Perencanaan dan Analisis Kekuatan Struktur Rangka dan Clamp pada Lift Truck dengan Kapasitas Angkat 200 Kg di PT Dinamika Indonusa Prima - Tangerang

Anatasya, Agita (2022) Perencanaan dan Analisis Kekuatan Struktur Rangka dan Clamp pada Lift Truck dengan Kapasitas Angkat 200 Kg di PT Dinamika Indonusa Prima - Tangerang. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Proyek Akhir_Agita Anatasya_10211710010018.pdf] Text
Proyek Akhir_Agita Anatasya_10211710010018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Proyek Akhir_Agita Anatasya_10211710010018.pdf] Text
Proyek Akhir_Agita Anatasya_10211710010018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Proyek Akhir_Agita Anatasya_10211710010018.pdf] Text
Proyek Akhir_Agita Anatasya_10211710010018.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi dalam perindustrian sangat berpengaruh dimana dalam memproduksi kebutuhan sehari – hari manusia seperti kebutuhan rumah tangga yaitu spring bed. Demi meningkatkan hasil produksi di PT Dinamika Indonusa Prima – Tangerang sebagai produsen spring bed, maka diperlukan alat bantu yang menyokong kinerja pada gudang untuk pemindahan barang. Lift truck merupakan alat bantu yang tepat untuk meningkatkan kinerja pada gudang. Lift truck ini akan direncanakan dengan dimensi yang dapat dijangkau melewati rak-rak pada gudang.
Dalam merencanakan Lift truck, pemodelan struktur rangka dan clamp dari lift truck, pemilihan material dan perhitungan beban yang terjadi pada rangka dan clamp akan berpengaruh pada saat menganalisis kekuatan struktur. Dimana analisis kekuatan struktur ini akan menentukan efek akibat beban yang bekerja dan hasil dari analisis tersebut untuk memvalidasi kekuatan struktur yang akan dibuat. Agar mempermudah dalam menganalisis kekuatan struktur tersebut dilakukan simulasi berbasis metode elemen hingga dengan ketentuan nilai tegangan maksimum yang terjadi harus lebih kecil dari tegangan ijin material yang digunakan.
Hasil simulasi dengan software berbasis elemen hingga tersebut adalah von-mises stress, deformasi total, dan safety factor. Untuk validasi hasil akan dibandingkan nilai von mises stress pada hasil perhitungan teoritis dan hasil simulasi yang nantinya akan diketahui nilai error dari hasil perhitungan teoritis dan hasil simulasi rangka dan clamp tersebut. Pada rangka, hasil perhitungan teoritis nilai von mises stress yang didapat sebesar 174,687 MPa , sedangkan pada hasil simulasi sebesar 174,77 MPa. Perhitungan teoritis pada clamp didapat nilai von mises stress sebesar 51,44 MPa dan hasil simulasi didapat 58,628 MPa. Dengan tegangan ijin material yang digunakan yakni sebesar 350 MPa, maka nilai tegangan maksimum pada rangka dan clamp tidak lebih dari tegangan ijin material dan dapat dikatakan struktur tersebut aman.. Dengan nilai error von mises stress yang didapat dari rangka dan clamp tidak mencapai 15% dengan masing – masing nilai selisih yaitu 0,04 % dan 12,35%.
===================================================================================================
Technology in the industry is very influential in producing daily needs such as spring bed. To increase the productivity of PT Dinamika Indonusa Prima – Tangerang as a spring bed manufacturer, it is necessary to have tools that support the performance of the warehouse for moving goods. Lift truck is the right tool to help improve the warehouse performance. This lift truck is designed with suited dimensions, so it can pass through the shelves in the warehouse.
Design of the lift truck has two important aspects to analyze: its frame and clamp structure modelling, which are affected by the material selection and the calculation of its load. Those structural strength analysis will be used as the determination of loading effect, and the result of those analysis are used to validate the Lift truck’s structural strength. To ease the design, the analysis are done by finite element method simulation, wit determined value of occurred stress is less than the allowed stress of chosen material.
the results of finite element method simulation based software are von mises stress, total deformation, and safety factor. To validate the results, the values of von mises stress is compared to theoretical calculated values to get the error values. The frame’s theoretical calculation of Von-Mises stress resulted 174,867MPa, while the simulation resulted 174,77MPa. The clamp’s theoretical calculation of Von-Mises stress resulted 51,44MPa, while the simulation resulted 58,628MPa. Since the allowed stress of chosen material is determined to 350MPa, the structural strength value of both frame and clamp are less than the allowed stress value, so that it could be conluded if the Lift Truck is safe to be operated. The theoretical calculation of its frame’s safety factor valued 2, while the clamp valued 6,8. The error value of Von-Mises stress on both frame and clamp are less than 15% with each differences are 0,04% and 12,35%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Analisis Kekuatan Struktur, Lift truck, Metode Elemen Hingga, Rangka dan Clamp, Von Mises Stress. Keywords : Lift truck, Frame and Clamp, Strength Strength Analysis, Von Mises Stress, Finite Element Method
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA660.F7 Structural frames.
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: Agita Anatasya
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:59
Last Modified: 31 Oct 2022 01:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93216

Actions (login required)

View Item View Item