Identifikasi Critical Success Factors Kinerja PT XYZ Sebagai Distributor Alat Kesehatan Di Era E-Purchasing Dengan Metode Analytic Hierarchy Process

Putra, Ary Satriyo Hutomo Sarwono (2022) Identifikasi Critical Success Factors Kinerja PT XYZ Sebagai Distributor Alat Kesehatan Di Era E-Purchasing Dengan Metode Analytic Hierarchy Process. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211950015005-Master_Thesis.pdf] Text
09211950015005-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah memberikan APBN pada sektor kesehatan sebesar 132.2 trilliun rupiah di tahun 2020 yang menduduki APBN terbesar ke- 4 di bawah sektor infrastruktur dan bertumbuh setiap tahunnya. Namun pada tahun 2015 terdapat perubahan sistem pembelian alat kesehatan dari yang sebelumnya secara paket (tender) menjadi retail secara daring (e-purchasing) mengacu pada Peraturan Presiden No. 14 Tahun 2015. Perubahan ini memunculkan banyak perubahan proses bisnis bagi distributor alat kesehatan di Indonesia. PTXYZ merupakan salah satu distributor alat kesehatan di Jawa Timur yang turut mengalami dampak yaitu penurunan omset karena perubahan mekanisme pasar menjadi daring (e-purchasing). Oleh karena itu,
tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan memprioritaskan faktor penentu
keberhasilan (critical success factors) dari PT XYZ pada era digital ini. Penentuan
prioritas success factors pada penelitian ini akan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process dengan mengadopsi beberapa critical success factors dari penelitian terkait. Focus group discussion juga dilakukan untuk mengetahui kondisi aktual critical success factor dengan prioritas paling tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen hubungan pelanggan, kepatuhan terhadap prosedur dan standar pembelian pelanggan, manajemen cash flow dan pelatihan regular karyawan menjadi critical success factor yang menjadi paling prioritas dalam perbaikan kinerja PT XYZ di era e-purchasing.
================================================================================================
Indonesia government provide an APBN for the health sector amounting to 132.2 trillion rupiah in 2020, of which the APBN is the 4 th largest under the infrastructure sector and was growing every year. In 2015, a change in medical device procurement sistem was made from tendering to online retail (e-purchasing). This change has an impact on changing business processes for medical device distributors in Indonesia. PT XYZ is one of the distributors of medical devices in East Java which has experienced a decline in turnover. Therefore, the purpose of this study is to identify and prioritize the critical Success factors of PT XYZ in this digital era. Determination of the Success factors in this study will use the Analytic Hierarchy
Process method with several determinants of Success from previous studies. Focus group discussions were also conducted to determine the actual implementation of the critical Success factors at PT XYZ. The results of this study indicate that customer relationship management, compliance with customer purchasing procedures and standards, cash flow management and regular employee training are critical Success factors that become the most priority in improving PT XYZ's performance in the e-purchasing era.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Alat kesehatan, Critical Success Factor, E-purchasing, Distributor alat kesehatan, Analytic Hierarchy Process, Medical devices, medical device distributor.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.23 Decision making. Business requirements analysis.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Ary Satriyo Hutomo Sarwono Putra
Date Deposited: 13 Feb 2022 16:22
Last Modified: 01 Nov 2022 04:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93639

Actions (login required)

View Item View Item