Perencanaan Fasilitas Rest Area Jalan Tol Semarang-Demak Dengan Meninjau Kapasitas Ruang Parkir Berdasarkan Demand Volume Kendaraan

Muhammad, Alif Fayeza (2022) Perencanaan Fasilitas Rest Area Jalan Tol Semarang-Demak Dengan Meninjau Kapasitas Ruang Parkir Berdasarkan Demand Volume Kendaraan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111840000155-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111840000155-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 03111840000155-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111840000155-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Jalan Tol merupakan jalan umum yang menjadi bagian sistem jaringan jalan dan sebagai jalan nasional yang diperuntukkan untuk lalu lintas umum serta mewajibkan penggunanya membayar untuk melintasinya. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah, jumlah penduduk Provinsi Jawa Tengah setiap tahunnya semakin bertambah, sehingga menyebabkan bertambahnya kebutuhan moda trasportasi. Secara tidak langsung hal tersebut memengaruhi peningkatan permintaan kebutuhan jalan tol. Untuk menunjang kelengkapan jalan tol tersebut maka perlu dibangun rest area yang memadai dan sesuai ketentuan yang berlaku sebagai fasilitas bagi pengguna jalan tol, dimana pengemudi dapat beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanannya kembali. Maka dari itu perlu dilakukan perancangan rest area yang dapat memenuhi kebutuhan ruang parkir yang cukup agar tidak menimbulkan antrian kendaraan di pintu masuk rest area serta penentuan lokasi rest area dengan meninjau regulasi yang berlaku dan kondisi eksisting di lokasi studi.
Analisa yang akan dilakukan adalah dengan meninjau kondisi rest area yang telah ada sebagai contoh dalam perancanaan ini dan standar perancangan resmi. Metode yang digunakan dalam melakukan analisa forecasting kebutuhan kapasitas rest area adalah metode regresi linear. Pedoman yang akan digunakan untuk perencanaan fasilitas di dalam rest area antara lain “Peraturan Menteri PUPR No.10 Tahun 2018”, “Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota 1998”, serta beberapa referensi lain yang berkaitan dengan perancangan fasilitas rest area dan kebutuhan ruang parkir.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, demand ruas Jalan Tol Semarang-Demak adalah 49% dari volume lalu lintas yang melewati Jalan Nasional Semarang-Demak. Kebutuhan ruang parkir pada tahun Jalan Tol Semarang-Demak mulai beroperasi (tahun 2022) yang dihitung menggunakan regresi linear menghasilkan angka 133 SRP mobil dan 29 SRP truk. Fasilitas yang disediakan pada rest area Jalan Tol Semarang-Demak antara lain restoran yang dibagi menjadi 2 area dengan total luas 561,2m2, toilet sebanyak 5 buah dengan total luas 403m2, masjid dengan luas 521,5m2, dan minimarket dengan luas 150m2.
================================================================================================
Toll roads are public roads that are part of the road network system and as national roads that are used by general traffic users and require payment to traverse them. According to data from the Central Statistics Agency (BPS) of Central Java Province, the population of Central Java Province is increasing every year, causing the need for transportation modes to increase. This indirectly affects the increase in demand for toll road needs. To support the completeness of the toll road, it is necessary to build an adequate rest area and in accordance with the applicable provisions as a toll road user facility, where the driver can rest for a while before they can continuing their journey back. Therefore, it is necessary to design a rest area that can fullfill the needs of sufficient parking spaces so as not to cause a queue of vehicles at the entrance of the rest area and prepare the location of the rest area by reviewing the applicable regulations and existing conditions at the study site.
The analysis that will be conducted is to review the condition of the existing rest area as an example in this design and the official design standards. The method used in forecasting analysis of rest area capacity requirements is the linear regression method. Guidelines that will be used for planning facilities in rest areas include “Peraturan Menteri PUPR No. 10 Tahun 2018”, “Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota 1998”, as well as several other references related to the design of rest facilities. area and parking space requirements.
Based on the results of the analysis that has been conducted, the demand for the Semarang-Demak Toll Road is 49% of the traffic volume that passes through the Semarang-Demak National Road. The need for parking space in the year the Semarang-Demak Toll Road starts operating (in 2022) which is calculated using linear regression results in 133 SRP for cars and 29 SRP for trucks. The facilities provided in the rest area of the Semarang-Demak Toll Road include a restaurant which is divided into 2 areas with a total area of 561.2m2, 5 toilets with a total area of 403m2, a mosque with an area of 521.5m2, and a mini market with an area of 150m2.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol Semarang-Demak, Rest Area, Fasilitas Tempat Istirahat dan Pelayanan, Kebutuhan Ruang Parkir,Semarang-Demak Toll Road, Rest Area, Rest Area Facilities, Parking Space
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Alif Fayeza Muhammad
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:52
Last Modified: 06 Jun 2024 03:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93692

Actions (login required)

View Item View Item