Liunardi, Charles (2022) Evaluasi Negosiasi Tarif Angkutan Laut Untuk Pemenuhan Kebutuhan Gas Pembangkit Menggunakan ISO Tank Dengan Mempertimbangkan Kepentingan Pemilik Angkutan Dan Pengelola Pembangkit Listrik. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
SAMPEL.pdf Restricted to Registered users only Download (2kB) | Request a copy |
|
Text
02411840000011-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2024. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari, energi listrik merupakan sumber energi utama yang banyak digunakan dan dibutuhkan oleh manusia. Energi listrik merupakan salah satu faktor pendukung penting bagi kehidupan manusia karena banyak sekali peralatan yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Dengan pentingnya energi listrik untuk kehidupan sehari-hari, pasokan listrik merupakan salah satu indikator indeks pembangunan negara. Sebuah perusahaan penyedia tenaga listrik mempertimbangkan untuk melakukan transportasi Liquefied Natural Gas (LNG) dari Sumber ke Tujuan. Perusahaan penyedia tenaga listrik tersebut menggunakan jasa sebuah perusahaan transportation service owner untuk mengangkut LNG ISO Tank dari Sumber ke sebuah PLTMG di Tujuan. Moda transportasi yang akan digunakan merupakan kapal. Perancangan skema kerjasama kemudian dilakukan melalui konsep tarif serta penyesuaiannya terhadap risiko selama 10 tahun. Penelitian ini berupaya menentukan kebijakan tarif angkutan yang adil dan proposional pada kerjasama angkutan LNG antara PT X dan perusahaan partner menggunakan kapal dan penyesuaiannya setelah mengakomodasi risiko ketidakpastian dengan mempertimbangkan dampak parameter kelayakan, analisis finansial, risiko, dan trade off benefit bagi kedua pihak dan juga pengujian ketahanan model terhadap risiko ketidakpastian menggunakan metode simulasi Monte Carlo. Penelitian ini juga memberi rekomendasi pada PT X dalam hal menentukan tarif angkutan dan Biaya Pokok Penyediaan Tenaga Listrik. Tarif angkut atau harga transportasi yang diperoleh adalah sebesar USD 5,51 per MMBTU berdasarkan perhitungan. Iterasi dilakukan untuk menemukan tarif win-win solution berdasarkan real model dan didapatkan transportation price sebesar USD 5,77 per MMBTU dengan BPP baru sebesar 2.626,50 IDR/kWh. Kemudian penelitian mencoba mempertimbangkan risiko ketidakpastian kemudian dipertimbangkan yang meliputi harga bahan bakar HSD, tingkat inflasi, dan nilai tukar IDR-USD. Dengan risiko tersebut, terdapat perubahan yang signifikan terhadap probabilitas perolehan NPV perusahaan partner yang menjadi minus. Skema penyesuaian tarif dibutuhkan sebagai mekanisme untuk mendistribusikan risiko ketidakpastian tersebut pada kedua perusahaan. Skema penyesuaian tarif berdasarkan ketidakpastian harga bahan bakar HSD kemudian menjadi skema terbaik yang direkomendasikan dengan alternatif harga transportasi yang akan disesuaikan pada kondisi negosiasi kedua perusahaan. Bila bargaining power kedua perusahaan dianggap sama, didapatkan transportation price sebesar USD 5,82 per MMBTU yang cukup adil bagi kedua perusahaan dengan BPP baru sebesar 2.773,87 IDR/kWh.
==============================================================================================
In daily life, electrical energy is the main source of energy that is widely used and needed by humans. Electrical energy is one of important supporting factors for human life because there are lots of equipment that uses electricity as an energy source. With the importance of electrical energy for daily life, supply of electricity become one of the country's development index indicators. An electricity company is considering transporting Liquefied Natural Gas (LNG) from Source to Destination. The electricity company requires the services of a transportation service owner company to transport LNG ISO Tank from Source to a PLTMG on Destination. The transportation mode to be used is ship. The cooperation scheme is then carried out through the tariff concept and adjustments to risks for 10 years. This research seeks to determine fair and proportional transport tariff on the LNG transportation cooperation between PT X and transportation service owner (partner company) using ship and its adjustment after accommodating risk uncertainties to support the operations of PLTMG X by considering the impact of feasibility parameters, financial analysis, risk, and trade off benefit for both companies, and also testing model resilience against the risk of uncertainty with Monte Carlo simulation method. This research also provides recommendations to PT X in terms of determining transportation fares and Basic Cost of Electricity Provision. The initial transportation price obtained based on a calculation of USD 5,51 per MMBTU. Iterations were carried out to find a win-win solution tariff based on the real model and obtained transportation price of USD 5,77 per MMBTU with new Basic Cost of Electricity Provision of 2.626,50 IDR/kWh. Then, this research consider the risk of uncertainty which include uncertainty in the HSD fuel price, inflation rate, and IDR-USD exchange rate. With risk consideration, there is a significant change in the probability of partner company's NPV to be minus. A tariff adjustment scheme is needed as a mechanism to distribute the risk of uncertainty between two companies. The tariff adjustment scheme based on the HSD fuel price uncertainty becomes the best recommended scheme with an alternative transportation price that will be adjusted according to the negotiating conditions of both companies. If the bargaining power of two companies is considered equal, a transportation price of USD 5,82 per MMBTU is obtained which is quite fair for both companies with new Basic Cost of Electricity Provision of 2.773,87 IDR/kWh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Liquefied Natural Gas, Gas Engine Power Plant, Tariff Policy, Feasibility Analysis, Uncertainty Risk, Liquefied Natural Gas, Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas, Kebijakan Tarif, Analisis Kelayakan, Risiko Ketidakpastian |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Charles Liunardi |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 07:08 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 00:57 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/93288 |
Actions (login required)
View Item |