Kajian Desain Struktur Jacket Kaki 4 Yang Beroperasi Di East Natuna Gas Field Berdasarkan Umur Kelelahannya

Chandra, Charis Chrisna (2022) Kajian Desain Struktur Jacket Kaki 4 Yang Beroperasi Di East Natuna Gas Field Berdasarkan Umur Kelelahannya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311840000006-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04311840000006-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2024.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu aspek EPCI yang mempunyai potensi besar di Indonesia terletak di pemanfaatan dan produksi migas di laut lepas, sehingga mulai banyak berkembang demand untuk keahlian terkait desain dan konstruksi struktur lepas pantai. Pada kajian desain ini, akan dibandingkan tiga variasi bracing apabila ditempatkan di East Natuna Gas Field melalui in-place analysis dan fatigue analysis. Konfigurasi yang akan dibandingkan yakni konfigurasi Full X, V-plus-X, dan K-brace dengan design life 20 tahun. Adapun topside yang menjadi data penunjang yakni topside wellhead-production (WHP) milik PT. XYZ, beranggotakan 4 deck dan berkaki 4. Agar ketiga variasi dapat dibandingkan dengan setara, ditetapkan pula batasan yang menjadi variabel tetap pada penelitian ini, yakni ketiga variasi harus memiliki profil dan dimensi tubular member yang sama pada brace dan chord, juga tidak boleh memiliki perbedaan berat 5% untuk keseluruhan susunan. Selain itu, jenis material dan susunan conductor guide untuk ketiga variasi bracing harus sama. Setelah pemodelan selesai, berat yang didapatkan yakni 2274 ton untuk Full X, 2249 ton untuk V-plus-X, dan 2288 ton untuk K-brace, yang mana perbedaan ketiganya tidak melebihi 2%. Hasil in-place analysis menunjukkan kombinasi unity check maksimum sebesar 0.38 pada member L1A4-0057 untuk variasi Full X, 0.46 pada member L2A5-0056 untuk V-plus-X, juga 0.44 pada member L2A6-L1A5 pada K-brace. Fatigue analysis dilakukan secara deterministik karena periode natural ketiga variasi tidak ada yang mencapai 3 sekon. Umur sambungan terendah untuk tiap variasi brace pada safety factor (SF) 2, 5, dan 10, berturut-turut adalah 43.89, 100.69, dan 218.75 tahun untuk Full X, 43.15, 107.72, dan 223.99 tahun untuk V-plus-X serta 43.11, 100.75, dan 203.83 tahun untuk K-brace. Sehingga V-plus-X dipilih sebagai konfigurasi bracing yang paling sesuai, terutama dikarenakan fatigue life yang paling baik dan member redesign yang paling sedikit.
================================================================================================
This final project discusses the design study regarding three variations of bracing configurations if a 4-legged jacket structure operates in East Natuna Gas Field. Configurations selected for variations are Full-X brace, V-plus-X brace, and K-Brace with a specified design life of 20 years. The initial data used for this research is a SACS model of WHP topside owned by PT. XYZ. Constraints applied in this research include ≤ 5% weight difference between models and exact configurations for conductor & riser guides. Modelling resulted in the following weights: 2396.6 ton for Full-X Brace, 2394.3 ton for V-plus-X, and 2381.03 ton for K-brace. In-place analysis resulted in a maximum combined UC of 0.38 for Full-X brace, 0.46 for V-plus-X, 0.44 for K-brace. Deterministic fatigue analysis was undertook because all variations yield ≤ 3 seconds of natural period. After weld improvement and redesigning failed joints, the lowest fatigue life for each variation on SF2, SF5, and SF10 are as follows: Full-X brace with 43.89; 100.69; 218.75 years, V-plus-X with 43.15; 107.72; 223.99 years, and K-brace with 43.11; 100.75; 203.83 years. Therefore V-plus-X brace was selected as the most suitable variation, due to a better fatigue life overall and the least members that undertook redesign

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: bracing pattern, deterministic fatigue, fatigue analysis, in-place analysis
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Charis Chrisna
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:00
Last Modified: 31 Oct 2022 02:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94948

Actions (login required)

View Item View Item