Laporan Tugas Pengganti Kerja Praktik Tutorial Analisis Risiko Kecelakaan Kerja (Studi Kasus: Proyek Flyover Kandangan Surabaya)

Yakim, Alfin Sholeh Ainul and Pratama, Muhammad Viardi (2023) Laporan Tugas Pengganti Kerja Praktik Tutorial Analisis Risiko Kecelakaan Kerja (Studi Kasus: Proyek Flyover Kandangan Surabaya). Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 03111740000140_03111740000150-Project_Report.pdf] Text
03111740000140_03111740000150-Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada tugas pengganti kerja praktik ini kami membuat tutorial serta pedoman yang jelas dan runtut terkait topik analisis risiko kecelakaan kerja agar kedepannya hal ini bisa menjadi referensi bagi khalayak luas untuk menjadi ilmu yang berguna. Oleh sebab itu kami dibantu oleh Almarhum Bapak Supani untuk meninjau proyek yang telah dikerjakan oleh beliau saat menjabat sebagai salah satu pelaksana di PT Sinarmas. Kami diamanahi untuk melakukan analisis kecelakaan kerja pada proyek flyover kandangan Surabaya dengan metode HIRARC.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif semi kuantitatif. Data yang digunakan pada tugas ini merupakan data sekunder yang berasal dari pedoman dan peraturan yang berlaku terkait keselahatan dan keselamatan kerja, khususnya yang berkaitan dengan metode HIRARC, data proyek flyover kandangan sebagai obyek penelitian dan jurnal tugas pengganti kerja praktik atau kerja praktik yang berkaitan dengan metode pekerjaan konstruksi flyover dan analisis risiko.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah klasifikasi pekerjaan, identifikasi bahaya, penilaian risiko dan pengendalian risiko dari metode yang digunakan di proyek ini yaitu pekerjaan dinding penahan Oprit dan Pemancangan, Pelaksanaan Jembatan Sisi Utara dan Selatan, Erection Girder Sisi Tengah dengan Beam Launcher.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 TG300 Bridges--Design and construction.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Pratama
Date Deposited: 30 Jan 2023 12:47
Last Modified: 30 Jan 2023 12:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95820

Actions (login required)

View Item View Item