Puspitasari, Seli Cynthia (2023) Analisis Risiko Pada Proses Docking Kapal Menggunakan Airbag Dengan Hazard Identification Risk Assessment Dan Bow Tie Analysis. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
04311940000005-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2025. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Docking kapal merupakan proses pemindahan kapal dari permukaan air menuju dermaga dengan tujuan untuk melakukan proses perawatan, pembersihan, pemeriksaan dan perbaikan terkait badan kapal, permesinan kapal dan lain sebagainya. Salah satu metode dalam memindah kapal dari permukaan air menuju dermaga adalah menggunakan airbag. Dalam proses docking kapal menggunakan airbag, memiliki risiko dalam proses pengerjaannya. Untuk meminimalisir risiko yang dapat terjadi, perlu melakukan analisis risiko terkait pekerjaan yang akan dilakukan. Pada tugas akhir ini akan dilakukan analisis risiko pada proses docking kapal menggunakan airbag dengan hazard identification risk assessment dan bow tie analysis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan bahaya dominan dan risiko pada proses docking kapal menggunakan airbag dengan metode hazard identification risk assessment. Selain itu mendapatkan penyebab, akibat dan upaya mitigasi dari bahaya dominan dan risiko pada proses docking kapal menggunakan airbag dengan metode bow tie analysis. Penelitian ini diawali dengan mengidentifikasi bahaya pada setiap kegiatan, kemudian dilakukan validasi terkait identifikasi bahaya yang telah dibuat. Selanjutnya 6 responden yang sudah ahli dibidangnya mengisi kuesioner yang telah disebarkan. Hasil kuesioner diolah kedalam penilaian risiko untuk menentukan bahaya dan risiko dominan. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat 3 variabel bahaya dominan pada proses docking kapal menggunakan airbag yaitu sling pada winch terputus (4b) sling pada crane terputus (5b) dan keel block terjatuh dari forklift (8a). Kemudian variabel tersebut dianalisis menggunakan bow tie analysis untuk mendapatkan penyebab, akibat dan upaya mitigasi dari variabel dominan. ==============================================================================================================================
Ship docking is the process of moving ships from the surface of the water to the wharf with the aim of carrying out maintenance, cleaning, inspection and repair processes related to ship hulls, ship machinery and so on. One method of moving ships from the surface of the water to the wharf is to use airbags. In the ship docking process using airbags, there are risks in the process. To minimize the risks that can occur, it is necessary to carry out a risk analysis related to the work to be carried out. In this final project, a risk analysis will be carried out in the ship docking process using airbags with hazard identification risk assessment and bow tie analysis. This study aims to obtain the dominant hazard and risk in the ship docking process using airbags using the hazard identification risk assessment method. In addition to getting the causes, consequences and mitigation efforts of the dominant hazards and risks in the ship docking process using airbags with the bow tie analysis method. This research begins with identifying the hazards in each activity, then conducting validation related to the hazard identification that has been made. Furthermore, 6 respondents who are experts in their field fill out the questionnaire that has been distributed. Questionnaire results are processed into a risk assessment to determine the dominant hazard and risk. So it can be seen that there are 3 dominant hazard variables in the ship docking process using airbags, namely the sling on the winch is broken (4b), the sling on the crane is broken (5b) and the keel block falls from the forklift (8a). Then these variables were analyzed using a bow tie analysis to obtain the causes, effects and mitigation efforts of the dominant variables.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Airbag, Analisis Risiko, Docking, Risk Analysis |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment. |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Seli Cynthia Puspitasari |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 03:41 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 03:41 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/95522 |
Actions (login required)
View Item |