Ekstraksi Istilah Bahasa Inggris Pada Dokumen Akreditasi Dengan Menggunakan Algoritma Text Mining Untuk Memprediksi Peringkat Akreditasi Program Studi

Iman, Syahrul (2022) Ekstraksi Istilah Bahasa Inggris Pada Dokumen Akreditasi Dengan Menggunakan Algoritma Text Mining Untuk Memprediksi Peringkat Akreditasi Program Studi. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6022201013-Master_Thesis.pdf] Text
6022201013-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2024.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Hingga saat ini, akreditasi program studi masih menjadi standar penilaian kelayakan dan kualitas proses pendidikan di seluruh dunia. Biasanya, dalam proses akreditasi, suatu program studi tertentu perlu menyiapkan dokumen laporan yang mewakili keseluruhan proses pendidikan, terutama dari segi kualitas, untuk kemudian diserahkan ke Badan Akreditasi Nasional. Penilaian dan evaluasi internal adalah kunci untuk membuat dokumen akreditasi yang tepat. Dalam kasus di Indonesia, proses akreditasi dijalankan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Program studi harus menyiapkan dan menyerahkan dokumen yang mewakili keseluruhan proses pendidikan dengan mengikuti standar dan format nasional yang ditentukan oleh BAN-PT. Dalam penelitian ini, kami berhipotesis bahwa teknik text mining dapat digunakan untuk mengevaluasi dokumen akreditasi dengan menganalisis istilah bahasa Inggris yang digunakan dalam dokumen tersebut. Analisis dilakukan dengan menilai jumlah istilah bahasa Inggris dalam satu dokumen akreditasi dan memilih istilah yang tepat yang digunakan. Semakin tinggi skor yang diperoleh dokumen, maka semakin tinggi pula peringkat akreditasi nasional yang diperoleh dokumen tersebut.
Dalam penelitian ini menganalisis beberapa dokumen akreditasi dengan bidang program studi serumpun. Teknik pemrosesan teks diterapkan untuk menyaring dan membersihkan dokumen dari kata-kata yang tidak penting. Frasa bahasa Inggris terdeteksi dari setiap kalimat dalam dokumen dan kemudian dilanjutkan dengan penggalian istilah bahasa Inggris yang selanjutnya dilakukan penyaringan untuk mendapatkan istilah bahasa Inggris yang hanya berkaitan dengan akreditasi perguruan tinggi atau program studi. Istilah bahasa Inggris yang dipilih kemudian dinilai dari setiap dokumen akreditasi. Proses validasi dilakukan dengan memetakan hasil skoring dengan Peringkat Akreditasi yang diperoleh dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi skor berdasarkan istilah bahasa Inggris yang diperoleh oleh satu dokumen. Semakin tinggi pula peringkat Akreditasi Nasional. Namun, dua dokumen tidak menunjukkan pola yang sama antara skor dokumen peringkat akreditasi.
===================================================================================================================================
Until recently, study program accreditation is still the standard for evaluating the feasibility and quality of the education process worldwide. Normally, in the process of accreditation, one specific study program needs to prepare a report document that represents the whole process of education, especially from the standpoint of quality, and then submit it to the National Board of Accreditation. Self-assessment and evaluation are the keys to creating a proper accreditation document. In the case of Indonesia, the accreditation process is run by the National Board of Accreditation for Higher Education (called BAN-PT). The study program must prepare and submit a document that represents the overall process of education by following the national standard and format determined by BAN-PT. In this study, we hypothesized that the text mining technique can be used to evaluate the accreditation document by analyzing the English terms that are used in the document. The analysis is done by scoring the number of English terms in one accreditation document and selecting the proper terms that are used. The higher the score is obtained by the document the higher the nasional rank of accreditation was obtained by the document.
This study analyzed several accreditation documents in the field of cognate study programs. Text processing techniques are applied to filter and clean documents from unimportant words. English phrases are detected from each sentence in the document and then continued with the excavation of English terms, which are then filtered to get English terms that are only related to the accreditation of universities or study programs. The selected English terms are then assessed from each accreditation document. The validation process is carried out by mapping the results of the score with the Accreditation Rank obtained by the document. The results showed that the higher the score based on English terms obtained by a single document. The higher the national accreditation rank. However, the two documents did not show the same pattern between the document score and the accreditation rank.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTE 006.312 Ima e-1
Uncontrolled Keywords: Accreditation Document, English Terms Detection, Text Mining for Accreditation Document, Dokumen Akreditasi, Deteksi Istilah Bahasa Inggris, Text Mining untuk Dokumen Akreditasi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.D343 Data mining. Querying (Computer science)
T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Syahrul Iman
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:10
Last Modified: 26 Apr 2023 04:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94901

Actions (login required)

View Item View Item