Analisa Kinerja Jalan Dengan Demand Yang Berasal Dari Kalibrasi Matrix Asal Tujuan Terhadap Volume Ruas Sebenarnya Untuk Mobil Pribadi, Sepeda Motor Dan Angkutan Umum Di Wilayah Surabaya Timur

Silando, Donny (2007) Analisa Kinerja Jalan Dengan Demand Yang Berasal Dari Kalibrasi Matrix Asal Tujuan Terhadap Volume Ruas Sebenarnya Untuk Mobil Pribadi, Sepeda Motor Dan Angkutan Umum Di Wilayah Surabaya Timur. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3104109513-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
3104109513-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (40MB)

Abstract

Kemacetan merupakan salah satu permasalahan utama dalam bidang transportasi terutama pada kota-kota besar yang sedang berkembang, dengan naiknya pergerakan dan aktifitas penduduk tidak diiringi dengan peningkatan fasilitas jalan serta buruknya sistem pengaturan jaringan jalan. Salah satu upaya untuk mengidentifikasi kemacetan lalu lintas yaitu dengan pendekatan pemodelan transportasi. Permasalahan tersebut mendasari Tugas Akhir ini yang bertujuan menganalisa kinerja ruas jalan yang berasal dari kalibrasi Matri Asal Tujuan terhadap volume ruas sebenamva, sehingga bisa diketahui ruas jalan mana saja yang mengalami kemacetan lalu lintas. Adapun jalan yang ditinjau adalah jalan arteri dan jalan kolektor di Wilayah Surabaya Timur. Analisa Matrik Asal Tujuan digunakan untuk mengetahui daerah yang memiliki bangkitan dan tarikan perjalanan di Wilayah Surabaya Timur . Daerah tersebut adalah Manyar Sabrangan, Gading, Prapen dan Panjang Jiwo. Dari Analisa Matnk Asal Tujuan didapatkan ruas jalan yang menghubungkan daerah tersebut yang nantinya dipakai sebagai lokasi survei. Survei volume lalu -lintas dilakukan pada ruas Jalan Kenjeran, Jalan Kertajaya, Jalan Pucang Anom Timur, Jalan Nginden dan Jalan Kali Rungkut. Survei dilakukan pada jam puncak pagi yaitu pada jam 07.00 sampai dengan jam 08.00. Pembebanan ruas jalan beruasarkan Matrik Asal Tujuan untuk mobii pribadi dan sepeua motor menggunakan metode All-or-Nothing bertahap yaitu dengan pembebanan sebesar 40%, 30%, 20% dan 10%. Dan untuk pembebanan angkutan umum berdasarkan rute yang sudah ada . Pembebanan bertahap dilakukan untuk menyamakan kondisi sesungguhnya di lapangan. Nilai kalibrasi didapatkan dengan membandingkan volume kendaraan dari Matrik Asal Tuj^,. survei di lapangan. Nilai kalibrasi untuk mobii pribadi 1,34, sepeda motor 1 ,20 dan angkutan umum 0,05. Berdasarkan data kepemilikan kendaraan tahun 2001-2003 dengan analisa regresi linier didapatkan angka pertumbuhan kendaraan yaitu 1,027 untuk mobii pribadi, 1,004 untuk sepeda motor dan 0,831 untuk angkutan umum. Analisa volume kendaraan ruas jalan sebenamya dilakukan dengan cara perkalian antara volume dari hasil pembebanan Matnk Asal tujuan, nilai kalibrasi dan angka pertumbuhan kendaraan. Dari analisa kineija ruas jalan didapatkan 26 ruas jalan di Wilayah Surabaya Timur yang terindikasi kemacetan yaitu Jl. Bronggalan dengan volume 2554 smp/jam dan DS 2,73. Jl. Putro Agung Wetan dengan volume 1383 smp/jam dan DS 2,35. Jl. Tambang Boyo dengan volume 3461 smp/jam dan DS 2,75. Jl. Dharmawangsa dengan volume 3225 smp/jam dan DS 1,34. Jl. Pacar Kembang dengan volume 1880 smp/jam dan DS 1,34. Jl. Kedung Sroko dengan volume 2721 smp/jam dan DS 2,06. Jl. Kali Kepiting dengan volume 1316 smp/jam dan DS 1,05. Jl. Tempurejo dengan volume 634 sinp/jaiu uan DS 0.97. Jl. rucaiig Anoin Tunui uengan volume 5591 smp/jam dan DS 2,25. Jl. Ngagel Jaya dengan volume 5211 smp/jam dan DS 2,27. Jl. Ngagel Jaya Selatan dengan volume 5268 smp/jam dan DS 1,43. Jl. Menur dengan volume 942 smp/jam dan DS 1,45. Jl. Menur Pumpungan dengan volume 1547 smp/jam dan DS 1,08. Jl. Arif Rahman Hakim dengan volume 2402 smp/jam dan DS 1,05. Jl. Kepuiih dengan volume 1524 smp/jam dan DS 1,60. Jl. Manyar dengan volume 7616 smp/jam dan DS 2,03. Jl. Nginden dengan volume 8443 smp/jam dan DS 2,25. Jl. Panjang Jiwo dengan volume 3736 smp/jam dan DS 1,57. Jl. Prapen dengan volume 5399 smp/jam dan DS 1,44. Jl. Deles dengan volume 1588 smp/jam dan DS 1,45. Jl. Klampis Semolo Timur dengan volume 2343 smp/jam dan DS 1.61. Jl. Semolowaru Tengah dengan volume 1661 smp/jam dan DS 1,95. Jl. Kedung Baruk dengan volume 1730 smp/jam dan DS 2,23. Jl. Rungkut Alang-alang dengan volume 1517 smp/jam dan DS 1,66. Jl. Semampir dengan volume 1892 smp/jam dan DS 2,02. Jl. Rungkut Asri Tengah dengan volume 1645 smp/jam dan DS 1,08. Diharapkan ruas jalan yang sudah tenndikasi kemacetan perlu adanva penanganan serius dari pihak-pihak yang terkait, agar tidak teijadi kemacetan yang berkelanjutan.
