Analisa Reparasi Crack Pada Rumah Spie Berbahan Stainless Steel 304 Menggunakan Metode SMAW dengan Elektroda E308

Wiradilaga, Muhammad Iqbal (2021) Analisa Reparasi Crack Pada Rumah Spie Berbahan Stainless Steel 304 Menggunakan Metode SMAW dengan Elektroda E308. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111540000083-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04111540000083-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada sebuah kapal, poros propeller merupakan sebuah komponen yang sangat penting yang memiliki fungsi untuk menggerakkan kapal. Seiring berjalannya waktu, tidak sedikit ditemukan kerusakan-kerusakan yang terjadi pada poros propeller. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, dikarenakan adanya kerusakan kecil pada poros prospeller akan sangat mempengaruhi performa kapal pada saat berlayar, bahkan dengan adanya kerusakan kecil tersebut dapat menjadi sebuah kecelakaan kapal yang menimbulkan korban jiwa. Kerusakan yang sering terjadi pada bagian poros propeller adalah retak (crack). Dalam reparasi retakan (crack) pada poros propeller dapat dilakukan dengan cara pengelasan. Akan tetapi proses reparasi atau pengelasan tersebut dapat menimbulkan masalah baru, yaitu terjadinya fenomena weld decay. Oleh karena itu diperlukan analisa metode reparasi pada poros propeller untuk mencegah terjadinya weld decay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh prosedur pengelasan yang benar untuk mencegah fonemena weld decay. Hasil dari penelitian ini, dalam mencegah weld decay pada saat proses reparasi yaitu proses reparasi dapat dilakukan dengan menggunakan metode SMAW dengan arus DC. Elektroda yang digunakan yaitu elektroda E308 diameter 2.6 mm dan 3.2 mm, dengan ampere 75 A untuk elektroda 2.6 mm dan ampere 95 A untuk elektroda 3.2 mm. Setelah dilakukan pengelasan, maka material harus segera didinginkan dengan cara memberikan kain lap basah atau air sebelum material mencapai suhu 850oC. Dengan prosedur pengelasan tersebut, maka weld decay dapat dihindari yang telah dibuktikan pada pengamatan mikro, serta prosedur pengelasan tersebut tidak terlalu mengubah sifat kekerasan dari material yang dibuktikan dengan hasil pengujian kekerasan yang relatif tidak memiliki perbedaan signifikan dengan nilai kekerasan pada daerah HAZ pada test piece #1 yaitu sebesar 95.9 HRB, pada test piece #2 sebesar 93.9 HRB, dan pada test piece #3 sebesar 95 HRB.
================================================================================================
On a ship, the propeller shaft is a very important component that has a function to move the ship. Over time, damage that occurred to the propeller shaft was often. This is a very important case because small damage to the propeller shaft will greatly affect the performance of the ship when sailing, even with small damage it can be a ship accident that causes fatalities. The most common damage to the propeller shaft is cracked. The repair of cracks on the propeller shaft can be done by welding. However, the repair or welding process can cause a new problem, which is weld decay. Therefore, it is necessary to analyze the repair method on the propeller shaft to prevent weld decay. This study aims to determine the effect of the correct welding procedure to prevent the phenomenon of weld decay. The results of this study, in preventing weld decay during the repair process, repair process can be carried out using the SMAW method with DC current. The electrodes used are E308 electrodes with a diameter of 2.6 mm and 3.2 mm, with 75 A amperes for 2.6 mm electrodes and 95 A amperes for 3.2 mm electrodes. After welding, the material must be cooled immediately by giving a wet cloth or water before the material reaches a temperature of 850oC. With this welding procedure, weld decay can be avoided which has been proven on micro-observations, and the welding procedure does not change the hardness properties of the material as evidenced by the hardness test results which have relatively no significant difference with the hardness value in HAZ area in test piece #1 is 95.9 HRB, test piece #2 is 93.9 HRB, and test piece #3 is 95 HRB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: weld decay, SMAW, poros propeller, shaft propeller
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ174 Maintenance and repair of machinery
T Technology > TS Manufactures > TS227 Welding.
V Naval Science > VC Naval Maintenance > VC 270-279 Equipment of vessels, supplier,allowances,etc
V Naval Science > VC Naval Maintenance
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM753 Propellers
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Iqbal Wiradilaga
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:39
Last Modified: 03 Sep 2021 07:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/91495

Actions (login required)

View Item View Item