Multidimensional Assessment Untuk Keberlanjutan Korporasi PT Surabaya Industrial Estate (SIER)

Anindyajati, Maria Margaretha Dyah Prasasti Anindyajati (2022) Multidimensional Assessment Untuk Keberlanjutan Korporasi PT Surabaya Industrial Estate (SIER). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111840000144_Maria Margaretha Dyah Prasasti_Laporan Skripsi.pdf] Text
09111840000144_Maria Margaretha Dyah Prasasti_Laporan Skripsi.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (17MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_Maria Margaretha Dyah Prasasti A_09111840000144.docx] Text
SKRIPSI_Maria Margaretha Dyah Prasasti A_09111840000144.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai salah satu kawasan industri yang telah telah berdiri selama lebih dari 40 tahun, properti ini didirikan dengan tujuan untuk mendukung serta mengembangkan industri manufaktur di Jawa Timur. Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, industri manufaktur merupakan leading sector dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu, pentingnya melakukan assessment pada perusahaan PT SIER untuk keberlanjutan perusahaannya. Keberlanjutan (sustainability) pada perusahaan tidak dapat dicapai jika hanya memperhatikan satu dimensi saja. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan berbagai dimensi seperti dimensi manajerial dan pendekatan Triple Bottom Line (TBL) yang terdiri dari dimensi sosial (people), lingkungan (plant) dan ekonomi (prosperity). Pendekatan Triple Bottom Line (TBL) berperan untuk melihat bagaimana perusahaan mengkaitkan, mengelola ketiga aspek tersebut untuk keseimbangan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Penelitian ini merupakan model penelitian eksploratori dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama stakeholder PT SIER menggunakan teknik in depth interview dan survey research menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada stakeholder PT SIER yang sudah terpilih. Untuk mencapai tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan teknik pengolahan dan analisis data Multidimensional Scaling (MDS) dengan Software Rapid Appraisal (RAP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi lingkungan, ekonomi, sosial dan manajerial memiliki tingkat level keberlanjutan yang sama yaitu cukup berkelanjutan dengan nilai indeks keberlanjutan yang berada di rentang 50,01 – 75,00. Terdapat faktor pengungkit untuk setiap dimensi keberlanjutan yang nantinya akan dikurasi menjadi faktor kunci pada skenario strategi keberlanjutan. Penelitian ini, memberikan evaluasi dan strategi yang tepat untuk keberlanjutan perusahaan PT SIER. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai pilot untuk perusahaan kawasan industri lain yang ada di Indonesia dalam mengevaluasi dan menyusun strategi yang tepat untuk keberlanjutan bisnisnya.

Kata Kunci : Multidimensional Assessment, Keberlanjutan Korporasi, Industrial Estate, Multidimensional Scaling (MDS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multidimensional Assessment, Keberlanjutan Korporasi, Industrial Estate, Multidimensional Scaling (MDS)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Maria Margaretha Dyah Prasasti Anindyajati
Date Deposited: 11 Feb 2022 02:57
Last Modified: 11 Feb 2022 03:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93718

Actions (login required)

View Item View Item