Analisis Strategi Perencanaan Autonomous Rail Rapid Transit (ART) Untuk Pengelolaan Kemacetan Dan Polusi: Studi Kasus Kota Surabaya

Rachel, Sarah (2022) Analisis Strategi Perencanaan Autonomous Rail Rapid Transit (ART) Untuk Pengelolaan Kemacetan Dan Polusi: Studi Kasus Kota Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6010202002-Master_Thesis.pdf] Text
6010202002-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Dalam penelitian yang dilakukan oleh INRIX 2021 Global Traffic Scorecard dikatakan bahwa Surabaya menempati kota termacet pertama di Indonesia dan menempati nomer 41 kota termacet di dunia dengan total durasi yang terbuang selama jam sibuk di Surabaya mencapai 62 jam dalam setahun dengan rata-rata kecepatan 13 mph atau 20,9 km/jam. Selain itu menurut data yang ddapatkan melalui IQAir yang merupakan perusahaan teknologi kualitas udara dari Swiss pada tanggal 29 Januari 2022 didapatkan nilai tingkat polusi udara pada Surabaya tidak sehat dan menempati peringkat pertama kota dengan kualitas udara tidak sehat dengan indeks kualitas udara 180 AQI US dan konsentrasi PM2.5 pada udara kota Surabaya saat ini 22,3 kali diatas nilai panduan kualitas udara tahunan WHO. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan adanya perkembangan transportasi yang handal untuk menjadi salah satu kunci penyelesaian. Tren transportasi darat di dunia sedang mengarah kepada elektrifikasi dan otomatisasi dari kendaraan. Pada penelitian ini akan dilakukan identifikasi variabel-variabel signifikan terhadap efektivitas moda transportasi Autonomous Rail Rapid Transit (ART), mengukur tingkat perubahan dari customer hehavior bila diterapkannya moda transportasi Autonomous Rail Rapid Transit (ART) dan memberikan beberapa alternatif kebijakan kepada regulator untuk mencapai service level yg diinginkan terkait rencana Autonomous Rail Rapid Transit (ART). Model yang dibuat akan terdiri atas dua skenario yaitu : skenario sentralisasi dan skenario desentralisasi yang didukung dengan data yang didapatkan melalui kuisioner yang akan disebarkan kepada masyarakat untuk mengukur seberapa berminatkah masyarakat untuk mendukung kebijakan ini. Metode yang digunakan dalam optimization process adalah simulasi sistem dinamis, yakni dengan melakukan pengumpulan data yang dimulai dari alignment metode, menentukan aspek bahasan, input data, pengumpulan data dengan kuisioner dan kemudian dilanjutkan dengan pengolahan data (membuat model konseptual dan model matematis) yang akan diverifikasi dan validasi jika model telah selesai. Untuk proses pengolahan data akan dibantu menggunakan software stella.
==============================================================================================================================
In a study conducted by INRIX 2021 Global Traffic Scorecard it was said that Surabaya occupies the first most expensive city in Indonesia and occupies the number 41 most expensive city in the world with a total duration wasted during rush hour in Surabaya reaching 62 hours in a year with an average speed of 13 mph or 20.9 km / h. In addition, according to data obtained through IQAir which is an air quality technology company from Switzerland on January 29, 2022, air pollution levels in Surabaya are unhealthy and ranked first in cities with unhealthy air quality with an air quality index of 180 AQI US and PM2.5 concentrations in surabaya air currently 22.3 times above who's annual air quality guidance value. To overcome this, there is a need for the development of reliable transportation to be one of the keys to completion. Land transportation trends in the world are leading to electrification and automation of vehicles. In this study will be identified significant variables to the effectiveness of autonomous rail rapid transit (ART) modes of transportation, measure the rate of change of customer hehavior when the implementation of autonomous rail rapid transit (ART) mode of transportation and provide several policy alternatives to regulators to achieve the desired service level related to autonomous rail rapid transit (ART) plans. The model will consist of two scenarios: a centralization scenario and a decentralization scenario supported by data obtained through questionnaires that will be disseminated to the public to measure how interested the public is in supporting this policy. The method used in the optimization process is a dynamic system simulation, namely by collecting data starting from alignment methods, determining aspects of discussion, data input, data collection with questionnaires and then continued with data processing (data processing).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Autonomous Rail Rapid Transit (ART), Efektivitas, Sistem Dinamik, Effectiveness, System Dynamic
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE336.C5 Choice of transportation
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Rachel Sarah
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:42
Last Modified: 25 Jan 2023 07:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95624

Actions (login required)

View Item View Item