Analisis Pengerukan Sedimentasi Untuk Perpanjangan Dermaga Internasional PT. Terminal Petikemas Surabaya

Hutami, Kartika Rahma (2023) Analisis Pengerukan Sedimentasi Untuk Perpanjangan Dermaga Internasional PT. Terminal Petikemas Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311740000098-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04311740000098-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

PT. Terminal Petikemas Surabaya merupakan salah satu pelabuhan di Indonesia yang menyediakan jasa bongkar muat petikemas dan berfokus pada pelayaran internasional. Pelabuhan memiliki peranan penting dalam sektor perekonomian Indonesia. Meningkatnya persaingan bisnis saat ini menuntut PT. TPS untuk meningkatkan pelayanannya. PT. TPS berencana untuk memperpanjang dermaga internasional agar dapat menampung lebih banyak kapal. Namun terdapat permasalahan yaitu terjadinya penumpukan sedimen di salah satu titik. Hal ini menyebabkan perlunya dilakukan pekerjaan pengerukan. Dari rancangan pengerukan, didapatkan kedalaman area tersebut yaitu -14 meter. Analisis stabilitas lereng dilakukan dengan menggunakan software GeoStudio dan didapatkan slope yang sesuai adalah 1:4. Perhitungan volume pengerukan menggunakan bantuan software AutoCad serta Ms. Excel dan didapatkan volume sebesar 130.796 m3. Kapal keruk yang biasa digunakan oleh PT. TPS adalah kapal keruk jenis Clamshell. Pada Tugas Akhir ini, kapal keruk yang sesuai adalah kapal keruk jenis TSHD yang didasarkan pada beberapa parameter. Total biaya yang diperlukan untuk pengerukan adalah Rp22.235.457.955,-
=====================================================================================================================================
PT. Surabaya Container Terminal is one of the ports in Indonesia that provides container loading and unloading services and focuses on international shipping. Ports have an important role in the Indonesian economic sector. Increasing business competition today requires PT. TPS to improve its services. PT. TPS plans to extend the international wharf to accommodate more vessels. However, there is a problem, namely the accumulation of sediment at one point. This causes the need for dredging work. From the dredging design, the depth of the area is -14 meters. Slope stability analysis was carried out using GeoStudio software and the appropriate slope is 1:4. The dredging volume calculation uses the help of AutoCad software and Ms. Excel and obtained a volume of 130,796 m3. The dredgers used by PT. TPS is Clamshell. In this Final Project, the suitable dredger is TSHD based on several parameters. The total cost required for dredging is IDR 22.235.457.955,-

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengerukan, PT. TPS, kapal keruk, Dredging, PT. TPS, dredger
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC203.5 Coastal engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Kartika Rahma Hutami
Date Deposited: 20 Jan 2023 07:00
Last Modified: 20 Jan 2023 07:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95537

Actions (login required)

View Item View Item