Muhammad Alfian Nasril, Bahariansyah (2022) Pemilihan Moda Transportasi Akibat Adanya Jalan Tol Menggunakan Metode Modal Split (Studi Kasus : Tulungagung – Surabaya). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Text
6012201041-Master Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2024. Download (1MB) |
Abstract
Tol trans-jawa saat ini sudah hampir terhubung dari ujung barat pulau jawa menuju ujung timur pulau jawa dan saat ini juga terdapat ruas baru yang akan dibangun yaitu ruas Kertosono-Kediri dan Kediri-Tulungagung. Dampak dari pembangunan ruas jalan tol baru ini akan mempercepat waktu tempuh kendaraan darat. Moda bus juga sudah banyak yang menggunakan akses tol agar mempercepat perjalanan. Saat ini, moda bus menempuh waktu 3-3,5 jam untuk melakukan perjalanan dari Tulungagung ke Suabaya dengan menggunakan rute kombinasi jalan nasional dan jalan tol. Bus non-tol dan kereta api memerlukan waktu 4,5-5 jam perjalanan untuk melakukan perjalanan dari Tulungagung ke Surabaya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah keberadaan ruas jalan tol baru yang akan dibangun secara langsung dapat merubah proporsi pemilihan moda antara bus patas, bus non-tol, dan kereta api. Atribut perjalanan yang ditinjau adalah berupa biaya perjalanan dan waktu tempuh yang berbeda antar moda. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proporsi pemilihan moda yang nantinya dapat digunakan untuk memprediksi berapa perbandingan pengguna moda bus patas, bus non-tol, dan kereta api ketika ruas jalan tol baru tersebut beroperasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah modal split.
Hasil dari penelitian ini adalah berupa model pemilihan moda dengan metode modal split dengan fungsi power (α) dengan tingkat NMAE sebesar 0,5284, dimana nilai NMAE semakin mendekati 0 maka dapat dikatakan model tersebut mendekati kondisi eksisting dan dapat digunakan untuk peramalan proporsi pemilihan moda rute Tulungagung-Surabaya. Model yang dibuat tidak dipengaruhi oleh kondisi sosio-ekonomi pengguna karena model dipengaruhi oleh karakteristik modanya, seperti waktu tempuh, biaya perjalanan, dan jarak perjalanan
====================================================================================================
The Java-trans highway is almost connected from west to the east of Java island and now, there is a new section that will be built, those are Kertosono-Kediri section and Kediri-Tulungagung section. The Impact from these construction in the future will shorten the travel time. Tulungagung-Surabaya buses which use the highway only take 3-3,5 hours of travel time with route combinations between national and highway roads. This research aims to find the model of mode choice proportion between bus, non-toll bus, cars, and train due to Tulungagung-Surabaya’s highways in 2023. The travel attributes used in this research are travel time and travel cost between bus, non-toll bus, cars, and train. Then, the model could predict the mode choice proportion in the future, after the construction finished. The method for modeling is modal split which uses power function (α) and ditterence function (β).
The result are the characteristics of the users dominated by male with 55%, ages between 21-30 years with 74%, last education is bachelor with 51%, type of job is student/pupil with 42%, no salary users with 31%, purpose of the travel is social needs with 32%, and about 93% have their own vehicles. All that percentages were from 200 respondents.
Mode choice model that is used is a modal split with power function (α) with NMAE values 0,5284 which is close to 0. The interpretation of NMAE value is the smaller the value the better the model, because the model would represent the existing condition in which the model could predict future condition
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemilihan moda, modal split, NMAE, jalan tol |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Muhammad Alfian Nasril Bahariansyah |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 01:07 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 01:07 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/93253 |
Actions (login required)
View Item |