Studi Kinerja By Pass Mojokerto Dibandingkan Dengan Jalur Dalam Kota

Hendryanto, Yoyok Eko (2009) Studi Kinerja By Pass Mojokerto Dibandingkan Dengan Jalur Dalam Kota. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3105100139-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
3105100139-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (22MB)

Abstract

Jalur By Pass adalah salah satu altematif untuk mengatasi kemacetan lalu lintas yang terjadi. Salah satunya adalah By Pass Mojokerto, yang termasuk dalam kategori jalur Arteri Primer yang dilewati haik kendaraan antar Kahupaten maupun antar Propinsi. Jalur ini banyak diminati oleh masyarakat, karena lebih lancar untuk menghindari kemacetan yang terjadi di dalam kota. Oleh karena itu aktifitas anus lalu lintas yang terjadi pada jalur ini semakin lama semakin meningkat. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja jalur tersebut melalui analisa Kapasitas, Derajat Kejenuhan. lama waktu tempuhnya dan juga besar biaya operasi kendaraan serta memberikan altematif penyelesaian untuk mendapatkan kapasitas dan nilai derajat kejenuhan yang memenuhi syarat. Analisa yang dilakukan untuk mendapatkan kinerja by pass mojokerto ini menggunakan Program KAJI (Kapasitas Jalan Indonesia). Dalam mendapatkan data primer volume lalulintas atau data saat ini menggunakan cara traffic counting dan survey travel time, sedangkan untuk data sekunder yang nantinya digunakan unutk meramalkan pertumbuhan lalu lintas di masa mendatang diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Propinsi Jawa Timur. Berdasarkan menggunakan data yang ada, didapatkan waktu tempuh hasil perhitungan arah Surabaya jalur by pass 457 detik dan jalur kota dilakukan dengan analisa yang sebesar 802 detik, arah jombang jalur by pass 457 detik dan jalur kota 817 detik. Sedangkan menurut pengamatan langsung didapat waktu tempuh arah Surabaya jalur by pass 855 detik dan jalur kota 1017 detik lalu untuk arah Jombang jalur bypass 842 detik dan jalur kota 1012 detik Dari hasil forecasting pada tahun 2014 kemudian dimasukkan kedalam program KAJI didapat hasil DS untuk arah Surabaya sebesar 1,051 dan untuk arah Jombang sebesar 1, 292. Alternative yang diberikan adalah mengubah tipe jalan dari 2/2 UD dengan lebar 9 meter menjadi 4/2 D lebar 12 meter, yang bisa memperbaiki nilai DS jalur bypass menjadi 0,627 untuk arah Surabaya dan 0,642 untuk arah Jombang. Nilai BOK dan nilai waktu yang didapatkan dari hasil survey data dan perhitungan yang ada adalah untuk jalur By pass Arah Surabaya Golongan 1 Rp Rp 17, 166. Golongan 2A Rp 31,036, dan Golongan 2B Rp Golongan 1 Rp 17, 121, Golongan 2A Rp 31,020, dan Golongan 2B Rp 58. 357. Jalur Dalam Kota Arah Surabaya Golongan 1 Rp 20,884, Golongan 2A Rp 35, 456, dan Golongan 2B Rp 66,891. Jalur Dalam Kota Arah Jombang Golongan 1 Rp 20,887, Golongan 2A Rp 35,381, dan Golongan 2B Rp 66,687.
==============================================================================================================================
By Pass path is an alternative to overcome the traffic congestion that occurs. One is Mojokerto By Pass, which is included in the category path Arteri Primer good vehicle that passed between the District and among the Province. This pathsought by many people, because it is smooth to avoid the bottleneck that occurred in the city. Therefore, the traffic flow of activity going on this path the longer growing. This final task was to evaluate the performance of path through the analysis of capacity. Degree of Saturation, tempuhnya long time and also the cost of operating the vehicle and provides an alternative solution to get the capacity and the value of saturation degree are eligible. Analysis conducted for the performance by using this pass mojokerto Program Kaji ( Capacity Jalan Indonesia). Get in the primary data volume or data lalu lintas at this time use surveys and traffic counting travel time, while for the secondary data used unutk predict future traffic growth in the future from the Department of Public Works Bina Marga Propinsi JawaTimur. Based on the analysis performed using existing data the results obtained when the calcidation of the direction of Surabaya routes by pass 457 seconds and city route about 802 seconds, the direction of Jombang lines by pass 457 seconds and city route 817 seconds. The direct observation of the obtained time- Surabaya route direction by pass 855 seconds and city route 1017 seconds and for the direction of Jombang bypass path 842 seconds and city route in 1012 seconds. From the results of the forecasting in 2014 and then entered into the program KAJi, DS obtained results for the direction of Surabaya is 1.051 and 1.292 of Jombang direction. Given alternative is to change the type ofroad from 2 / 2 UD 9 meters wide with a 4 / 2 D width of 12 meters, which can improve the value of DS bypass lane for the Surabaya direction to be 0.627 and 0.642 for Jombang direction Jombang. BOK value and time value obtained from the survey data and calculation of the by pass path Surabaya direction Group 1 = Rp 17,166 , Group 2A = Rp 31,036, Group 2B = Rp 58,411. While for jombang direction Group 1 = Rp 17,121, Group 2A = Rp 31,020, Group 2B = Rp 58,357 While the path to the city for Surabaya direction is Group 1 = Rp 20,884, Group 2A = Rp 35,456, Group 2B – Rp 66,89. And for jombang direction Group 1 = Rp 20,887, Group 2A = Rp 35,381, Group 2B = Rp 66, 687.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 388.413 12 Hen s 2009
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Bok, Forecasting, Travel Time, Performance, Bok, Forecasting
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:20
Last Modified: 09 Jan 2023 02:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95336

Actions (login required)

View Item View Item