Perencanaan Strategis Bisnis Pada Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kota Surabaya Guna Pengembangan Sentra Wisata Kuliner Dengan Model Manajemen Strategi Fred R David

Amalia, Rosi Nanda (2022) Perencanaan Strategis Bisnis Pada Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kota Surabaya Guna Pengembangan Sentra Wisata Kuliner Dengan Model Manajemen Strategi Fred R David. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211750053003_Master_Thesis.pdf] Text
09211750053003_Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 09211750053003_Master_Thesis.pdf] Text
09211750053003_Master_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kota Surabaya yang memantapkan diri sebagai destinasi wisata internasional dengan city branding “Sparkling Surabaya” mengakui bahwa kuliner menjadi salah satu kekuatan atau komoditas pariwisata. Sentra wisata kuliner menjadi alternatif pencarian solusi atas pemenuhan hak-hak ekonomi pelaku PKL di tengah ancaman ketidakpastian usaha yang disebabkan penggusuran oleh aparat dan image negatif yang beredar dikalangan masyarakat. Pada Oktober 2015 hingga 2021, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Surabaya sudah membangun 50 SWK yang tersebar di Wilayah Kota Surabaya.
Pembangunan Sentra Wisata Kuliner yang direlokasi terhitung sampai tahun 2021 banyak yang masih terlihat sepi karena kurangnya minat dari masyarakat yang menyebabkan menurunnya omset pedagang. Sehingga banyak pedagang yang menutup usahanya dan banyak diatara pedagang yang memilih untuk kembali berdagang di luar SWK, sehingga stand-stand yang telah disediakan menjadi kosong. Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan para pemilik usaha lebih kreatif dalam mengambil keputusan strategis untuk terus dapat bertahan dalam persaingan. Untuk itu, agar usaha dapat terus bersaing, maka harus dapat terus mengikuti perkembangan teknologi yang tepat.
Dalam mengembangkan sentra wisata kuliner, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Surabaya harus mampu menyusun strategi untuk mengoptimalkan aktivitas kegiatan bisnis SWK dengan memahami peran teknologi yang sedang berkembang saat ini. Perencanaan strategis model Fred R David dipilih dalam penelitian ini karena merupakan alat yang cepat dan tepat dalam menemukan kemungkinan-kemungkinan yang berkaitan dengan pengembangan, pengambilan keputusan dan memperluas visi dan misi organisasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Surabaya harus mempertimbangkan implementasi strategi selama 5 tahun kedepan yaitu pemanfaatan E-Commerce dalam proses penjualan dan pemasaran, membangun sistem informasi SWK yang dirancang sesuai dengan rencana kebijakan single cashier yang akan dibangun, serta pemanfaatan dompet digital untuk memudahkan transaksi penjualan, dan pemanfaatan media sosial untuk media pemasaran. Dengan adanya Sistem Informasi yang baik SWK dapat membuat laporan transaksi harian yang dapat dipantau oleh pihak DinkopUM Kota Surabaya sebagai bahan pengawasan dan evaluasi terhadap SWK binaannya sehingga mendorong para pedagang agar lebih mandiri secara ekonomi yang akan berdampak langsung pada peningkatan omset. ================================================================================================
The city of Surabaya which has established itself as an international tourist destination with the city branding "Sparkling Surabaya" admits that culinary is one of the strengths or tourism commodities. Culinary tourism centers are an alternative to finding solutions to fulfill the economic rights of street vendors in the midst of the threat of business uncertainty caused by evictions by officials and a negative image circulating among the public. From October 2015 to 2021, the Surabaya City Cooperatives and Micro Business Office has built 50 SWK spread across the Surabaya City Area.
The construction of the Culinary Tourism Center which was relocated from 2021 onwards, many of which still look deserted due to a lack of interest from the community, which has led to a decrease in the turnover of traders. So that many traders closed their businesses and many of them chose to return to trading outside SWK, so that the booths that had been provided became empty. Rapid technological developments require business owners to be more creative in making strategic decisions to continue to survive in the competition. For this reason, in order for businesses to continue to compete, they must be able to keep abreast of appropriate technological developments.
In developing a culinary tourism center, the Surabaya City Cooperatives and Micro Business Office must be able to develop strategies to optimize SWK business activities by understanding the role of technology that is currently developing. Fred R David's strategic planning model was chosen in this research because it is a fast and appropriate tool in finding possibilities related to development, decision making and expanding the vision and mission of the organization.
The results show that the Surabaya City Cooperatives and Micro Business Office must consider implementing strategies for the next 5 years, namely the use of E-Commerce in the sales and marketing process, building a SWK information system designed in accordance with the single cashier policy plan to be built, and the use of digital wallets. to facilitate sales transactions, and use social media for marketing media. With a good Information System, SWK can make daily transaction reports that can be monitored by the Surabaya City DinkopUM as a material for monitoring and evaluating the SWK it supports so as to encourage traders to be more economically independent which will have a direct impact on increasing turnover.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Strategi, SWOT, Fred R David, Planning, Strategic
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.213 Management information systems. Dashboards. Enterprise resource planning.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Rosi Nanda Amalia
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:35
Last Modified: 31 Oct 2022 01:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94490

Actions (login required)

View Item View Item