Analisis Penerimaan Cellular Tool Mobile Application berdasarkan persepsi pelanggan dengan modifikasi model UTAUT2

Kamal, Mustafa (2022) Analisis Penerimaan Cellular Tool Mobile Application berdasarkan persepsi pelanggan dengan modifikasi model UTAUT2. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6026201016-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
6026201016-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Operator telekomunikasi seluler mengembangkan cellular tool mobile application (CTMA) untuk meningkatkan pelayanan kepada jutaan pelanggan selulernya. Pada perkembangannya, CTMA ini menjadi semakin komplek dengan ditambahkannya berbagai fitur-fitur, yang bisa jadi sebenarnya jarang digunakan oleh para pelanggannya dan membuat aplikasi tersebut menjadi semakin membebani dari segi kapasitas penyimpanan dan kinerja gadget para penggunanya. Penelitian ini menganalisis tingkat penerimaan aplikasi CTMA menggunakan explanatory mixed methods, yakni mengkombinasikan antara penelitian kuantitatif dengan menggunakan modifikasi model UTAUT2 dengan analisis SEM-GeSCA, serta diperkuat dengan penelitian kualitatif. Penelitian ini melakukan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap penggunaan aplikasi CTMA dengan mengembangkan model UTAUT2 dengan menghilangkan faktor habit dan menambahkan faktor trust. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 181 responden. Bedasarkan hasil analisis SEM-GeSCA dari 8 hipotesis yang diuji, lima diantaranya ditolak. Bahwa performance expectancy (PE) dan trust (TR) berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention (BI). Model yang diajukan berhasil menjelaskan 52.8% pengaruhnya terhadap behavioral intention (BI) dan 44.9% terhadap use behavior (UB) pada penggunaan aplikasi. Sedangkan untuk hasil analisis kualitatif dengan menggunakan sembilan wawancara dan satu forum group discussion (FGD) menunjukkan bahwa hal utama yang menjadi alasan positif pengguna menggunakan aplikasi adalah karena memudahkan kebutuhan pelanggan dan karena alasan lebih praktis menggunakan aplikasi CTMA. Juga bahwa fitur yang paling sering dipakai oleh pelanggan adalah fitur kontrol pemakaian dan beli paket. Dan terkait dengan kompleksitas aplikasi adalah bahwa pelanggan mengeluhkan pengalaman negatif penggunaan aplikasi yang berat dan terlalu banyak iklan. Hasil analisis ini dapat menjadi rekomendasi dan saran kepada operator telekomunikasi dalam mengembangkan aplikasi lebih lanjut.
=====================================================================================================
Cellular telecommunications operators develop cellular tool mobile applications (CTMA) to improve services to their millions of cellular subscribers. In its development, CTMA has become increasingly complex with the addition of various features, which may actually be rarely used by its customers and make the application even more burdensome in terms of storage capacity and performance of the gadgets for its users. This study analyzes the acceptance rate of the CTMA application using explanatory mixed methods, which combines quantitative research using a modified UTAUT2 model with SEM-GeSCA analysis, followed by qualitative research. This study analyzes the factors that influence user acceptance of the use of the CTMA application by developing the UTAUT2 model by eliminating the Habit factor and adding the Trust factor. This study used a sample of 181 respondents. Based on the results of the SEM-GeSCA analysis of the eight tested hypotheses, rejected five of them were. That performance expectancy (PE) and trust (TR) have a significant effect on behavioral intention (BI). The proposed model has successfully explained 52.8% of its impact on Behavioral Intention (BI) and 44.9% of Use Behavior (UB) on application use. Meanwhile, the results of qualitative analysis using nine interviews and one forum group discussion (FGD) show that the main positive reasons for users to use the application are because it facilitates customer needs and because it is more practical to use the CTMA application. Also, the features most frequently used by customers are the usage control features and purchase packages. And related to the complexity of the application is that customers complain of negative experiences using heavy applications and too many ads. The results of this analysis can be used as recommendations and suggestions to telecommunications operators in developing further applications.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Adopsi Teknologi, Cellular Tool Mobile Application, UTAUT2, Generalized Structured Component Analysis (GeSCA), Explanatory Mixed Methods
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mustafa Kamal
Date Deposited: 10 Feb 2022 01:58
Last Modified: 08 Jul 2024 01:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93228

Actions (login required)

View Item View Item