Manajemen Rekayasa Lalu-Lintas Di Persimpangan Medaeng Waru Surabaya

Rahardjo, Leo Subagio (2007) Manajemen Rekayasa Lalu-Lintas Di Persimpangan Medaeng Waru Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3104109520-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
3104109520-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (51MB)

Abstract

Desain suatu persimpangan di jalan raya tidak terlepas dengan adanya peralatan pengendali lalu-lintas, yang dapat berupa : rambu, penghalang yang dapat dipindahkan dan lampu lalu-lintas. Yang mana kesemuanya merupakan sarana utama pengaturan, peringatan atau pemanduan lalu-lintas. Pada persimpangan Medaeng - Warn, antara jalan Letjen Sutojo dan jalan Raya Kedungturi terdapat arus lalu-lintas yang sangat padat dan seringkali terjadi kemacetan pada jam-jam sibuk. Pada daerah tersebut terdapat akses masuk dan keluarnya toll baik dari arah Surabaya ke Mojokerto maupun dari arah sebaliknya. Di samping itu terdapat juga terminal Bungurasih yang merupakan terminal Bus utama untuk kota Surabaya. Dari pengamatan kondisi eksisting yang ada terdapat lahan yang tidak dimanfaatkan secara optimal. Adanya weaving di ruas jalan antara Toll Waru menuju ke persimpangan Medaeng - Waru. Tentu saja hal ini menyebabkan kemacetan yang tidak bakal terselesaikan jika tidak dilakukan perubahan geometrik jalan.. Metode penyelesaian dilakukan dengan menganalisa kondisi eksisting lapangan kemudian melakukan pembenahan, perencanaan sampai 3 tahun kedepan dan perhitungan manajemen lalu - lintas untuk mencari solusi pemecahan masalahnya dengan memanfaatkan kondisi jalan yang ada. Adapun tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui kinerja jalan maupun persimpangan bila di daerah tersebut direncanakan pengadaan simpang bersinyal. Untuk perhitungannya menggunakan pedoman perhitungan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI ) dan dengan bantuan program KAJI. Setelah menganalisa dengan adanya pelebaran jalan dan pengadaan simpang bersinyal di daerah tersebut maka diperoleh hasil yang sangat layak, dengan melihat parameter Derajat Kejenuhan (DS) maks = 0,707 < 0,85 dan Tundaan D = 7,75 dt (th 2006) dan 8,16 dt (th 2009) yang dalam tingkat pelayanan (LOS) diklasifikasikan B
=======================================================================================================================================
The design of an intersection on the highway is inseparable from the existence of traffic control equipment, which can be in the form of: signs, movable barriers and traffic lights. All of which are the main means of regulating, warning or guiding traffic. At the Medaeng - Warn junction, between Jalan Letjen Sutojo and Jalan Raya Kedungturi, there is very heavy traffic and congestion often occurs during rush hours. In this area, there are toll entry and exit access both from Surabaya to Mojokerto and from the opposite direction. Besides that, there is also the Bungurasih terminal which is the main bus terminal for the city of Surabaya. From the observation of existing conditions, there are lands that are not utilized optimally. There is weaving on the road between Toll Waru leading to the Medaeng - Waru intersection. Of course this causes congestion that will not be resolved if the geometric changes are not made. The settlement method is carried out by analyzing the existing field conditions then carrying out improvements, planning for the next 3 years and calculating traffic management to find solutions to solving the problem by utilizing road conditions. which exists. The purpose of this Final Project is to find out the performance of roads and intersections if signalized intersections are planned in that area. For calculations, use the guidelines for calculating the Indonesian Highway Capacity Manual (MKJI) and with the help of the KAJI program. After analyzing with road widening and provision of signalized intersections in the area, very feasible results are obtained, by looking at the parameters Degree of Saturation (DS) max = 0.707 <0.85 and Delay D = 7.75 dt (2006) and 8, 16 sec (2009) which in the service level (LOS) is classified B

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 388.413 12 Rah m-1
Uncontrolled Keywords: kinerja ruas jalan, persimpangan dan Manajemen Rekayasa lalu-lintas
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL725.3 Traffic Control
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 15 Dec 2022 01:44
Last Modified: 15 Dec 2022 01:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95235

Actions (login required)

View Item View Item