Eksperimen Deteksi Gangguan Ketidakseimbangan Tegangan dan Eksentrisitas Celah Udara pada Motor Induksi Dengan Menggunakan Sensor Fluks

Husnah, Nurul (2023) Eksperimen Deteksi Gangguan Ketidakseimbangan Tegangan dan Eksentrisitas Celah Udara pada Motor Induksi Dengan Menggunakan Sensor Fluks. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111850010005-Master_Thesis.pdf] Text
07111850010005-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas eksperimen pendeteksian ketidakseimbangan tegangan dan eksentrisitas celah udara menggunakan sensor fluks pada motor induksi. Salah satu kerusakan pada motor induksi terjadi pada celah udara. Dimana kondisi jarak celah udara pada rotor atau stator tidak simetris maka kondisi ini disebut eksentrisitas, eksentrisitas tersebut dapat dideteksi dengan mengukur perubahan sinyal fluks pada celah udara. Pada percobaan ini, sensor yang digunakan adalah sensor fluks yang terdiri dari probe dan Gauss meter untuk menentukan sinyal fluks bocor pada motor induksi. Pengukuran fluks dilakukan pada dua kondisi yaitu kondisi normal dan kondisi gangguan eksentrisitas dengan menggunakan tegangan seimbang dan tidak seimbang pada beberapa variasi beban. Keluaran data tersebut selanjutnya diolah dengan algoritma Fast Fourier Transform (FFT). Deteksi eksentrisitas dilakukan dengan memonitor amplitudo yang muncul pada spektrum frekuensi. Analisis kerusakan motor induksi dilakukan dengan membandingkan kondisi motor normal dengan eksentrisitas 0,1 mm dan eksentrisitas 0,2 mm. Hasil eksperimen pendeteksian gangguan menunjukkan bahwa keberhasilan terdeteksi 100% pada kondisi tegangan tidak seimbang 3 (under voltage 10%) pada motor eksentrisitas 0,1 mm dengan pembebanan 75 % dan pada motor eksentrisitas 0,2 mm dengan pembebanan 50%.
==============================================================================================================================
This study discusses the experimental detection of voltage unbalance and air gap eccentricity using a flux sensor on induction motors. Either the damage to the induction motor occurs in the air gap. Where the condition of the air gap distance on the rotor or stator is asymmetrical then this condition is mentioned as eccentricity, the eccentricity can be detected by measuring the change in the flux signal in the air gap. In this experiment, the sensor used is a sensor flux consisting of a probe and a Gauss meter to determine the leakage flux signal in an induction motor. Flux measurements were carried out under two conditions, namely normal conditions, and eccentricity fault conditions using balanced and unbalanced voltages at several load variations. The data output is then processed by the Fast Fourier Transform (FFT) algorithm. The eccentricity detection is conducted by monitoring the amplitude that appears in the spectrum frequency. Analysis of damage to induction motors was carried out by comparing conditions of a normal motor with an eccentricity 0.1 mm and eccentricity 0.2 mm. The experimental results of fault detection show that the success is detected 100% under unbalanced voltage condition 3 (under voltage 10%) on 0.1 mm eccentricity motor with 75% loading and 0.2 mm eccentricity motor with 50% loading.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Induction motor, air gap eccentricity, flux sensor, Fast Fourier Transform (FFT). Motor Induksi, Eksentrisitas Celah Udara, Sensor fluks,
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2785 Electric motors, Induction.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Nurul Husnah
Date Deposited: 28 Jan 2023 20:26
Last Modified: 28 Jan 2023 20:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95760

Actions (login required)

View Item View Item