Analisis Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dan Persepsi Risiko Dengan Perilaku Berkendara Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Pengendara Sepeda Motor Usia Muda Di Kota Surabaya

Santosa, Dimas Puji (2022) Analisis Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dan Persepsi Risiko Dengan Perilaku Berkendara Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Pengendara Sepeda Motor Usia Muda Di Kota Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111950062003-Master_Thesis.pdf] Text
03111950062003-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan kendaraan sebagai moda transportasi memberikan dampak positif sebagai alat mobilisasi untuk memperlancar aktivitas sehari-hari tetapi hal ini juga diiringi dengan dampak negatif, salah satunya yaitu meningkatnya kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia dengan faktor perilaku pengendara yang menjadi penyebab utama kecelakaan. Mayoritas kecelakaan lalu lintas yang terjadi di kota Surabaya didominasi oleh sepeda motor dan pengemudi yang mengalami kecelakaan sebagian besar merupakan remaja atau kelompok usia muda, khususnya pada laki-laki.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi penyebaran kuesioner melalui google form. Pengambilan sampel dengan metode simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 435 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan structural equation modeling (SEM).
Dari hasil uji statistik hubungan sikap terhadap perilaku mengemudi berisiko dengan semua parameter perilaku berkendara berpengaruh secara positif dan signifikan dengan pengaruh terbesar terhadap parameter safety violations sebesar 0,936 (p = ***) dan pengaruh terkecil terhadap parameter stunts sebesar 0,633 (p = ***). Sementara, hubungan persepsi risiko terhadap perilaku mengemudi berisiko dengan semua parameter perilaku berkendara berpengaruh positif dengan tiga diantaranya tidak signifikan, yaitu terhadap parameter traffic violations (p = 0,764), safety violations (p = 0,554), dan stunts (p = 0,946). Selanjutnya, sikap dan persepsi risiko terhadap perilaku mengemudi berisiko tidak memberikan pengaruh terhadap kecelakaan lalu lintas (p = 0,594 dan p = 0,153). Kemudian, dari hubungan parameter perilaku berkendara terhadap kecelakaan yang berpengaruh positif dan signifikan, yaitu traffic errors sebesar 0,515 (p = ***), dan traffic violations sebesar 0,967 (p = ***).
==================================================================================================
The development of vehicles as transportation modes has a positive impact as a mobilization tool to facilitate daily activities but this is also accompanied by negative impacts, one of which is an increase in traffic accidents. Traffic accidents are one of the leading causes of death in the world by driving behaviors that are the leading causes of accidents. The majority of traffic accidents that occur in Indonesia are dominated by motorcycles and drivers who get into accidents are mostly teenagers or young age groups, especially in men.
The method used in this study includes distributing questionnaires through google form. Sampling using simple random sampling method with a total sample of 435 respondents. The data analysis technique used descriptive analysis and structural equation modeling (SEM).
From the results of statistical tests, the relationship between attitudes towards risky driving behavior with all driving behavior parameters has a positive and significant effect with the largest influence on the safety violations of 0.936 (p = ***) and the smallest effect on the stunts of 0.633 (p = ***). Meanwhile, the relationship between risk perception and risky driving behavior with all driving behavior parameters has a positive effect with three of them not being significant, namely traffic violations (p = 0.764), safety violations (p = 0.554), and stunts (p = 0.946). Furthermore, attitudes and perceptions of risk towards risky driving behavior did not have an effect on traffic accidents (p = 0.641 and p = 0.153). Then, from the relationship of driving behavior parameters to accidents that have a positive and significant effect, namely traffic errors of 0.515 (p = ***), and traffic violations of 0.967 (p = ***).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perilaku berkendara, kecelakaan lalu lintas, MRBQ, SEM, Driving behavior, traffic accident, MRBQ, SEM
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5614.3.N5 Traffic accidents
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Dimas Puji Santosa
Date Deposited: 09 Feb 2022 06:48
Last Modified: 09 Feb 2022 06:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93185

Actions (login required)

View Item View Item