Analisis Pola Operasi Angkutan Penyeberangan Akibat Pembangunan Jembatan Bahtera Sriwijaya

Hasna, Yustika Athiya (2022) Analisis Pola Operasi Angkutan Penyeberangan Akibat Pembangunan Jembatan Bahtera Sriwijaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411740000023-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
04411740000023-Non_Degree.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 04411740000023-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04411740000023-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 04411740000023-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04411740000023-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Lintasan Penyeberangan Tanjung Kalian – Tanjung Api-Api yang berjarak 30 mil laut merupakan penghubung utama Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Bangka Belitung. Lintasan tersebut dilayani oleh 13 kapal ferry ro-ro yang memiliki kecepatan 8-11 knot dan dapat berlayar selama ± 2,5 jam. Saat ini terdapat rencana pembangunan Jembatan Bahtera Sriwijaya yang akan menghubungkan kedua provinsi tersebut. Langkah tersebut akan menurukan jumlah permintaan penggunaan kapal ferry yang ada saat ini. Sehingga, tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui potensi penurunan angkutan penyeberangan Tanjung Kalian – Tanjung Api-Api serta menentukan pola operasi penyeberangan yang optimal pasca pengoperasian Jembatan Bahtera Sriwijaya. Dalam analisis, opportunity cost dipakai sebagai faktor utama untuk menentukan proporsi pemilihan moda transportasi yang ada, sedangkan optimasi dipakai untuk menentukan pola operasi yang optimal. Hasil proyeksi tanpa adanya jembatan menunjukkan bahwa pada tahun 2027, yaitu estimasi jembatan tersebut beroperasi, proyeksi dari permintaan mencapai 6,103,745 SUP. Namun setelah dilakukan analisis opportunity cost dan biaya transportasi antara moda laut dan darat, didapat bahwa hasil proporsi muatan antara pengguna penyeberangan adalah sebesar 36% tetap menggunakan jalur laut dan 64% beralih ke jembatan. Sehingga jumlah permintaan pada angkutan penyeberangan pada tahun 2027 sebesar 2,173,979 SUP yaitu turun sebanyak 62% dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2029 perusahaan pelayaran diperkirakan mulai merugi dikarenakan adanya penurunan permintaan. Hasil analisis pola operasi yang optimal dengan menggunakan metode optimasi adalah terdapat pengurangan sebanyak 108 trip dari trip per bulannya, dengan trip eksisting sebanyak 168 trip/bulan menjadi 60 trip/bulan setelah beroperasinya Jembatan Bahtera Sriwijaya.
================================================================================================
Tanjung Kalian – Tanjung Api-Api ferry crossing stretching within 30 nautical miles is the main transportation connection between two provinces, South Sumatra and Bangka Belitung. This line is served by 13 ferry ro-ro boats which have services speed 8-11 knots and with voyage time approximately ± 2.5 hours. A plan to build Bahtera Sriwijaya Bridge was initiated. This plan will definitely reduce demand for using the ferry. Thus the objective of this Final Project is to identify the decrease and then to determine operational pattern of the ferry boats after the construction of the bridge. Opportunity cost is used as the main factor to obtain the proportion of transportation mode selection: to use bridge or ferry and optimization is used to find the optimized operational pattern. Without the bridge, in 2027, it is projected the demand for ferry boats reaches 6,103,745 SUP. However, after conducting the analysis of opportunity cost as well as sea mode and land mode transportation costs, it is found that 36% remains to use ferry service, while 64% will choose to used bridge. Thus, the demand for ferry service in 2027 will be 2,173,979 SUP, which is 62% lower than the previous year. Starting from 2029, shipping operator is predicted to experience lost because of the decrease in demand. The optimized operational pattern of the ferry boats will reduce the monthly trips from 168 to become 60.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ferry, Jembatan Bahtera Sriwijaya, Opportunity Cost, Optimasi, Penyeberangan,Bahtera Sriwijaya Bridge, Crossing, Ferry, Opportunity Cost, Optimization
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.74 Linear programming
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM381 Passenger ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yustika Athiya Hasna
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:24
Last Modified: 18 Dec 2024 03:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94184

Actions (login required)

View Item View Item