Aisyah, Imaniar Fitri (2022) Studi Eksperimental dan Analisa Pengaruh Ketebalan Adhesive Terhadap Kekakuan Tubular Butt – Adhesive Joint pada Laju Regangan Tinggi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
02111540000105 - IMANIAR FITRI AISYAH - DR YOHANES.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
02111540000_Undergraduate_Thesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
02111540000_Undergraduate_Thesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
02111540000_Undergraduate_Thesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
02111540000105_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until April 2024. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam aplikasi struktural ringan seperti kendaraan, penggunaan perekat berbasis adhesive dan komposit untuk penyambungan material yang berbeda lebih unggul daripada perekatan yang berbasis logam. Struktur sambungan adhesive tersebut menerima beban dinamis seperti getaran dan tumbukan, sehingga sambungan harus dirancang dengan baik untuk memastikan keandalan, keamanan, maupun kenyamanannya. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian karakterisasi pada sambungan adhesive. Beberapa contoh dalam melakukan karakterisasi pada beban dinamis adalah dengan meninjau kekakuan yang befungsi untuk mempertahankan bentuk sambungan. Karakterisasi tersebut dapat diukur dengan alat split Hopkinson pressure bar yang mampu mengukur tegangan dan regangan.
Pada eksperimen karakterisasi sambungan adhesive, salah satu jenis sambungan yang paling sering digunakan adalah tipe butt joint karena mudah dalam perakitan dan mudah dalam memvariasikan beberapa nilai ketebalan adhesive untuk mengetahui kekakuan dan serapan energi pada butt-joint. Eksperimen menggunakan alat uji yaitu split Hopkinson pressure bar. Adhesive yang digunakan untuk menyambungkan dua material identik aluminium tubular dengan diameter 16mm yang terbuat dari aluminum paduan 6061. Ketebalan adhesive divariasikan yaitu dengan nilai 0.5; 1.0; 1.5; dan 2.0 milimeter dengan rasio resin-hardener konstan 2:3. Variasi ini untuk mengetahui pengaruh ketebalan dan geometri adherend terhadap karakter adhesive joint.
Dalam penelitian ini dilakukan eksperimen dan analisa pengaruh ketebalan adhesive terhadap kekakuan pada sambungan. Alat uji yang digunakan adalah split Hopkinson pressure bar yang dilengkapi dengan strain gage dan dynamic strain meter untuk menangkap sinyal gelombang regangan yang melewati alat uji split Hopkinson pressure bar. Spesimen yang digunakan adalah aluminium tipe 6061 berbentuk silinder berongga dengan sambungan adhesive tipe butt. Variasi yang digunakan pada penelitian ini adalah ketebalan adhesive yaitu 0.5mm, 1mm, 1.5mm, dan 2mm.
Sambungan terdiri dari aluminium silinder berongga identik yang direkatkan oleh epoksi dengan ketebalan yang variatif. Hasil menunjukkan bahwa modulus Young dari sambungan adhesive meningkat dengan penambahan ketebalan adhesive dimana nilai maksimum berada pada ketebalan adhesive 2mm dengan nilai kekakuan sebesar 6537.84 MPa, dengan nilai regangan terbesar didapatkan pada ketebalan adhesive 0.5mm yaitu sebesar 0.016989 Pa dan Nilai tegangan terbesar didapatkan pada ketebalan adhesive 2.0mm yaitu sebesar 1.8E+06 Pa. Nilai kekakuan butt adhesive joint naik secara non-linear seiring pertambahan ketebalan adhesive pada rentang ketebalan adhesive dari 0.5 mm hingga 2.0 mm. Pada rentang ketebalan adhesive yang diuji, nilai kekakuan butt adhesive joint terbesar didapatkan pada ketebalan adhesive 2.0 mm. Berdasarkan uji paired t-test, ketebalan adhesive sudah tidak berpengaruh terhadap nilai kekakuan pada rentang ketebalan adhesive dari 1.5 mm hingga 2.0 mm.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | adhesive joint, butt joint, kekakuan, modulus Young, split hopkinson pressure bar |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL152.5 Motor vehicles Driving |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Imaniar Fitri Aisyah |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 03:06 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 03:06 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/94152 |
Actions (login required)
View Item |