Analisis Stabilitas dan Sensitivitas Lereng Timbunan dengan Variasi Timbunan, Beban Gempa, dan Beban Kendaraan pada Ruas Jalan Pantai Molang-Bululawang STA. 3+800 - STA. 4+100

Putri, Nurwida Rizki Ramadhani (2022) Analisis Stabilitas dan Sensitivitas Lereng Timbunan dengan Variasi Timbunan, Beban Gempa, dan Beban Kendaraan pada Ruas Jalan Pantai Molang-Bululawang STA. 3+800 - STA. 4+100. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6012201077-Master_Thesis.pdf] Text
6012201077-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan Ruas Jalan Pantai Molang – Bululawang merupakan proyek pembangunan jalan lintas selatan Pulau Jawa yang berada pada Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Pembangunan ini mencakup pembangunan jalan sepanjang 5,20 km dan pembangunan jembatan sebanyak 3 buah jembatan.
Pada proyek pembangunan terdapat beberapa lereng timbunan, diantaranya adalah timbunan pada STA.3+800 hingga STA.4+100. Tinggi timbunan bervariasi dari 1,5 meter hingga 3 meter. Material yang digunakan untuk timbunan yaitu material timbunan pilihan dan timbunan biasa. Proyek tersebut merupakan proyek strategis nasional dipesisir pantai selatan Pulau Jawa, dimana memiliki potensi gempa serta diproyeksikan memiliki volume lalu lintas yang tinggi. Kestabilan lereng timbunan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya ketinggian timbunan, material timbunan, beban gempa serta beban kendaraan. Faktor-faktor tersebut memiliki nilai sensitivitasnya masing-masing.
Berdasarkan hal-hal di atas, maka perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh dari ketinggian timbunan, material timbunan, beban gempa serta beban kendaraan terhadap kestabilan lereng timbunan menggunakan software Geostudio SLOPE/W serta analisis sensitivitas dari faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kestabilan lereng timbunan.
Hasil penelitian pada lereng timbunan eksisting menunjukkan bahwa waktu penurunan yang terjadi pada tanah dasar yaitu 220 tahun. Besar penurunan terbesar terjadi pada lereng timbunan dengan ketinggian timbunan 3 m menggunakan material timbunan pilihan yaitu 0,99 m. Hasil penelitian mengenai pengaruh faktor-faktor penyebab ketidakstabilan lereng timbunan menunjukkan bahwa ketinggian timbunan, beban gempa, dan beban kendaraan berbanding terbalik dengan nilai angka keamanan lereng timbunan. Penurunan rata-rata nilai angka keamanan yang terjadi pada lereng timbunan setiap penambahan tinggi timbunan 0,5 m yaitu sebesar 8,3%. Penurunan rata-rata nilai angka keamanan yang terjadi pada lereng timbunan setiap peningkatan beban gempa sebesar 0,1 g yaitu sebesar 5,9%. Penurunan rata-rata nilai angka keamanan yang terjadi pada lereng timbunan setiap peningkatan beban kendaraan sebesar 1 t/m2 yaitu sebesar 8,7%. Lereng dengan timbunan pilihan sebagai materialnya memiliki angka keamanan yang lebih besar daripada menggunakan timbunan biasa. Perbedaan angka keamanan lereng timbunan dengan menggunakan timbunan biasa dan timbunan pilihan yaitu sebesar 29,5%. Selain itu, dalam penelitian ini juga didapatkan bahwa parameter dengan nilai sensitivitas tertinggi yaitu sudut geser dalam, diikuti dengan ketinggian timbunan, beban gempa, kohesi, beban kendaraan, dan berat volume.
===================================================================================================
The construction of Molang – Bululawang road is a project to build a road in southern coast of Java Island located in Blitar Regency, East Java Province. This development includes the construction of a road with 5.20 kilometers length and the construction of 3 bridges.
In this project, there are several fill slopes that is on STA. 3+800 to STA.4+100. The height of the slopes varies from 1.5 meters to 3 meters. The material used for the slopes are selected material and ordinary material. The project is a national strategic project on the southern coast of Java Island, which has earthquake potential and is projected to have a high volume of traffic. The stability of the slopes can be affected by several factors, including the height of the slopes, the material of the slopes, earthquake load and vehicles load. These factors have their own sensitivity value with the changes in the value of slope safety factors.
Based on reason stated above, it is necessary to conduct research on the influence of fill slope’s height, fill slope’s material, earthquake load and vehicle load on the stability of the slopes using Geostudio SLOPE/W software and sensitivity analysis of factors that affect the stability of the slopes.
The results of research on the existing slopes shows that the time of consolidation is 220 years. The largest settlement occurred on the embankment slope with an embankment height of 3 m using the selected embankment material, which was 0.99 m. The results of research on the influence of factors causing slope instability show that the embankment height, earthquake load, and vehicle load are inversely proportional to the value of the slope safety value. The average decrease in the safety factor value that occurs on the embankment slopes for every 0,5 m addition of the embankment height is 8,3%. The average decrease in the safety factor value that occurs on the embankment slopes for every increase of 0,1g in earthquake load is 5,9%. The average decrease in the safety factor value that occurs on the embankment slopes for every increase in of 1 t/m2 of vehicle load is 8,7%. Slopes with selected embankment as the material have a greater safety factor than using ordinary embankments. The difference in the safety factor for embankment slopes using ordinary embankments and selected embankments is 29,5%. In addition, this study also found that the parameter with the highest sensitivity value is the internal angle friction, followed by embankment height, earthquake load, cohesion, vehicle load, and unit weight.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: stabilitas timbunan, gempa, sensitivitas, SLOPE/W, Blitar, slope stability, earthquake, sensitivity, SLOPE/W, Blitar
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Nurwida Rizki Ramadhani Putri
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:22
Last Modified: 01 Nov 2022 04:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93161

Actions (login required)

View Item View Item