Studi Kelayakan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Ditinjau Dari Aspek Ekonomi dan Finansial

Ramapramudya, Mochammad Arif (2022) Studi Kelayakan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Ditinjau Dari Aspek Ekonomi dan Finansial. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111840000119-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111840000119-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Jalan merupakan salah satu konektivitas fisik antarwilayah yang berperan penting dalam kehidupan masyarakat. Gedebage, Tasikmalaya, Cilacap, merupakan wilayah yang terletak di provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, yang dihubungkan dengan jalan utama. Kemacetan sering terjadi di jalur ini. Jalan tol adalah jalan bebas hambatan yang bertujuan salah satunya untuk memperlancar lalu lintas yang menghubungkan antar daerah yang sedang berkembang sehingga waktu tempuh antara ketiga daerah tersebut menjadi lebih singkat. Pembangunan Jalan Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap direncanakan untuk menghubungkan Kota Bandung, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Cilacap. Agar perencanaan Jalan Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap efisien dan layak investasi, perlu adanya pelaksanaan studi kelayakan Jalan Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap dari segi ekonomi dan finansial. Dengan dilaksanakannya studi kelayakan tersebut nantinya diharapkan akan diperoleh besarnya penghematan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan time value setelah Jalan Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap sehingga pada akhirnya akan diketahui kelayakan jalan tol dari segi ekonomi dan finansial.
Dalam tugas akhir ini, digunakan metode Jasa Marga untuk menganalisis Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan nilai waktu (time value). Kemudian dalam perhitungan trip assignment (pemilihan rute) untuk mengetahui jumlah kendaraan yang berpindah dari jalur pantura Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap ke jalan tol rencana, digunakan metode Smock, JICA model 1, Davidson, dan Diversion Curve. Dari keempat metode tersebut, akan dipilih hasil yang paling sesuai. Untuk menganalisis kelayakan dari aspek ekonomi, digunakan parameter Benefit Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV), dan Internal Rate of Return (IRR) sehingga dapat diketahui penghematan yang didapatkan oleh pengguna jalan ketika melewati Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap. Sedangkan untuk analisis kelayakan dari aspek finansial, digunakan parameter Benefit Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), dan Payback Period (PP), sehingga diketahui keuntungan yang akan didapatkan oleh investor jika jalan tol ini dibangun.
Dari hasil analisis kelayakan ekonomi, diperoleh bahwa nilai BCR sebesar 1,482 (BCR>1), NPV sebesar Rp. 22.915.457.299.673 (NPV>0), dan IRR sebesar 7,067% (IRR>Suku bunga). Pada analisis kelayakan finansial ketika menggunakan suku bunga sebagai discount rate, diperoleh nilai BCR sebesar 3,465 (BCR>1), NPV sebesar Rp. 117.117.103.850.447 (NPV>0), IRR sebesar 12,40% (IRR>Suku bunga), dan PP pada tahun ke-14 bulan ke-8 setelah jalan tol di operasikan. Sedangkan ketika menggunakan MARR sebagai discount rate diperoleh BCR sebesar 0,54 (BCR<1), NPV -Rp. 19.498.742.628.003 (NPV<0), IRR sebesar 12,40% (IRR<MARR) dan PP lebih dari 35 tahun. Berdasarkan analisis tersebut, maka Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap dinyatakan layak dari segi ekonomi dan finansial ketika menggunakan suku bunga sebagai discount rate.
================================================================================================
The road is one of physical connectivity between regions that play an important role in humans’ lives. Gedebage, Tasikmalaya, and Cilacap are areas located in the provinces of West Java and Central Java, which are connected by the main road. Congestion frequently occurs on this route. A toll road is a freeway with the aim of facilitating traffic that connects developing regions so that the travel time between the three regions becomes shorter. The construction of the Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap Toll Road is planned to connect Bandung City, Tasikmalaya Regency and Cilacap Regency. In order for the planning of the Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap Toll Road to be efficient and investment-worthy, it is necessary to carry out a feasibility study for the Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap Toll Road from an economic and financial perspective. With the implementation of the feasibility study, it is hoped that the savings in Vehicle Operational Costs (BOK) and time value of the Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap Toll Road will be obtained, so that in the end, the feasibility of the toll road will be known from an economic and financial perspective.
In this final project, the Jasa Marga method is used to analyze Vehicle Operational Costs (BOK) and time value. Then, in the trip assignment calculation to determine the number of vehicles moving from the Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap north coastline to the planned toll road, the Smock, JICA model 1, Davidson, and Diversion Curve methods are used. Of the four methods, the most suitable result will be selected. To analyze the feasibility of the economic aspect, the Benefit-Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV), and Internal Rate of Return (IRR) parameters are used so that the savings obtained by road users can be seen when passing the Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Toll Road. Meanwhile, for the feasibility analysis from the financial aspect, the parameters Benefit-Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), and Payback Period (PP) are used, so that it knows the benefits that will be obtained by investors if this toll road is built.
From the results of the economic feasibility analysis, it is obtained the BCR value of 1,482 (BCR>1), NPV is Rp. 22.915.457.299.673 (NPV>0), and IRR of 7,067% (IRR>Interest rate). In the financial feasibility analysis when using the interest rate as the discount rate, the BCR value is 3,465 (BCR>1), NPV is Rp. 117.117.103.850.447 (NPV>0), IRR is 12,40% (IRR>Interest rate), and PP is at 14th year, 8th month after the operation of the Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Toll Road. Meanwhile, if using MARR as the discount rate, the BCR is 0,54 (BCR<1), NPV -Rp. 19.498.742.628.003 (NPV<0), IRR is 12,40% (IRR<MARR) and PP is more than 35 years. Based on this analysis, the Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Toll Road is declared economically and financially feasible when using the interest rate as the discount rate.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis kelayakan, BOK, Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, feasibility analysis, Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Toll Road
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355.4 Toll roads
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: MOCHAMMAD ARIF RAMA PRAMUDYA
Date Deposited: 13 Feb 2022 15:43
Last Modified: 13 Feb 2022 15:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93899

Actions (login required)

View Item View Item