Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Niat Pelanggan Dalam Melakukan Pembelian Pada Online Marketplace Dengan Pendekatan UTAUT2

Suhanto, Abiyyu Naufal (2023) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Niat Pelanggan Dalam Melakukan Pembelian Pada Online Marketplace Dengan Pendekatan UTAUT2. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032211007-Master_Thesis.pdf] Text
6032211007-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi telah membuat pergeseran perilaku berbelanja pelanggan dari offline ke online di seluruh dunia termasuk Indonesia, salah satunya ditandai dengan pertumbuhan marketplace di Indonesia yang sedang mengalami peningkatan yang signifikan. Salah satu e-commerce yang berkembang di Indonesia adalah Bukalapak. Hingga tahun 2022, Bukalapak belum menempati peringkat pertama sebagai aplikasi dan situs marketplace yang sering dikunjungi, bahkan tiap tahun mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan banyaknya fitur aplikasi marketplace kompetitor yang tidak ada di Bukalapak, menyebabkan masyarakat enggan membeli melalui Bukalapak. Melihat persaingan layanan marketplace yang semakin kompetitif terutama pada saat pasca pandemi berlangsung, melatar belakangi penelitian ini untuk bisa mencari faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam menggunakan layanan marketplace Bukalapak di Indonesia. Pada penelitian ini digunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) sebagai model penelitian dengan tambahan variabel trust dan structural equation modeling (SEM) sebagai metode untuk menganalisis. Penelitian ini menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data yang dilakukan dengan menyebar kuesioner online yang dibuat berdasarkan variabel dan juga indikator dari UTAUT2 dengan tambahan variabel trust. Terdapat 31 pertanyaan item pertanyaan, dengan skala 1 – 5. Proses pengolahan dikerjakan menggunakan software GSCA. Tahap awal, dilakukan pengujian asumsi terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan pengujian menggunakan measurement model. Setelah itu dilakukan pengujian dengan structural model. Hasil dari pengujian data tersebut menunjukkan jika pada penelitian ini variabel Performance Expectancy, Effort Expectancy, facilitating condition, hedonic motivation, User Satisfaction, habit, trust mempengaruhi niat dan penggunaan layanan marketplace.
==============================================================================================================================
Technological developments have made a shift in customer shopping behavior from offline to online throughout the world including Indonesia, one of which is marked by the growth of e-commerce throughout the world which is experiencing a significant increase. The e-commerce industry has the potential to be one of the drivers of the domestic economy. One of the impacts of the advancement of e-commerce is the emergence of many online-based marketplaces or so-called e-marketplaces. Seeing the increasingly competitive market service competition, especially during the pandemic, the background for this research is to be able to look for factors-factors that influence consumers in using marketplace services in Indonesia. In this study, the integrated theory of acceptance and use of technology 2 (UTAUT2) is used as a research model with additional variables of trust and structural equation model (SEM) as a method for analyzing. The study used a survey method to collect data which was carried out by distributing online questionnaires based on the variables and indicators of UTAUT2 with the addition of trust variables. There are 31 item questions, with a scale of 1 - 5. Processing using SPSS and AMOS software. The first test and try out with testing using the measurement model. After that, testing with a structural model is carried out. The results of testing these data indicate that in this study the variables of Performance Expectancy, Effort Expectancy, facilitating condition, hedonic motivation, User Satisfaction, habit, trust affect market interest and use.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bukalapak, Marketplace, Structural Equation Modeling, Trust UTAUT2
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Abiyyu Naufal Suhanto
Date Deposited: 30 Jan 2023 13:54
Last Modified: 30 Jan 2023 13:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95825

Actions (login required)

View Item View Item