Evaluasi Manajemen Keamanan Informasi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menggunakan Penilaian Mandiri Keamanan Informasi (PAMAN KAMI)

Wardana, Aulia Arif (2023) Evaluasi Manajemen Keamanan Informasi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menggunakan Penilaian Mandiri Keamanan Informasi (PAMAN KAMI). Masters thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[thumbnail of 6032202205 - Master Thesis.pdf] Text
6032202205 - Master Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until January 2025.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini akan melakukan evaluasi manajemen keamanan informasi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menggunakan Penilaian Mandiri Keamanan Informasi (PAMAN KAMI). Di era digital ini UMKM yang memanfaatan Teknologi Informasi sudah semakin banyak di Indonesia. Seiring dengan perkembangan UMKM yang memakai memanfaatan Teknologi Informasi maka ancaman keamanan siber bagi UMKM juga meningkat. Ancaman siber pada UMKM berbasis digital dapat bersifat teknis dan bersifat sosial. Hal ini menjadikan risiko dan ancaman keamanan informasinya semakin tinggi. Risiko dan ancaman keamanan informasi ini muncul pada UMKM yang telah memanfaatkan media digital seperti media sosial, website, dan platform marketplace dalam menjalankan usahanya. Salah satu yang bisa dilakukan untuk meminimalisir hal tersebut adalah dengan melakukan evaluasi manajemen keamanan informasi yang pada perusahaan untuk mengetahui tingkat penerapan keamanan informasi. Pada penelitian ini akan diterapkan evaluasi manajemen keamanan informasi pada UMKM menggunakan kerangka kerja PAMAN KAMI. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner/survei sesuai dengan standar PAMAN KAMI kepada UMKM berbasis digital. PAMAN KAMI merupakan standar nasional dalam menerapkan manajemen keamanan informasi untuk UMKM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 50,48% pelaku UMKM yang disurvei sudah mencapai indikator cukup. Seluruh UMKM yang telah di survei telah menerapkan lebih dari 50% seluruh klausul langkah proteksi yang ada pada kerangka kerja PAMAN KAMI. Terdapat kesenjangan antara penerapan keamanan informasi dari seluruh 103 UMKM yang telah disurvei dengan standar PAMAN KAMI. Kesenjangan paling besar terdapat pada klausul PR-24, sedangkan kesenjangan yang paling kecil terdapat pada klausul PR-01.
=========================================================================================================================
This study will evaluate the management of information security in Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) using the Information Security Self Assessment (PAMAN KAMI). In this digital era, there are more MSMEs that use Information Technology in Indonesia. Along with the development of MSMEs that use Information Technology, the threat of cyber security for MSMEs is also increasing. Cyber threats to digital-based MSMEs can be technical and social. This makes the risks and threats to information security even higher. These information security risks and threats arise in MSMEs that have utilized digital media such as social media, websites, and marketplace platforms in running their business. One thing that can be done to minimize this is to evaluate the information security management at the company to determine the level of information security management implementation. In this study, an evaluation of information security management on MSMEs will be applied using framework PAMAN KAMI. This research is a qualitative research with data collection method using a questionnaire in accordance with the standards of PAMAN KAMI for digital-based MSMEs. PAMAN KAMI is a national standard in implementing information security management for MSMEs. The results of this study indicate that 50.48% of MSME actors surveyed have reached sufficient indicators. All MSMEs that have been surveyed have implemented more than 50% of all the protection measure clauses in the PAMAN KAMI framework. There is a gap between the application of information security from all 103 MSMEs that have been surveyed with the PAMAN KAMI standards. The biggest gap is in the PR-24 clause, while the smallest gap is in the PR-01 clause.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keamanan Informasi, Manajemen Keamanan, Evaluasi Keamanan, PAMAN KAMI, UMKM
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Aulia Arif Wardana
Date Deposited: 11 Jan 2023 08:18
Last Modified: 11 Jan 2023 08:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95371

Actions (login required)

View Item View Item