Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Pekerjaan Konstruksi Breakwater Dan Dermaga Apung Studi Kasus Proyek Pembangunan Fasilitas Pelabuhan Laut Sanur Bali

Atmaja, Anstain Propa (2023) Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Pekerjaan Konstruksi Breakwater Dan Dermaga Apung Studi Kasus Proyek Pembangunan Fasilitas Pelabuhan Laut Sanur Bali. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311940000021-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04311940000021-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Setiap pelaksanaan proyek dapat terjadi kecelakaan kerja yang mengakibatkan cedera maupun kerugian lainnya. Salah satu proyek yang berpotensi dapat terjadinya kecelakaan kerja yaitu pada pekerjaan konstruksi breakwater dan dermaga apung. Dalam hal untuk mengurangi potensi terjadinya risiko maka diperlukan sebuah sistem manajemen risiko kerja. Oleh sebab itu pada tugas akhir ini penulis menganalisis risiko kecelakaan kerja pada pekerjaan konstruksi breakwater dan dermaga apung. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui variabel bahaya dominan pada pada pekerjaan konstruksi breakwater dan dermaga apung, mengetahui penyebab dan akibat dari variabel bahaya dominan, serta dapat mengetahui pengendalian risiko pengendalian risiko dominan yang tepat pada pekerjaan konstruksi breakwater dan dermaga apung. Penelitian ini dimulai dengan identifikasi bahaya dengan menggunakan beberapa sumber dan juga melakukan diskusi secara langsung dengan narasumber yang mengerti tentang pekerjaan ini. Kemudian dilakukan penyebaran kuisioner untuk mendapatkan nilai likelihood dan severity dari variabel bahaya yang ada. Dari hasil penyebaran kuisioner dilakukan pengujian dengan menggunakan uji validitas dan realibilitas pada setiap variabel bahaya yang kemungkinan terjadi. Hasil dari pengujian yang dilakukan mendapatkan variabel bahaya yang valid dan kemudian dianalisis dengan menggunakan HIRA yang dibantu dengan matriks risiko. Sehingga hasil dari analisis diketahui variabel bahaya yang dominan yaitu pekerja jatuh dan tenggelam ke laut dan pekerja tertabrak alat berat. Selanjutnya dari kedua variabel tersebut dilakukan analisis untuk mengetahui penyebab dan juga dampak dari risiko yang dapat terjadi dengan menggunakan diagram bow-tie untuk mengurangi terjadinya potensi bahaya yang dominan.
========================================================================================================================
In every implementation of the project work accidents can occur which result in injury or other losses. One of the projects that has the potential for work accidents is the construction work of breakwaters and floating docks. In terms of reducing the potential for risk, a work risk management system is needed. Therefore, in this final project, the authors analyze the risk of work accidents in breakwater and floating wharf construction work. The purpose of writing this final project is to find out the dominant hazard variable in breakwater and floating wharf construction work, to know the causes and effects of the dominant hazard variable, and to know the right dominant risk control in breakwater and floating wharf construction work. This research began with assistance using several sources and also conducted direct discussions with resource persons who understood this work. Then a questionnaire was distributed to obtain the likelihood and magnitude values of the existing hazard variables. From the results of distributing the questionnaires, tests were carried out using validity and reliability tests on each hazard variable that might occur. The results of the test are carried out to obtain a valid hazard variable and then analyzed using HIRA which is assisted by a risk matrix. So that the results of the analysis show that the dominant hazard variables are workers who fall and sink into the sea and workers who are hit by heavy equipment. Furthermore, an analysis of these two variables is carried out to find out the causes and pathways of risks that can occur using a bow-tie diagram to reduce the occurrence of dominant potential hazards.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan Kerja, Metode HIRA, Bow tie Analysis, Work Accident, HIRA Method
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC205 Harbors--Design and construction.
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC333 Breakwaters
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC357 Harbor Engineering. Piers, quays, and wharves
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anstain Propa Atmaja
Date Deposited: 18 Jan 2023 09:08
Last Modified: 18 Jan 2023 09:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95469

Actions (login required)

View Item View Item