Analisis Kecelakaan Lalu Lintas di Ruas Jalan Raya Sumenep – Pamekasan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Widari, Lusiana (2022) Analisis Kecelakaan Lalu Lintas di Ruas Jalan Raya Sumenep – Pamekasan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111840000019-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111840000019-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada ruas Jalan Raya Sumenep-Pamekasan mempunyai
potensi terjadinya kecelakaan yang cukup tinggi karena menjadi akses utama pergerakan lalu lintas di Sumenep dan padatnya lalu lintas pada jam sibuk yang ditimbulkan dari aktivitas ekonomi terletak di sepanjang Jalan Raya Sumenep-Pamekasan.
Berdasarkan hasil anev Satlantas Polres Sumenep, Jalan Raya Sumenep-Pamekasan ditetapkan sebagai salah satu jalur
tengkorak yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Seringnya terjadi kecelakaan di Jalan Raya Sumenep-Pamekasan membuat
perlunya dilakukan audit terhadap jalan tersebut.
Dalam Tugas Akhir ini akan dilakukan analisis mengenai
kecelakaan lalu lintas. Tujuan utama dari Tugas Akhir ini adalah
untuk mengetahui angka kecelakaan dari tiap tingkat keparahan
korban menggunakan metode Accident Rate, ruas-ruas jalan yang
rawan terjadi kecelakaan dengan menggunakan metode Z-score,
mengetahui besaran kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan menggunakan metode The Gross Output (Human Capital), dan
dapat menemukan alternatif yang bisa digunakan untuk
mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas pada ruas Jalan
Raya Sumenep-Pamekasan di masa mendatang.
Dari hasil analisis memperlihatkan bahwa angka
kecelakaan tertinggi pada tahun 2016 sampai 2020 untuk kelas
meninggal dunia, luka berat, dan luka ringan adalah Jalan Raya Saronggi dengan angka kecelakaan sebesar 111,42 kecelakaan
/100JPKP untuk kelas meninggal dunia, Jalan Raya Pragaan dengan angka kecelakaan sebesar 77,22 kecelakaan/100JPKP untuk kelas luka berat, dan Jalan Raya Saronggi dengan angka kecelakaan sebesar 270,58 kecelakaan/100JPKP untuk kelas luka ringan. Daerah rawan kecelakaan (black site) yang berada di kuadran 1 yaitu kuadran dengan angka kecelakaan tinggi dan pertumbuhan di atas nilai rata–rata angka kecelakaan di seluruh ruas jalan yang ditinjau adalah Jalan Raya Bluto dengan angka kecelakaan sebesar 1,33 dan pertumbuhan kecelakaan sebesar 0,58. Total biaya korban kecelakaan berdasarkan metode gross
output human capital pada ruas Jalan Raya Sumenep-Pamekasan adalah pada tahun 2016 sebesar Rp 9.525.282.378,00- , tahun 2017 sebesar
Rp 9.869.560.677,00- , tahun 2018 sebesar
Rp 13.783.177.461,00- , tahun 2019 sebesar
Rp 16.424.599.273,00- , dan tahun 2020 sebesar Rp 16.431.044.096,00- .
====================================================================================================
The Highway of Sumenep-Pamekasan has a high potential for accidents because it is the main access for traffic movement in Sumenep and the traffic density during rush hour caused by economic activity is located along The Highway of Sumenep-Pamekasan. Based on the results of anev results from the Sumenep Police Traffic Unit, The Highway of Sumenep-Pamekasan was
designated as one of the skull lanes that was prone to traffic accidents. The frequent occurrence of accidents on The Highway of Sumenep-Pamekasan makes it necessary to carry out an audit of the road.
In this final project, an analysis of traffic accidents will be carried out. The main purpose of this final project is to determine the number of accidents from each level of severity of the victim using the Accident Rate method, road sections prone to accidents using the Z-score method, knowing the amount of losses caused by
accidents using the method The Gross Output (Human Capital), and can find alternatives that can be used to reduce traffic accidents on the highway of Sumenep-Pamekasan in the future.
The results of the analysis show that the highest number of accidents in 2016 to 2020 for the class died, seriously injured, and lightly injured were The Highway of Saronggi with the accident rate of 111.42 accidents/100JPKP for the class died, The Highway of Pragaan with the accident rate of 77.22 accidents/100JPKP for the heavily injured class, and The Highway of Saronggi with the
accident rate of 270.58 accidents/100JPKP for the lightly injured
class. Accident-prone areas (black site) which are in quadrant 1,
namely the quadrant with a high accident rate and growth above
the average value of the accident rate on all roads reviewed is The
Highway of Bluto with an accident rate of 1.33 and an accident
growth of 0.58. The total cost of accident victims based on the
gross output of human capital method on The Highway of
Sumenep-Pamekasan was Rp. 9,525,282,378.00- in 2016, in 2017
amounting Rp. 9,869,560,677.00-, in 2018 amounting Rp.
13,783,177,461.00-, in 2019 amounting Rp. 16,424,599,273.00-,
and in 2020 amounting Rp. 16,431,044,096.00- .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Angka Kecelakaan, Besaran Biaya Korban Kecelakaan, Jalan Raya Sumenep-Pamekasan, Kecelakaan Lalu Lintas, Z-Score, Number of accidents , Cost of Accident Victims, The Highway of Sumenep-Pamekasan, Traffic Accident, Z-Score.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL725.3 Traffic Control
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Lusiana Widari
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:30
Last Modified: 09 Feb 2022 03:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93139

Actions (login required)

View Item View Item