============================================================================================================================
One’s of the major problem transportation at developed big cities is the traffic, it happens because the increase of moving and activity people without increase of infrastructure and weak of network road. The effort to identify that problem is with transportation modeling. That problem is the reason for this final project that purpose to analyze performance of road from origin destination matrix then road volume actually, so we know which road with traffic. In this Final project we just analyze for artery road and collector road at east Surabaya. Analyze with origin destination matrix is to know the area that have a raise and pull in east Surabaya. The area is Manyar Sabrangan, Gading, Prapen and Panjang Jiwo. From origin destination matrix we can get the road that connect those areas and use it for survey location. Volume road survey held in Kenjeran Road, Kertajaya, Pucang Anom Timur, Nginden and Kali Rungkut. Survey held in peak hour m the morning at 0 depend on origin destination matrix for private car and motorcycle with All-or-Nothing method, this is with loading at 40%, 30%, 20% and 10%. Publicvtransportation loading with the route that already use. Stages loading do for equal with the actual condition. We can get the Calibration point by comparing the volume from origin destination matrix with survey result. Calibration point for private car is 1.34, motorcycle 1.2, and public transportation 0.05. Based on vehicle owner data in 2001-2003 with linear regression we can get the growing point that is 1.027 for private car, 1.004 for motorcycle and 0.831 for public transportation. n nn / .\J\J » 1 A O A A Ulltil oo.w. D A/I 1AA/1« /-v ivuau luaunig Volume road analyze do with adding between volume from loading origin destination matrix, calibration point with growing point of vehicle. From analysis of road performance we get 26 road in east Surabaya that indicate traffic, they are Baronggalan with volume 2554 peu/hour and DS 2.73, Putro Agung Wetan with volume 1383 peu/hour and DS 2.35, Tambang Boyo with volume 3461 peu/hour and DS 2.75, Dharmawangsa with volume 3225 peu/hour and DS 3.34, Pacar Kembang with volume 1880 peu/hour and DS 1.34, Kedung Sroko with volume 2721 peu/hour and DS 2.06, Kali Kepiting with volume 1316 pcu/hour and DS 1.05, Tempurejo with volume 634 pcu/hour and DS 0.97, Pucang Anom Timur with volume 5591 pcu/hour and DS 2.25, Ngagel Jaya with volume 5211 pcu/hour and DS 2.27, Ngagel Jaya Selatan with volume 5268 pcu/hour and DS 1.43, Menur with volume 924 pcu/hour and DS 1.45, Menur Pempungan with volume 1547 pcu/hour and DS 1.08, Arif Rahman Hakim with volume 2402 pcu/hour and DS 1.05, Keputih with volume 1542 pcu/hour and DS 1.60, Manyar with volume 7616 pcu/hour dan DS 2.03, Nginden with volume 8443 pcu/hour and DS 2.25, Panjang Jiwo with volume 3736 pcu/hour dan DS 1.57, Prapen with volume 5399 pcu/hour and DS 1.44, Deles with volume 1588 pcu/hour and DS 1.45, Klampis Semolo Timur with volume 2343 pcu/iioui anu DS 1.61, Seiuoluwaiu Tengah wiili volume 1661 pcu/iiuui anu DS 1.95, Kedung Baruk with volume 1730 pcu/hour and DS 2.23, Rungkut Alangalang with volume 1517 smp/hour and DS 1.66, Semampir with volume 1892 pcu/hour and DS 2.02, Rungkut Asri Tengah with volume 1645 pcu/hour and DS 1.08. We hope road that indicate a traffic need a serious action from government so there is no traffic continuously .

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 388.4 Sil a 2007
Uncontrolled Keywords: kinerja jalan, kalibrasi, mobil pribadi, sepeda motor, angkutan umum, Road performance, Private Car, Motorcycle , Public Transport
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:14
Last Modified: 15 Nov 2022 03:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95094

Actions (login required)

View Item View Item