Pemilihan Media Teknologi Alternatif Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Manajemen Dalam Kondisi Covid-19 Pada Perusahaan Tour And Travel

Asta, Ngr. Putu Raka Novandra (2022) Pemilihan Media Teknologi Alternatif Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Manajemen Dalam Kondisi Covid-19 Pada Perusahaan Tour And Travel. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032201048_Master_Thesis.pdf] Text
6032201048_Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2024.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 6032201048_Master_Thesis.pdf] Text
6032201048_Master_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk menentukan media teknologi alternatif yang tepat sebagai pengambilan keputusan manajemen. Peneliti ini dilaksanakan pada perusahaan yang bergerak dibidang tour and travel dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai alat untuk menentukan pilihan media teknologi yang tepat. Data dikumpulkan melalui dua tahap yaitu internal perusahaan dengan melakukan wawancara kepada manager perusahaan. Tahap kedua dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk mengevaluasi para pengguna jasa perusahaan. Jumlah sampel yang digunakan adalah 50 responden. Hasil wawancara dengan manager, menunjukan bahwa kriteria utama yang digunakan yaitu ketepatan teknologi, biaya yang digunakan, dan tingkat pengaruh. Ketepatan teknologi menghasilkan dua sub kriteria yaitu trend dan mudah digunakan. Biaya yang digunakan menghasilkan dua sub kriteria yaitu perawatan dan promosi. Tingkat pengaruh menghasilkan dua sub kriteria yaitu penyampaian informasi dan feedback. Semua sub kriteria utama terhubung dengan alternatif yaitu Whatsapp, Twitter, dan Instagram. Berdasarkan hasil analisis AHP memberikan informasi bahwa media teknologi alternatif yang terpilih adalah Whatsapp.
Penelitian ini memberikan informasi kepada pimpinan perusahaan di dalam menentukan media teknologi yang tepat untuk memiliki daya saing di tingkat internasional. Media teknologi yang digunakan secara tepat akan menghasilkan tingkat efesiensi dan efektifitas di dalam menjalankan teori manajemen pemasaran.
================================================================================================
The purpose of the study is to determine the right alternative technology media for management decision-making. This research was carried out in companies engaged in tour and travel by using the Analytical Hierarchy Process (AHP) analysis method as a tool to determine the right choice of technological media. The data is collected through two stages, namely the internal stage of the company by conducting interviews with company managers. The second stage is carried out using a questionnaire to evaluate the users of the company's services. The number of samples used was 50 respondents.
The results of the interview with the manager showed that the main criteria used were the accuracy of the technology, the cost used, and the level of influence. Technological accuracy produces two sub-criteria, namely trend and easy to use. The costs used result in two sub-criteria, namely treatment, and promotion. The level of influence produces two sub-criteria, namely the delivery of information and feedback. All the main sub-criteria are connected with alternatives namely Whatsapp, Twitter, and Instagram. Based on the results of the AHP analysis, it provides information that the selected alternative technology media is Whatsapp.
This research provides information to company leaders in determining the right technological media to have competitiveness at the international level. Media technology that is used appropriately will produce a level of efficiency and effectiveness in carrying out marketing management theory.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tour dan Travel, Media Teknologi, Keputusan Manajemen, Analytical Hierarchy Process, Tour and Travel, Technology Media, Management Decisions
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T57.84 Heuristic algorithms.
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Ngr. Putu Raka Novandra Asta
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:32
Last Modified: 31 Oct 2022 02:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94937

Actions (login required)

View Item View Item