Perancangan Model Inovasi Dengan Metode Business Model Canvas Untuk Komersialisasi Produk Expertise (Studi PT Pembangkitan Jawa Bali)

Marsetioadi, Dedy (2022) Perancangan Model Inovasi Dengan Metode Business Model Canvas Untuk Komersialisasi Produk Expertise (Studi PT Pembangkitan Jawa Bali). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of TESIS Dedy Marsetioadi-Repository Perpus ITS.pdf] Text
TESIS Dedy Marsetioadi-Repository Perpus ITS.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2024.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Terciptanya sebuah ide inovasi dapat mengarah kepada proses bisnis untuk
dikembangkan menjadi sebuah produk. Untuk itu seorang innovator yang memiliki
dan mengembangkan ide inovasi, harus memahami konsep manajemen inovasi
yang sesuai kebutuhan organisasi. Diharapkan agar inovasi yang dikembangkan
menjadi produk jadi, mampu menyelesaikan masalah dan kebutuhan konsumen.
Dalam penelitian ini, dilakukan pengembangan ide inovasi dan komersialisasi atas
produk expertise PT Pembangkitan Jawa Bali (PT PJB). Dalam pengembangan ide
inovasi maka digunakan pendekatan Design Thinking mulai tahap emphatize,
define, ideation, prototype, dan test. Dengan menghasilkan ide inovasi menjadi
produk tahap Minimum Viable Product (MVP), maka dapat dilanjutkan
pengembangan produk MVP menjadi tahap Minimum Marketable Product (MMP).
Pengembangan produk tahap MVP menjadi MMP menggunakan metode
Business Model Canvas (BMC) sehingga dapat menghasilkan value proposition
yang selaras dengan kebutuhan konsumen (Product-Market Fit). Tentunya dalam
menciptakan dan mengembangkan value proposition tersebut menggunakan
metode BMC yang merupakan proses iterasi dari 9 komponen mulai dari Customer
Segment, Value Proposition, Channel, Customer Relation, Revemue Streams, Key
Activities, Key Resoures, Key Partners dan Cost Structure. Hasil produk MMP ini
merupakan langkah lengkap dalam siklus model inovasi yang menjadi proses
penelitian dan dilanjutkan untuk dikembangkan di PT PJB. Metode kuantitatif yang
digunakan adalah metode Analisa Faktor atas komponen BMC terhadap
pengembangan dan komersialisasi produk expertise sehingga diketahui fokus awal
atas 9 komponen BMC yang terintegrasi.
Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan produk expertise yang
menggunakan kolaborasi model inovasi mulai dari pengembangan ide inovasi,
pengembangan produk tahap MVP, sampai dengan tahap MMP. Diharapkan siklus
penuh pengembangan inovasi dengan produk expertise di PT PJB ini dapat menjadi
referensi lini produk lainnya sehingga meningkatkan revenue secara korporasi.
================================================================================================
The creation of an innovative idea can lead to a business process to be developed into a product. For this reason, an innovator who has and develops innovation ideas, must understand the concept of innovation management according to the needs of the organization. It is hoped that the innovations developed into finished products will be able to solve the problems and needs of consumers. In this study, the development of innovative ideas and commercialization of the expertise products of PT Pembangkitan Jawa Bali (PT PJB) was carried out. In developing innovation ideas, the Design Thinking approach is used starting from the empathize, define, ideation, prototype, and test stages. By generating innovation ideas into the Minimum Viable Product (MVP) stage, it can be continued to develop the MVP product into the Minimum Marketable Product (MMP) stage.
The product development stage from MVP to MMP uses the Business Model Canvas (BMC) method so that it can produce a value proposition that is in line with consumer needs (Product-Market Fit). Of course, in creating and developing the value proposition, the BMC method is used which is an iterative process of 9 components starting from the Customer Segment, Value Proposition, Channel, Customer Relations, Revenue Streams, Key Activities, Key Resources, Key Partners and Cost Structure. The results of this MMP product are a complete step in the innovation model cycle which becomes a research process and continues to be developed at PT PJB.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model inovasi, Business Model Canvas, Minimum Viable Product, Expertise, innovation Model
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T11 Technical writing. Scientific Writing
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Dedy Marsetioadi
Date Deposited: 16 Jun 2022 05:42
Last Modified: 16 Jun 2022 05:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94910

Actions (login required)

View Item View Item