo Senoaji (2021) Desain Floating Cafe And Eatery Dengan Kearifan Lokal Sebagai Penunjang Pariwisata Pada Sungai Martapura, Banjarmasin. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
04111640000084-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Banjarmasin mempunyai daya tarik pariwisata seperti wisata alam, wisata religi, seni budaya, kuliner, hingga wisata sungai dengan kearifan lokal. Wisata sungai dengan kearifan lokal menjadi salah satu primadona. Sungai Martapura menyajikan wisata sungai dengan kearifan lokal yang wajib dikunjungi oleh wisatawan di Kota Banjarmasin, seperti wisata susur sungai, atraksi seni budaya, dan pasar terapung. Seluruh aktifitas wisata tersebut dipusatkan pada satu titik yaitu di Siring Sungai Martapura yang tepat berada ditengah Kota Banjarmasin. Dengan adanya kegiatan pariwisata di Sungai Martapura akan menjadi salah satu peluang bisnis bagi sektor usaha lainnya, salah satunya sektor kuliner. Kebutuhan kuliner pada sebuah tempat wisata sangat dibutuhkan mengingat waktu yang diluangkan oleh para wisatawan untuk mengunjungi sebuah tempat wisata terbilang tidak sebentar. Oleh karena itu, Floating Café and Eatery dengan Kearifan lokal diharapkan dapat menjadi salah satu fasilitas penunjang pariwisata di Sungai Martapura dalam memudahkan para wisatawan ketika ingin menikmati makanan maupun minuman di atas kapal ketika berwisata. Kapal ini dibuat berbentuk barge. Pada tugas akhir ini juga dilakukan analisis Café dan Eatery, analisis desain bercirikan kearifan lokal. Penentuan payload dan ukuran utama kapal ini mengacu pada Café dan Eatery yang sudah ada di darat. Kemudian didapatkan berapa luas yang dibutuhkan untuk membuat Café and Eatery dengan kapasitas 116 orang pengunjung. Setelah itu dapat ditentukan berapa ukuran kapal tersebut. Setelah itu dilakukan perhitungan teknis yang meliputi kebutuhan listrik hingga trim dan stabilitas. Ukuran utama yang memenuhi kriteria adalah Lpp = 30 m; B = 9,5 m; H = 4 m; T = 2 m. Setelah itu dilakukan desain rencana garis, rencana umum, model 3 dimensi serta safety plan dari kapal tersebut. Kapal menggunakan konfigurasi mooring system yaitu SPUD mooring. Desain 3 dimensi dari kapal ini merupakan desain bercirikan kearifan lokal yang sudah dianalisa sebelumnya. Terakhir adalah perhitungan biaya pembangunan kapal yakni sebesar Rp. 3,883,234,528.97 dengan biaya operasional sebsesar Rp. 1,761,446,387.09, estimasi keuntungan per tahun sebesar Rp. 2,624,715,000.00, serta nilai net present value sebesar Rp. 1,368,970,000.00, dan internal rate of return sebesar 16.67% untuk jangka waktu investasi selama 10 tahun 1 bulan 16 hari.
================================================================================================
Banjarmasin has tourism attractions such as nature tourism, religious tourism, cultural arts, culinary, to river tourism with local wisdom. River tourism with local wisdom is one of the prima donnas. Martapura River presents river tours with local wisdom that must be visited by tourists in Banjarmasin City, such as river tours, cultural arts attractions, and floating markets. All tourism activities are centered at one point, namely at Martapura Riverside which is right in the middle of Banjarmasin City. With tourism activities on the Martapura River, it will be a business opportunity for other business sectors, one of which is the culinary sector. Culinary needs at a tourist spot are needed considering the time spent by tourists to visit a tourist spot is not short. Therefore, Floating Café and Eatery with local wisdom is expected to be one of the supporting facilities for tourism on the Martapura River in making it easier for tourists to enjoy food and drinks on the boat when traveling. This ship is made in the form of a barge. In this final project, analysis of Café dan Eatery, analysis design characterized by local wisdom is also carried out. The determination of the payload and the main size of the ship refers to the Café dan Eatery that is already on land. Then we get how much area is needed to make a Café dan Eatery with a capacity of 116 people. After that it can be determined what size the ship is. After that, technical calculations are carried out covering power requirement to trim and stability. The main size that meets the criteria is Lpp = 30 m; B = 9.5 m; H = 4 m; T = 2 m. After that, the Lines Plan, General Arranggement, 3-dimensional model and safety plan of the ship are carried out. The ship uses a mooring system configuration, namely SPUD mooring. The 3-dimensional design of this ship is a design characterized by local wisdom that has been previously analyzed. The last is the calculation of the cost of building a ship which is Rp. 3,883,234,528.97 with the operational cost of a ship wich is Rp. Rp. 1,761,446,387.09, estimated profit per year is Rp. 2,624,715,000.00 and the net present value of Rp. 1,368,970,000.00, and the rate of return interval of 16.67% for the investment period of 10 years 1 month 16 days.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Barge, Sungai Martapura, Kearifan Lokal, Café, Eatery, Barge, Martapura River, Local Wisdom. |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Sri Suryo Senoaji |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 15:21 |
Last Modified: | 02 Sep 2021 15:21 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/91477 |
Actions (login required)
View Item |