Fahriza, Geizka Wahyu (2022) Simulasi Fisika pada Alam Dua Dimensi Menggunakan Unity Game Engine dan Compute Shader pada Graphics Processing Unit. Post-Doctoral thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
05111840000062_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2024. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Graphics Processing Unit merupakan komponen komputer
yang paling penting saat ini. Seiring dengan perkembangan
teknologi, GPU sekarang mempunyai kecepatan komputasi yang tinggi. Selain itu GPU juga dapat melakukan komputasi secara paralel. Berbeda dengan GPU beberapa generasi yang lalu, GPU generasi sekarang memungkinkan dirinya untuk melakukan komputasi secara umum.
Simulasi fisika merupakan salah satu komponen komputasi yang penting dalam gim. Simulasi tersebut mengandung interaksi-interaksi seperti tabrakan antar objek, pergerakan benda, pengecekan raycast dan banyak lagi. Kebanyakan simulasi fisika pada saat ini dilakukan di CPU. Semakin banyak objek dan semakin kompleks interaksi, maka komputasi akan menjadi semakin lama. Proses yang lama ini dapat menghambat jalan logika game dan menyebabkan turunnya performa gim.
Dengan menggunakan kekuatan GPU, simulasi fisika dapat dijalankan secara paralel. Untuk proses paralel ini, GPU menggunakan sebuah shader bernama Compute Shader. Compute Shader adalah sebuah program GPU untuk melakukan kalkulasi atau instruksi yang umum. Dengan melakukan komputasi simulasi fisika di GPU, CPU dapat menjalankan logika gim secara fokus, sehingga performa gim akan meningkat. Pada Tugas Akhir ini, simulasi fisik akan dikembangkan menggunakan Unity Game Engine dengan Compute Shader.
=====================================================================================================
Graphics Processing Unit is one of the most important computer components right now. As GPU development has improved, it has a high computational power. Other than hat,
GPU can perform computation in parallel. Today’s generation
of GPU can also do a generic computation.
Physics Simulation is one of the most important components in game development. There are multiple game interactions that utilize physics simulation in several ways, such as object collision, object movement, ray-cast checking, and much more. Most physics simulations today are computed using CPU. As more and more objects interacted and more complex interaction between objects will make computation time longer. Longer computation may lead to slower execution on game logic, then cause the game performance to drop.
By using GPU, physics simulation could be run in parallel. To do this, we utilized a shader called compute shader. Compute Shader was a GPU program to do a generic computation. By using physics simulation in GPU, CPU could focus on game logic thus improving the game performance. his physics simulation was developed using Unity Game Engine with Compute Shader.
Item Type: | Thesis (Post-Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Physics, Parallelism, Shader, Simulation, GPU |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation. |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Geizka Wahyu Fahriza |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 03:33 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 03:02 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/93063 |
Actions (login required)
View Item |