Implementasi Teknologi Javascript Library Ext Dan Java Server Pages Pada Aplikasi Web Customer Support Dengan Sistem Multiple Touchpoint

Ansis, Ronny (2008) Implementasi Teknologi Javascript Library Ext Dan Java Server Pages Pada Aplikasi Web Customer Support Dengan Sistem Multiple Touchpoint. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 5204100053-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5204100053-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (18MB)

Abstract

Para ahli memiliki definisi yang berbeda- beda mengenai customer Relationship management (crm ). Secara umum, dapat disimpulkan Bahwa crm merupakan strategi dan usaha untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang Memuaskan bagi pelanggan. Crm mendukung suatu perusahaan untuk menyediakan pelayanan kepada pelanggan secara real time dengan menjalin hubungan dengan tiap pelanggan yang berharga melalui penggunaan informasi tertentu. Aplikasi yang menerapkan Crm diklasifikasikan menjadi dua (dyche 2002), yaitu crm Operasional dan crm analitik. Salah satu penerapan crm yang termasuk dalam kategori crm operasional adalah dalam bentuk aplikasi berbasis web. Melalui web, suatu perusahaan dapat Mengimplementasikan berbagai aktifitas dan proses bisnisnya tanpa harus melakukan penyesuaian yang rumit terhadap lingkungan Platform yang dimiliki. Untuk dapat memahami hal tersebut akan dibangun sebuah aplikasi Web customer support dengan sistem multiple touchpoint. Dimana Aplikasi web yang dibangun menerapkan konsep rich internet Applications (r1a) dengan menggunakan teknologi dari javascript Library ext sebagai basis pemrograman client side-nya. Aplikasi Web ini akan dipergunakan dengan sistem yang akan Mengkomunikasikan permasalahan yang dikirim pelanggan melalui berbagai media aplikasi pendukung lain (multiple touchpoint). Media dari multiple touchpoint tersebut antara lain aplikasi web sisi pelanggan, aplikasi dengan protokol nirkabel atau wireless Application protocol (wap) dan aplikasi layanan pesan singkat atau sms (short message service). Selain itu aplikasi web yang dibangun menyediakan berbagai informasi yang dapat mendukung Kebutuhan pelanggan dalam memahami berbagai permasalahan yang dimilikinya. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan pengetahuan mengenai aplikasi berbasis web dengan menggunakan konsep rja dan bagaimana javascript library ext dapat dimanfaatkan dalam implementasinya serta penerapan system dengan multiple touchpoint pada aplikasi customer support tersebut di dunia bisnis
=====================================================================================================================================
Experts have different definitions of customer relationship management (CRM). In general, it can be concluded that CRM is a strategy and effort to establish relationships with customers and provide satisfying services for customers. CRM supports a company to provide services to customers in real time by establishing a valuable relationship with each customer through the use of specific information. Applications that implement CRM are classified into two (Dyche 2002), namely Operational CRM and Analytical CRM. One of the CRM applications included in the operational CRM category is in the form of a web-based application. Through the web, a company can implement various activities and business processes without having to make complex adjustments to the Platform environment they have. To be able to understand this, a customer support Web application with multiple touchpoint systems will be built. Where web applications that are built apply the concept of rich internet applications (r1a) using technology from the javascript Library ext as the basis for its client-side programming. This Web application will be used with a system that will communicate problems sent by customers through various other supporting application media (multiple touchpoints). Media from the multiple touchpoints include customer-side web applications, applications with wireless protocols or wireless Application protocol (wap) and short message service applications or SMS (short message service). In addition, the built web application provides a variety of information that can support customer needs in understanding the various problems they have. With this research, it is hoped that it can provide an overview and knowledge about web-based applications using the RJA concept and how the Javascript library EXT can be used in its implementation and the implementation of a system with multiple touchpoints in the customer support application in the business world.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSI 005.33 Ans i-1
Uncontrolled Keywords: rich internet aplication, customer support, java, e-- business
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:30
Last Modified: 22 Dec 2022 03:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95272

Actions (login required)

View Item View Item