Desain Antarmuka Informasi Wisata Pantai untuk Menentukan Prioritas Fitur dengan Metode Prototyping

Devara, Raffly Andico (2022) Desain Antarmuka Informasi Wisata Pantai untuk Menentukan Prioritas Fitur dengan Metode Prototyping. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211940000040-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211940000040-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 1 April 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sektor pariwisata dapat digunakan sebagai industri potensial dalam meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut. Pantai Pandanan merupakan salah satu obyek wisata unggulan di Nusa Tenggara Barat, khusunya Pulau Lombok. Hal ini tercermin dari tersedianya berbagai macam potensi wisata yang ada, khususnya wisata bahari dengan keindahan terumbu karang. Penyajian informasi pariwisata sering terjadi keterlambatan, bahkan terjadi kesalahan informasi sehingga tidak dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh wisatawan. Oleh karena itu, diharapkan adanya media informasi yang dapat memberikan informasi akurat, tepat waktu dan relevan. Media informasi pariwisata dapat berfungsi untuk mendukung kepariwisataan sehingga menghasilkan integrasi informasi berupa lokasi-lokasi pariwisata serta sarana dan prasarana pendukung seperti transportasi, penginapan, kuliner, harga tiket dan lain-lain. Data yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan melalui tahapan penggalian kebutuhan pengguna menggunakan metode wawancara semi terstruktur. Dari hasil wawancara didapatkan bahwa kesulitan yang dialami oleh wisatawan ketika mengunjungi lokasi wisata pantai diakibatkan oleh kurangnya informasi yang mereka dapatkan sebelum menuju lokasi pantai. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Design Thinking. Setelah mendapatkan hasil analisis design thinking, dilakukan pemetaan prioritas fitur apa saja yang dibutuhkan oleh pengguna dalam menjawab permasalahan, kemudian dilanjutkan perancangan desain dengan pembuatan User Flow dan prototipe pada level high-fidelity dengan metode prototyping. Pengujian dilakukan dengan metode usability testing. Luaran dari penelitian ini adalah prototipe desain antarmuka pada level high fidelity berdasarkan kegunaan dan prioritas fitur pada media informasi wisata pantai. Hasil ini dapat membantu penggagasan ide pada penelitian selanjutnya, karena dihasilkan dokumentasi dan prototipe yang dapat dikembangkan sebagai media informasi wisata pantai untuk calon wisatawan.
==============================================================================================================================
The tourism sector can be used as a potential industry in increasing regional income and the welfare of the people in the area. Pandanan Beach is one of the leading tourist attractions in West Nusa Tenggara, especially Lombok Island. This is reflected in the availability of various types of existing tourism potential, especially marine tourism with the beauty of coral reefs. The presentation of tourism information often occurs with delays, even misinformation occurs so that it cannot be used as a basis for decision-making by tourists. Therefore, it is expected that there will be an information media that can provide accurate, timely, and relevant information. Tourism information media can function to support tourism to produce information integration in the form of tourism locations and supporting facilities and infrastructure such as transportation, lodging, culinary, ticket prices, and others. The data used in this study were obtained through the stages of exploring user needs using a semi-structured interview method. From the interview results, it was found that the difficulties experienced by tourists when visiting beach tourism sites were caused by the lack of information they got before heading to the beach location. Data processing is done using the Design Thinking method. After getting the results of the design thinking analysis, mapping the priority of what features are needed by the user in answering the problems, then proceeding with designing the design by making User Flow and prototyping at a high-fidelity level using the prototyping method. Testing is carried out using the usability testing method. The output of this study is an interface design prototype at a high fidelity level based on usability and feature priority in beach tourism information media. These results can help generate ideas for further research because documentation and prototypes are produced that can be developed as a beach tourism information medium for potential tourists.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Wisatawan, Design Thinking, Prototyping, Usability Testing, Pantai, Traveler, Beach.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T385 Visualization--Technique
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.888 Web sites--Design. Web site development.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Raffly Andico Devara
Date Deposited: 18 Jan 2023 07:36
Last Modified: 18 Jan 2023 07:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95465

Actions (login required)

View Item View Item